Wisata

Air Terjun Proklamator, Spot Wisata Baru yang Masih Asri di Sumatera Barat

Sumatera Barat memiliki banyak sekali destinasi wisata alam yang menyejukkan mata dan juga pikiran termasuk di kawasan Lembah Anai yang terletak di sekitar jalan Padang dan Padang Panjang yaitu air terjun Proklamator. Jika Anda berjalan kaki lebih dalam lagi dari air terjun Lembah Anai dan masuk ke bagian hutan yang lebat, maka Anda akan menemukan air terjun tersebut dengan pemandangan yang jauh lebih mempesona dan juga masih terlihat sangat asri.

air terjun proklamator
air terjun proklamator

Sumatera Barat Hadirkan Destinasi Wisata Alam Baru yang Masih Asri, Air Terjun Proklamator

Letaknya dari air terjun  ini memang tidak terlalu jauh dari Lembah Anai dan lokasi lebih tepatnya berada di Kanagarian Singgalang di Sapuluah Koto yang terletak di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Meskipun air terjun Lembah Anai sudah populer, namun kawasan Proklamator ini masih menjadi wahana alam yang masih baru dan mengapa namanya Proklamator? Ini karena air terjun tersebut ditemukan oleh seorang Mahasiswa dari klub Pecinta Alam Proklamator pertama kalinya dari Universitas Bung Hatta.

Dia menemukan air terjun ini ketika sedang membuka jalur dan menelusur jalan pendakian tepat di wilayah tersebut tahun 2020 ini pada beberapa waktu yang lalu. Untuk bisa masuk ke dalam kawasan air terjun ini, maka aksesnya dimulai dari seberang jalan kedai atau restoran Mangguang. Rumah makan yang satu ini lokasinya berada di jalan sebelum air terjun Lembah Anai bila Anda datang dari wilayah Bukittinggi dan terus menuju ke kota Padang. Jika dengan berjalan kaki, maka membutuhkan waktu sekitar 40 menit dari jalan utama untuk bisa sampai ke air terjun baru ini.

Perjalanan Anda tidak akan mudah karena jalurnya cukup ekstrem namun jangan khawatir karena masih sangat bisa dilalui mengingat di jalur tersebut telah terpasang pagar pembatas yang sengaja dibuat oleh para pengelola sebab tidak ada kendaraan apapun yang bisa digunakan untuk sampai ke tempat ini. Keindahan yang ditunjukkan oleh air terjun ini tidak kalah dengan yang lain bahkan pemandangannya masih terasa baru. Airnya begitu jernih dan langsung dapat melihat bagian dalam dengan mata telanjang.

Pengunjung bisa berenang dan menghabiskan waktu disana dengan duduk di bebatuan alami. Bahkan pengunjung bisa mengabadikan setiap momen mereka dengan berfoto di segala spot termasuk di bawah airnya. Karena masih sangat baru, belum ada fasilitas apapun di dalam air terjun Proklamator ini namun keasriannya masih sangat terjaga dan biaya masuknya pun murah karena hanya sekitar Rp 10 ribu saja namun Anda sudah diberikan pemandangan yang terbaik.

Sorry! The Author has not filled his profile.
×
Sorry! The Author has not filled his profile.
Latest Posts
  • CAR BRI Meningkat, BRI Coba Perkuat Cadangan
  • Gubernur Sumbar Kirim Surat Resmi Tolak UU Cipta Kerja Pada DPR RI
  • Tak Lama Lagi Kamera Ponsel Pintar Dapat Mendeteksi Diabetes
  • Para Seniman di Padang Ekspresikan Kegelisahan Pandemi Covid-19 Melalui Mural

Comment here