Fitness

Benarkah Fitness Menyebabkan Insomnia?

Gara-gara kesibukan mungkin Anda baru sempat mengunjungi gym di malam hari dengan harapan tidur akan menjadi lebih berkualitas karena energi terkuras setelah tubuh kelelahan. Tapi sayangnya pada beberapa orang keinginan ini justru sulit terwujud karena yang bersangkutan malah mengalami insomnia pasca fitness. Ternyata inilah yang disebut dengan post workout insomnia. Simak ulasannya untuk mengetahui lebih banyak sehingga Anda dapat menghindarinya.

Benarkah-Fitness-Menyebabkan-Insomnia
Benarkah-Fitness-Menyebabkan-Insomnia

Mengenal penyebab fitness bikin insomnia

Rasanya tentu kesal sekali saat  tubuh sudah kehabisan tenaga karena olahraga tapi malah sulit sekali memejamkan mata. Nah, hal ini ternyata ada penyebabnya, yaitu:

Dehidrasi – Kekurangan cairan karena olahraga yang terlalu keras ternyata dapat memicu dehidrasi dan meningkatkan suhu tubuh. Inilah yang menyebabkan Anda merasa  tak nyaman sehingga sulit terlelap.

Kafein – Beberapa orang mengonsumsi stimulant seperti kafein yang dapat meningkatkan metabolism, inilah yang membuat Anda terjaga dan waspada dalam waktu lebih lama.

Hormon – Ternyata saat olahraga tubuh akan memproduksi  hormone kortisol yang merupakan alarm untuk menyiagakan tubuh. Hormone ini dapat mencegah produksi hormone yang membuat Anda rileks dan mengantuk, yaitu melatonin.

Mencegah  insomnia setelah olahraga

  1. Masalah tersebut hendaknya tak sampai mengurungkan niat Anda untuk ngegym karena ada solusinya. Sebaiknya kurangi intensitas olahraga Anda di malam hari. Ikutilah kelas-kelas yoga atau pilates  di gym.
  2. Bila memang ingin melakukan olahraga yang lebih berat di malam hari sebaiknya pilih waktu minimal 3 jam sebelum waktu tidur Anda.
  3. Hindari mengonsumsi kopi atau stimulant lain yang mengandung kafein agar masalah fitness bikin insomnia yang Anda alami tidak semakin memburuk.
  4. Untuk mencegah suhu tubuh meningkat konsumsilah air putih dalam jumlah yang direkomendasikan.
  5. Untuk membuat tubuh lebih rileks menjelang tidur mandilah dengan air hangat  yang sekaligus dapat mengurangi pegal-pegal.
  6. Menanamkan kebiasaan sebelum tidur juga dapat membantu Anda. Contohnya setiap hari sebelum tidur buatlah rutinitas, misalnya mandi air hangat, merawat wajah dengan skincare favorit, lalu membaca buku atau mendengarkan music-music yang lembut. Bila hal ini dilakukan berulang-ulang, setiap kali Anda melakukan rutinitas ini otak akan merespon dan mengondisikan tubuh untuk siap beristirahat.
  7. Kondisi dalam kamar juga mempengaruhi kualitas tidur Anda. Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin juga bisa mengganggu istirahat. Mulai saat ini jadikan kamar tidur khusus sebagai tempat beristirahat, jangan bekerja, makan, atau melakukan berbagai aktivitas lain di sana. Dengan begitu saat tiba waktunya tidur pikiran Anda tak akan tertuju pada pekerjaan atau yang lainnya.

Mempelajari teknik-teknik relaksasi sederhana juga akan membantu Anda merasa mengantuk lebih cepat setelah fitness dan tak akan terkendala lagi dengan insomnia. Selamat mencoba!

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula
  • Mengenal-Metode-Hipnoterapi-Untuk-Menanamkan-Motivation
  • 6 Teknik Menjalankan Bisnis Properti Menguntungkan Untuk Pemula

Comment here