Berita

Berita Viral Kesehatan Yang Berakibat Fatal

Berita-Viral-Kesehatan-Yang-Berakibat-Fatal
Berita-Viral-Kesehatan-Yang-Berakibat-Fatal

Grup WA dan Facebook tak jarang mendapat sharing artikel kesehatan dari salah satu membernya.  Hal ini sesungguhnya baik dan bermanfaat bila unggahan dimaksud memang mengandung kebenaran dan berasal dari sumber yang kompeten. Tapi masalahnya sebagian besar berita viral  terkait kesehatan terutama yang bereda via media social adalah hoax atau berita palsu yang banyak  membuat resah masyarakat. Bukan hanya merugikan konten-konten kesehatan palsu bisa membawa akibat yang lebih fatal, misalnya kehilangan nyawa.

Salah satu pihak yang prihatin akan kondisi ini dan telah berupaya untuk menjadi solusi adalah Komunitas Sapu Langit sebagai Jaringan Anti Hoax Kesehatan. Misi didirikannya komunitas ini adalah bentuk kepedulian serta alasan kemanusiaan agar masyarakat terhindar dari penyebaran berita viral hoax yang memicu masalah kesehatan. Melihat masifnya penyebaran hoax terkait kesehatan memang dibutuhkan penanganan yang semakin serius terutama dari mereka-mereka yang berkompeten untuk meng-counter kabar-kabar tersebut demi mencegah akibat yang lebih buruk.

Daftar berita viral palsu tentang kesehatan

Inilah beberapa kabar hoax  tentang kesehatan yang ternyata justru dapat membahayakan kesehatan.

Larangan vaksin HPV karena memicu menopause dini

Untuk mencegah serangan penyakit kanker serviks, anus, tenggorokan, hingga jerawat pada kelamin para wanita dianjurkan untuk mendapatkan vaksin HPV. Pemerintah DKI mulai menerapkan hal ini bagi para siswi usia 11 hingga 12 tahun mulai tahun 2016. Sayangnya tak sedikit orangtua yang melarang hal ini karena termakan berita viral  hoax di media sosial bahwa vaksin HPV dapat memicu menopause dini. Tentu saja hal ini tidak benar karena vaksin apa pun yang digunakan di tanah air telah melalui studi oleh WHO.

Lele mengandung sel kanker

Masyarakat Indonesia pernah dihebohkan dengan kabar ikan lele mengandung sekitar 3 ribu sel kanker, sehingga orang jadi enggan menyantapnya. Padahal ikan lele adalah pengganti ikan salmon yang baik dan murah karena kaya protein serta mempunyai kandungan asam lemak omega 3. Apalagi ikan lele yang dibudidayakan di tanah air kebanyakan ditampung di kolam, sawah, atau tambak yang airnya bebas cemaran limbah industry. Seorang dokter ahli kanker dari Perhimpunan Onkologi Indonesia juga menegaskan bahwa berita viral tersebut bohong belaka karena belum penah ditemukan kasus terserang penyakit kanker karena mengonsumsi ikan lele.

Menusuk jari dan telinga dengan jarum untuk menyelamatkan penderita stroke

Satu hoax yang juga sudah dishare ribuan kali dan banyak dipercaya masyarakat awam adalah tips untuk menolong orang yang terserang stroke dengan menusuk jari dan bawah daun telinganya menggunakan jarum untuk memperlancar darahnya. Faktanya hal ini dapat menyebabkan masalah baru, yaitu menimbulkan infeksi bila jarum yang digunakan tidak steril, dan juga membuang-buang waktu karena tak segera membawa pasien ke rumah sakit untuk segera dilakukan pertolongan. Padahal ketepatan waktu untuk mendapat penanganan pertama bisa mengurangi dampak kerusakan yang terjadi akibat stroke.

Makan udang plus vitamin C bisa menewaskan orang

berita viral hoax seliar ini seharusnya tidak sampai menimbulkan keresahan karena orang awam sekalipun seharusnya tahu bahwa kedua hal tersebut sama sekali tidak

berkaitan. Dalam hoax ini dikatakan bahwa senyawa arsenic dalam udang dapat diubah menjadi racun oleh vitamin C. Faktanya, memang benar banyak seafood yang mengandung arsenic, namun jumlahnya sangat kecil untuk menimbulkan dampak, apalagi mematikan manusia. Perlu diketahui bahwa dalam 1 kg udang, kandungan arseniknya hanya berjumlah 0.5 miligram.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comments (1)

  1. […] Berita Viral Kesehatan Yang Berakibat Fatal July 1, 2019 […]

Comment here