Olahraga

Bolehkan Olahraga Saat Sakit

Untuk menjaga kesehatan dan memastikan stamina Anda tetap fit olahraga secara teratur sangat disarankan. Meskipun demikian ada momen-momen tertentu dimana Anda sebaiknya absen dulu melakukan aktivitas ini walaupun Anda adalah penghobby berat sport. Ketahuilah informasi  pada ulasan berikut agar tidak salah dalam melakukan aktivitas ini.

Bolehkan-Olahraga-Saat-Sakit
Bolehkan-Olahraga-Saat-Sakit

Melakukan olahraga saat sakit

Bagi mereka para sport freak sebentar saja melewatkan aktivitas ini tentu sudah cukup untuk membuat Anda uring-uringan dan merasa ada yang kurang. Tapi hati-hati karena faktanya ada beberapa waktu dimana Anda sebaiknya menghindari dulu kegiatan ini demi kesehatan Anda, misalnya saat sakit.

Bahkan saat Anda merasa hanya terserang flu ringan, training justru dapat memperparah penyakit Anda atau membuatnya bercokol lebih lama di tubuh.

Alasannya karena sport bisa membuat banyak tekanan pada imunitas tubuh. Bila sudah demikian Anda malah harus lebih lama lagi absen dari berbagai aktivitas fisik. Saat flu misalnya, tubuh juga akan terasa pegal dan nyeri sehingga sulit berkonsentrasi, akibatnya Anda malah bisa cedera otot. Jadi pastikan tubuh sudah sehat dan stamina Anda kembali fit sebelum memulai latihan Anda lagi atau ngegym.

Walaupun sudah dikatakan sembuh dari penyakit yang Anda derita, sebaiknya jangan langsung memulai sesi latihan Anda seperti sebelumnya. Hal ini bisa membuat gejala penyakit kambuh kembali. Lakukan semuanya dengan perlahan-lahan dan dengarkanlah tubuh Anda. Mulailah dengan porsi setengah dari intensitas latihan Anda biasanya dan tingkatkan sedikit demi sedikit seiring berjalannya waktu.

Selain karena sakit atau sedang dalam masa penyembuhan, olahraga sebaiknya juga tak dilakukan pada kondisi-kondisi berikut ini:

Tertekan

Saat Anda memang menghadapi masalah dan lebih suka berdiam diri di rumah atau bahkan di tempat tidur jangan memaksakan diri untuk beraktivitas fisik. Jangan merasa bersalah untuk itu dan untuk membuat kondisi Anda lebih baik beristirahatlah serta konsumsi makanan yang bergizi. Walaupun sport dapat meningkatkan produksi hormone pemicu rasa bahagia tapi tak ada salahnya untuk bersantai dan berkontemplasi. Terapkan teknik-teknik relaksasi untuk membuat Anda merasa lebih baik.

Cedera

Anda mungkin mengalami cedera pada sesi latihan Anda sebelumnya dan otot sedang dalam masa pemulihan. Pada kondisi tersebut jangan memaksakan diri untuk training di gym atau dimana pun. Kondisi cedera Anda bisa semakin memburuk dan menyakitkan hingga menyulitkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tak ada salahnya berkonsultasi pada seorang professional untuk mendapatkan alternatif solusi.

Mabuk

Setelah mengonsumsi alcohol terlalu banyak dan Anda merasakan ketidaknyamanan sebaiknya jangan langsung melakukan aktivitas fisik. Perlu diketahui bahwa minuman beralkohol misalnya  4 pint bir memerlukan waktu hingga 11 jam untuk dikeluarkan tubuh dan menjadi netral kembali.

Hamil

Ibu hamil sebenarnya boleh olahraga asalkan diijinkan oleh dokter yang menanganinya. Hal ini tentu dengan catatan kehamilan Anda tak mengalami masalah yang dapat memicu keguguran.

Setelah melahirkan

Waktu menunggu yang ideal untuk kembali melakukan training pasca melahirkan adalah 6 minggu, ini bila Anda melahirkan secara normal. Untuk para wanita yang dioperasi Caesar Anda paling tidak harus menunggu hingga 11 minggu. Pada kondisi tersebut Anda juga harus berkonsultasi dengan tenaga professional untuk menghindari komplikasi.

Sedang malas

Ada kalanya Anda benar-benar tak termotivasi untuk olahraga mungkin karena merasa bosan. Selain pulang ke rumah dan menemukan aktivitas lainnya yang lebih menyenangkan, Anda bisa mencoba jenis-jenis olahraga lain yang menarik, misalnya dance sport, aquatic training, atau mungkin beladiri.

Semoga bermanfaat!

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comment here