Berita

11 Warga Kabupaten Tanah Datar Dinyatakan Negatif Covid-19 Setelah Kontak Dengan Warga Positif Corona

Pandemi Covid-19 masih belum berakhir namun hal unik justru terjadi ketika sekitar 11 warga yang tinggal di wilayah Kabupaten Tanah Datar dinyatakan negatif Covid-19 padahal sebelumnya mereka melakukan kontak dengan warga asal Kabupaten Lima Puluh Kota yang dinyatakan positif Covid-19. Berita ini disampaikan langsung oleh Roza Mardiah yang merupakan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Tanah Datar minggu kemarin.

Warga Kabupaten Tanah Datar Dinyatakan Negatif Covid-19
Warga Kabupaten Tanah Datar Dinyatakan Negatif Covid-19

11 Orang yang Tinggal di Kabupaten Tanah Datar Tidak Terjangkit Virus Corona Setelah Melakukan Kontak Dengan Pasien Positif Covid-19

Humas Pemkab Tanah Datar menyatakan bahwa sekitar 11 orang warga Kabupaten Tanah Datar melakukan kontak dengan warga positif Covid-19 yang memiliki domisili di wilayah Kabupaten Lima Puluh Kota dan hasil tes dari laboratorium Unand sudah keluar dan rupanya hasilnya mengejutkan dimana seluruh warga tersebut dinyatakan tidak terkena Covid-19 dan negatif seluruhnya. Selain itu, Roza pun menambahkan bahwa terdapat sekitar 1323 sampel swab milik warga Tanah Datar yang telah dikirimkan menuju laboratorium Unand.

Seluruhnya dinyatakan negatif Corona. Tapi masih terdapat sisa 355 dari sekitar 1678 sampel swab yang harus dianalisa berikutnya. Beliau menyampaikan bahwa Dinkes Tanah Datar telah melakukan kerja sama dengan Unand untuk menerapkan pool test Corona di wilayah tersebut. Tujuannya adalah guna mendeteksi dan mencari tahu insiden Corona dan juga mendeteksi warga yang terinfeksi dengan virus tersebut sehingga dapat dilakukan tracing untuk melacak penyebaran yang terjadi.

Roza menjelaskan bahwa pemeriksanaan kelompok dipilih sebagai metode sesuai populasi penduduk menggunakan kriteria sampel yang mau ikut dalam survei dan pesertanya adalah penduduk yang rata-rata usianya di atas 40 tahun dan memiliki banyak sekali kegiatan yang dilakukan di luar rumah. Menurut Roza, dari semua data sampel yang dikirimkan. Unand mendapatkan 1678 sampel dari masyarakat yang tinggal di wilayah Tanah Datar ini untuk siap dilakukan adanya pool test Covid-19.

Beliau melanjutkan bahwa virus Covid-19 ini tidak hilang dan masih tetap menyebar namun sesungguhnya masyarakat tidak perlu terlalu khawatir dan takut karena yang paling penting adalah semua orang harus hati-hati sekaligus mengikuti protokol kesehatan yang diberikan oleh pemerintah termasuk menjaga sistem kekebalan tubuh untuk melindungi diri dari penyebaran virus Covid-19. Sementara itu, Roza juga menjelaskan lebih lanjut mengenai kasus penyebaran virus yang terjadi di wilayah itu.

Berdasarkan dari datar rekapan sampai dengan hari Minggu kemarin kasus positif Corona yang terjadi di Kabupaten Tanah Datar masih tetap berada di angka 14 orang dan tidak bertambah. Sementara itu 10 orang telah dinyatakan sembuh dan juga negatif dari infeksi virus ini. Sementara 3 orang lainnya melakukan karantina mandiri atau isolasi mandiri dan 1 orang warganya meninggal akibat Covid-19 dengan 9 orang dinyatakan ODP dan 1 orang PDP serta sekitar 193 orang masih notifikasi.

 

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Gerakan 3T dan Obat Sakit Maag Alami sebagai Upaya Mencegah Maag
  • Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit
  • Obat Sakit Maag Terbaik dan Mengapa Maag Tak Boleh Diremehkan
  • Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan dan Aktifitas Sehari-hari

Comments (1)

  1. […] 11 Warga Kabupaten Tanah Datar Dinyatakan Negatif Covid-19 Setelah Kontak Dengan… July 13, 2020 […]

Comment here