Bisnis

Cara Bisnis Property Modal Minim

cara-bisnis-property
cara-bisnis-property

Anda tentu sudah mengetahui bahwa property adalah bisnis yang menawarkan peluang besar untuk mendapatkan profit dan menjadi kaya. Tapi sayangnya tidak semua orang tertarik untuk segera mencoba bidang tersebut karena kebanyakan orang berpikir bahwa bisnis demikian ini membutuhkan modal besar. Padahal ada cara bisnis property dengan modal minim, bahkan Anda tak perlu berhutang. Tak perlu khawatir karena faktanya modal seharusnya tidak menjadi penghambat untuk memulai bisnis apa pun termasuk bisnis property. Nah, simak ulasannya.

Cara bisnis property dengan modal terbatas

Beberapa tips berikut ini bisa membantu Anda membangun usaha dalam bidang property mulai dari nol oleh pemula.

Mulai dari lingkungan sekitar

Salah satu kelebihan dari memulai bisnis tanpa modal tentu dapat mengantisipasi kerugian, tapi bukan berarti bisnis dapat dijalankan sembarangan. Cara memulai bisnis property  yang pertama adalah mengamati orang-orang terdekat Anda, bisa kolega, teman-teman, hingga sanak saudara untuk mencari informasi property seperti apa yang mereka butuhkan.

Mungkin saja ada yang tengah berburu property atau berniat menjual property miliknya. Inilah kesempatan Anda untuk membantu mencari kebutuhan mereka atau menjualkan. Manfaatkan sarana internet dalam bisnis mandiri tersebut dengan mempublikasikan iklan atau mencari penawaran misalnya lewat media social, situs web, dan market place.

Jujur pada berbagai kondisi

Tak hanya pada bisnis property seseorang harus selalu berkomitmen akan kejujuran saat memulai bisnis apa pun. Ingatlah bahwa Anda menawarkan jasa dan sekali Anda berbohong untuk mendapatkan keuntungan pribadi baik kepada penjual atau pembeli akan membuat bisnis Anda cacat dan sulit untuk mengembalikan kepercayaan mereka. Kerja keras dan reputasi yang Anda bangun selama ini bisa hancur berantakan.

Menjalin hubungan baik

Cara bisnis properti untuk pemula yang hanya mengandalkan tekad dan niat untuk bekerja keras adalah attitude yang baik. Jadi upayakan untuk mempunyai relasi yang terbuka dan baik dengan calon klien Anda. Katakan terus terang berapa nilai komisi yang Anda inginkan untuk menjualkan sebuah property. Bernegosiasilah dengan baik dan percaya diri. Katakan alasan mengapa Anda meminta nilai sekian persen sebagai jasa perantara dan jangan tergoda untuk mengambil keuntungan tanpa sepengetahuan pihak penjual.

Mencari investor

Strategi lain yang bisa Anda terapkan dalam bisnis property adalah mencari investor yang ingin mengembangkan modalnya dalam bidang property. Setelah menganalisa nilai suatu property dan prediksi peningkatannya setelah beberapa lama, buatlah pengajuan kepada investor yang Anda nilai pantas untuk membeli obyek property itu. Jelaskan prospek investasinya dan bila yang bersangkutan bersedia, Anda tinggal mengurus semuanya, termasuk mencarikan calon pembeli untuk asset tersebut.

Bila kerjasama ini sukses dan investor puas dengan imbal hasil yang didapatkannya, pasti dia atau mereka bersedia menjalin kerjasama kembali dengan Anda. Walaupun Anda memulai cara bisnis properti kecil kecilan tapi bila dilakukan dengan tekun bukan tak mungkin suatu hari nanti Anda bisa membuka jasa agen property milik Anda sendiri.

Menabung property sebagai cara bisnis properti modal kecil

Selain model bisnis di atas, Anda juga dapat merintis usaha pada bidang property dengan menabung property yang disebut crowdfounding. Di sini Anda membeli property secara patungan dengan para investor lain sehingga berbagi kepemilikan suatu property. Keuntungan yang Anda peroleh didapatkan dari penjualan property tersebut setelah beberapa waktu sehingga nilainya meningkat atau dari hasil sewanya. Pembagian imbal hasil akan  disesuaikan dengan dana yang Anda tanamkan sebagaimana deviden pada kepemilikan saham.

Semoga informasi tentang cara bisnis property bisa menambah wawasan Anda.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comment here