Berita

Aturan Nikah di Masa Pandemi Covid Diatur Ketat oleh Pemko Padang

Sejak pemberlakuan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Provinsi Sumatera Barat, masyarakat memang dihimbau untuk tidak melakukan kegiatan sosial dan ekonomi yang melibatkan banyak orang, termasuk resepsi pernikahan. Namun, setelah pemberlakuan tatanan kehidupan baru (New Normal), tentunya aktivitas sosial ekonomi sudah mulai dibuka kembali. Untuk mencegah penularan covid-19, Pemerintah Kota Padang tetap berupaya semaksimal mungkin agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Salah satu upaya dimaksud adalah dengan pembuatan aturan nikah di masa pandemi covid.

Aturan Nikah di Masa Pandemi Covid Diatur Ketat
Aturan Nikah di Masa Pandemi Covid Diatur Ketat

Hal ini diungkapkan oleh Marjanis – Kepala Kantor Kemenag Padang. Prosesi pernikahan, mulai dari akad nikah, harus benar-benar mematuhi protokol covid. Misalnya, ketika mendaftar di KUA (Kantor Urusan Agama), masyarakat harus mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Menurut Marjanis, prosesi akad nikah bisa dilakukan di KUA maupun di rumah. Namun, jumlah maksimal orang yang hadir selama prosesi dibatasi sebanyak 10 orang, tentunya sudah termasuk kedua mempelai, penghulu, saksi, penceramah, dan pihak keluarga dari kedua mempelai. Selain itu, anggota keluarga lainnya dipersilahkan menunggu di luar. Selama prosesi akad nikah, semua yang hadir di dalam ruangan juga harus memakai masker, mengenakan sarung tangan, dan menjaga jarak.

Seperti diketahui, Propinsi Sumatera Barat khususnya Kota Padang masih belum aman dari pandemi covid-19. Seperti dilansir di website Pemerintah Propinsi Sumatera Barat, hingga Minggu (26 Juli 2020), tercatat 869 kasus konfirmasi covid-19 di Sumatera Barat, dan sebaran terbanyak berada di Kota Padang. Oleh sebab itu, semua pihak harus benar-benar patuh terhadap protokol kesehatan, sehingga penularan virus corona dapat dicegah.

 

 

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Gerakan 3T dan Obat Sakit Maag Alami sebagai Upaya Mencegah Maag
  • Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit
  • Obat Sakit Maag Terbaik dan Mengapa Maag Tak Boleh Diremehkan
  • Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan dan Aktifitas Sehari-hari

Comment here