Nutrition

Apa Itu Nutrition?

Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat tentunya sudah banyak orang tahu bahwa salah satu caranya adalah mengonsumsi makanan yang mengandung nutrition atau nutrisi. Meskipun sudah sering mendengarnya apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan nutrisi itu sendiri? Secara sederhana nutrisi adalah zat-zat yang terkandung dalam makanan sehat dan menjadi sumber energi setelah bereaksi dalam tubuh kita. Untuk dapat menjalankan fungsi-fungsi organ tubuhnya dengan baik tubuh membutuhkan nutrisi mulai dari protein, lemak, karbohidrat, mineral, vitamin, dan air.

Apa-Itu-Nutrition
Apa-Itu-Nutrition

Bagaimana nutrisi untuk tubuh bekerja

Saat tengah mencerna makanan nutrisi yang terkandung akan diserap tubuh. Pada proses metabolism kemudian nutrisi akan disalurkan ke seluruh organ tubuh. Idealnya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi orang harus mengonsumsi berbagai jenis makanan dengan kombinasi yang tepat. Inilah sebabnya setiap orang seharusnya membekali diri dengan pengetahuan akan makanan yang sehat dan seimbang. Sehat dalam hal ini bukan hanya sekedar tak menderita suatu penyakit  tapi juga berada dalam kondisi yang bugar dan prima raga dan jiwa, termasuk  pikiran.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat Anda bukan hanya wajib mendapat asupan nutrition dalam jumlah yang tepat dalam makanan, tapi juga mengupayakan agar tubuh minim paparan toksin, contohnya dari bahan pengawet yang terkandung dalam makanan kemasan. Hidangan-hidangan siap saji, makanan kalengan, atau sejenisnya seharusnya menjadi makanan rekreatif saja dan bukannya santapan setiap hari. Untuk mengetahui kebutuhan nutrisi yang paling tepat bagi tubuh Anda, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli gizi sehingga dapat menyediakan menu yang tepat untuk dikonsumsi sehari-hari.

Memenuhi kebutuhan nutrisi harian

Inilah cara mudah untuk memenuhi kebutuhan gizi harian melalui asupan makanan yang sehat dan seimbang.

  1. Porsi makan wajar untuk kebanyakan orang adalah 3 kali sehari dengan nutrisi yang seimbang plus dua kali mengudap. Untuk bisa hidup sehat dan beraktivitas normal, orang biasanya membutuhkan asupan mineral, vitamin, lemak, protein, dan karbohidrat dalam porsi yang sesuai dengan keperluan tubuh.

Mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah segar selalu disarankan dalam menu makanan sehari-hari. Untuk kudapan sebaiknya hindari cake, biscuit, kue-kue manis, atau sejenisnya. Kudapan sehat bisa berupa kacang-kacangan yang diolah tanpa digoreng, seporsi buah alpukat, susu kedelai, atau yoghurt tanpa pemanis.

  1. Nutrition bagi mereka yang kekurangan berat badan sebaiknya lebih banyak mengasup protein yang diolah dengan dikukus atau direbus. Sumber energi untuk tubuh banyak didapatkan dari konsumsi umbi-umbian, nasi, dan gandum. Untuk menggantikan kebutuhan protein bagi mereka yang vegetarian atau mengurangi konsumsi daging dapat diperoleh dari protein nabati misalnya tahu dan tempe.
  2. Jangan lupa memenuhi kebutuhan cairan dengan konsumsi air putih dalam jumlah yang disarankan. Minuman manis tidak disarankan untuk menggantikan air sebagai minuman.
  3. Tubuh juga membutuhkan nutrisi mikro atau dalam porsi yang sangat kecil, yaitu, fosfor, magnesium, vitamin, yodium, kalium, zat besi, natrium, dan kalsium.

 Setelah kebutuhan asupan nutrisi untuk tubuh terpenuhi Anda juga disarankan untuk berolahraga secara rutin, misalnya 2 atau 3 kali sehari selama 1 jam. Tak perlu terlalu lama atau memilih olahraga yang berat karena Anda bukanlah atlet, bersepeda, berenang, atau berjalan kaki aktif selama setengah jam sudah cukup untuk menyehatkan tubuh. Berikan waktu recovery untuk tubuh dengan istiharat yang cukup serta tidur berkualitas, dan upayakan untuk mengelola stress dengan baik.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula
  • Mengenal-Metode-Hipnoterapi-Untuk-Menanamkan-Motivation

Comment here