Bisnis

Bisnis Penitipan Hewan Omzet Jutaan

Untuk para penyuka hewan peliharaan dan terampil mengurus mereka, ada peluang bisnis unik yang belum terlalu banyak kompetitornya, yaitu usaha penitipan hewan  peliharaan. Usaha demikian ini akan mengalami masa panennya di musim liburan dan hari raya, dimana kebanyakan orang pergi mudik atau berlibur ke luar kota.

Target konsumen untuk usaha ini tentu saja golongan menengah ke atas yang dapat mempercayakan peliharaan kesayangannya kepada orang-orang yang memang kompeten untuk mengurusnya. Satu lagi keuntungan merintis usaha ini adalah ongkos operasionalnya yang tergolong minim, tapi sanggup mendatangkan penghasilan besar.

Bisnis-Penitipan-Hewan-Omzet-Jutaan
Bisnis-Penitipan-Hewan-Omzet-Jutaan

Merintis bisnis penitipan hewan peliharaan

Secara umum rutinitas yang harus dilakukan jasa penitipan hewan adalah memelihara hewan dengan sebaik mungkin selama pemiliknya sedang tidak di rumah. Jadi pelaku usaha ini harus memberi makan, memandikan, membawanya jalan-jalan, serta mengupayakan hewan mendapatkan pertolongan medis secepat mungkin saat terserang penyakit. Intinya hewan peliharaan milik klien harus dijaga baik-baik agar yang bersangkutan mempercayai jasa tersebut dan berpotensi menjadi pelanggan tetap.

Inilah beberapa point yang penting untuk diketahui dalam memulai bisnis penitipan hewan:

 Menentukan jenis hewan

Sebelum mulai mempromosikan usaha jasa tersebut, pengusaha sebaiknya menentukan dulu jenis hewan peliharaan yang sanggup diurusnya.  Contohnya, kucing, anjing, hamster, kelinci, atau bahkan reptile. Pastikan Anda benar-benar mengetahui cara mengurus hewan-hewan tersebut dengan baik untuk menjaga kepercayaan konsumen. Sebagai  pemula tak ada salahnya berkonsentrasi pada salah satu jenis hewan dulu sebelum merambah pada hewan lainnya.

Lokasi

Salah satu unsur yang membuat bisnis cepat maju adalah terletak di lokasi yang strategis, contohnya di dekat perumahan yang para penghuninya diketahui mempunyai banyak hewan peliharaan. Tentu saja sebelumnya harus dilakukan survey dahulu. Selain itu kondisi bangunan juga harus diperhatikan, sirkulasi udara harus memadai dan kebersihan kandang-kandang hewan juga mesti dijaga.

Merencanakan bisnis dengan terukur

Perencanaan yang baik dibutuhkan sebelum memulai usaha jasa. Hal-hal yang perlu dipikirkan antara lain adalah, kebutuhan modal, jumlah karyawan yang dapat direkrut, jumlah kandang yang disediakan, perkiraan harga pakan untuk setiap jenis hewan, dan biaya-biaya operasional lainnya.

Menetapkan tarif jasa

Untuk menentukan tarif bagi usaha jasa ini memang gampang-gampang susah. Bila terlalu mahal, calon konsumen bisa kurang berminat, tapi bila terlalu murah, jangan-jangan jasa tersebut jadi kurang dipercaya. Calon pengusaha dapat melakukan survey dulu untuk mengetahui tarif pasaran yang diberlakukan oleh pemilik jasa lainnya. Dalam menentukan tarif Anda juga perlu memperhitungkan pakan serta minuman hewan, sabun atau shampoo hewan untuk memandikan mereka, tarif listrik, air, keamanan, gaji pegawai, dan sejenisnya.

Nama usaha

Nama untuk usaha jasa tersebut sebaiknya dipikirkan baik-baik karena akan mempengaruhi strategi branding untuk jasa ini. Sentuhan unik pada nama dan logo akan membuat calon konsumen penasaran dan sebaiknya nama tersebut mewakili karakter usaha yang dijalankan. Segala sesuatu yang berhubungan dengan  hewan peliharaan umumnya adalah imut, lucu, dan menyenangkan.

Mengakses komunitas-komunitas pecinta hewan

Untuk mempopulerkan bisnis jasa penitipan hewan tersebut, sebaiknya pengusaha bergabung dengan komunitas-komunitas pecinta hewan. Di sana nanti Anda dapat berpromosi dan jangan lupa buatlah program-program diskon, giveaway, atau voucher saat memperkenalkan usaha tersebut. Selain komunitas pecinta binatang, pengusaha juga dapat bekerja sama dengan pemilik bisnis penyedia makanan hewan untuk mendapatkan harga lebih murah.

Jangan lupa memanfaatkan media online untuk membuat bisnis menjangkau lebih banyak calon konsumen.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Daftar-Bisnis-Yang-Viral-Saat-Ini
  • Menanamkan-Motivation-Untuk-Meraih-Kesuksesan
  • Pegal-dan-Nyeri-Setelah-Fitness,-Wajar-Atau-Tidak
  • Bolehkan-Olahraga-Saat-Sakit

Comment here