Bisnis

Buka Usaha Dengan Modal Kecil Profit Besar

Buka-Usaha-Dengan-Modal-Kecil-Profit-Besar
Buka-Usaha-Dengan-Modal-Kecil-Profit-Besar

Semakin banyak orang yang bermimpi untuk menjadi pengusaha dan bukan lagi pegawai untuk meraih kesejahteraan hidup di masa depan. Walaupun saat ini sudah berprofesi sebagai karyawan tapi tidak jarang orang menjalankan bisnis di waktu luangnya untuk mendapatkan penghasilan kedua. Anda berniat untuk mencoba? Apalagi saat ini buka usaha dengan modal kecil bukan lagi hal mustahil. Faktanya tidak sedikit bisnis raksasa yang dimulai dari usaha rumahan berskala kecil.

Buka usaha dengan modal kecil yang berprospek bagus

Jangan takut merintis bisnis Anda sendiri karena semua orang pada dasarnya mempunyai kesempatan yang sama. Simak ulasan berikut untuk mendapatkan panduannya:

Jenis bisnis

Sebagai langkah pertama tentu saja Anda harus memilih jenis bisnis yang akan dikembangkan. Beberapa jenis usaha yang bisa menjadi pilihan adalah, membuka warung sembako, menjual pulsa, bisnis snack, dan sebagainya. Pilihan jenis bisnis tentu harus disesuaikan dengan modal yang dapat Anda sediakan, jadi pandai-pandailah memilih bisnis yang berpotensi mendatangkan profit besar.

Riset

Tips buka usaha dengan modal kecil berikutnya adalah melakukan riset pasar untuk mendapatkan informasi tentang produk yang sedang trend atau paling dibutuhkan masyarakat. Selain itu perluas wawasan tentang pengelolaan bisnis, kompetisi bisnis dan cara bertahan di tengah persaingan. Riset pasar juga akan memberi gambaran berapa modal yang nantinya akan dibutuhkan.

Penghematan

Dalam bisnis ada yang dinamakan biaya tetap dan biaya variable. Untuk biaya tetap Anda tidak akan bisa mengubahnya, namun penghematan dapat dilakukan pada sector biaya variable misalnya operasional usaha.

Lokasi

Bidang yang paling menyedot modal usaha para pebisnis adalah menyewa lokasi yang strategis untuk merintis usahanya. Jadi cobalah untuk mengatasi hal ini dengan memulai dari rumah Anda dengan menyediakan layanan pesan antar produk. Dengan begitu di awal bisnis Anda belum perlu menyewa ruko atau toko.

Memanfaatkan kemampuan

Bila Anda sama sekali belum punyai ide dalam usaha modal kecil dan menguntungkan, cobalah memulai dari hobby atau keahlian Anda yang layak dijual. Misalnya memberi kursus privat sesuai bidang pendidikan Anda, mengembangkan hobby memasak dengan membuka catering atau menerima pesanan kue, membuka jasa service motor atau mobil panggilan, menerima jasa penerjemahan, pengetikan, atau penulisan artikel. Nah kembangkan kreativitas Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Menggunakan barang bekas yang masih layak

Tips untuk buka usaha modal kecil untung besar berikutnya adalah memanfaatkan peralatan dan barang-barang yang masih layak pakai walaupun bekas. Misalnya gerobak bekas untuk berdagang gorengan, meja kursi bekas untuk membuka warung kopi, atau etalase bekas untuk menjual barang-barang sembako di rumah. Jadi Anda bisa semakin berhemat dengan modal yang tersedia.

Tidak mempekerjakan pegawai

Tidak perlu merekrut pegawai pada awal bisnis bila modal yang tersedia terbatas. Sedikit demi sedikit saat bisnis Anda sudah mulai maju dan berkembang serta omsetnya semakin besar Anda bisa mempertimbangkan untuk menggaji karyawan untuk membantu Anda.

Media social sebagai corong promosi

Kesempatan untuk buka usaha sendiri dengan modal kecil di zaman sekarang ini semakin terbuka lebar karena Anda bisa menghemat dana untuk memasang iklan di koran, mencetak brosur, atau memasang banner dengan memanfaatkan media social sebagai upaya promosi dan branding. Selain itu Anda juga dapat memasang iklan pada berbagai market place untuk mempublikasikan produk dagangan Anda.

Nah selamat mencoba buka usaha dengan modal kecil.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula
  • Mengenal-Metode-Hipnoterapi-Untuk-Menanamkan-Motivation
  • 6 Teknik Menjalankan Bisnis Properti Menguntungkan Untuk Pemula

Comment here