Marketing

Cara Cerdas Memanfaatkan Internet dalam Kehidupan Sehari-hari

Cara-Cerdas-Memanfaatkan-Internet
Cara-Cerdas-Memanfaatkan-Internet

Kemajuan teknologi didukung oleh kemajuan di segala bidang. Perkembangan internet kian merajalela. Ibarat dua sisi mata uang, perkembangan ini bisa berdampak positif dan negatif. Negatifnya, akses situs dewasa bisa dengan mudah dilihat oleh anak SD. Maraknya jejaring sosial menjadi salah satu lahan subur penculik dalam merencanakan aksinya. Banyak kasus yang terungkap di media, bahwa remaja putri diculik oleh lelaki yang dikenalnya melalui dunia maya. Lantas, apakah internet membahayakan? Tentu saja tidak. Semua bergantung bagaimana seseorang bijaksana dalam memakainya.

Cerdas Saat Ber- internet di Dunia Maya

 Berikut adalah beberapa kiat untuk memanfaatkan internet agar memberika keuntungan bagi penggunanya:

  • Mencoba bisnis online. Tidak semua online shop yang tersebar di dunia maya bisa dipercaya. Beberapa diantaranya menipu. Saat konsumen sudah mengirimkan uang, ranga pesanannya tidak kunjung dikirim. Namun, anda bisa memanfaatkan internet sebagai tempat mengenalkan usaha anda ke pasaran. Misalnya melalui forum, blog, jejaring sosial dan foto yang diunggah. Kalau berminat dalam usaha online, tidak ada salahnya. Apalagi jika anda berpromosi di jejaring sosial, maka produk yang anda pasarkan otomatis dilihat banyak orang.
  • Jangan mudah percaya dengan informasi yang anda dapatkan di dunia maya. Periksa kebenarannya dari berbagai sumber.
  • Gunakan program filter untuk melindungi buah hati mengakses situs dewasa.
  • Selalu lakukan log out saat anda usai berinternet di manapun, apalagi jika membuka situs jejaring sosial. Hal ini untuk mengantisipasi
  • Biasakaan untuk mencantumkan sumber bila anda melakukan copy paste untuk suatu kepentingan dengan mengambil bahan di sosial media atau dunia maya.
  • Gunakan mesin pencari saat anda mengalami kebingungan. Misalnya mencari resep masakan, mencari itinerary wisata, destinasi wisata, tugas kantor/kuliah/pekerjaan.
  • Manfaatkan internet untuk mengembangkan hobi anda melalui grup yang banyak tersebar di jejaring sosial seperti Facebook. Misalnya grup fotografi, penulis, model, blogger, bisnis online, dan lain-lain.

Jangan Lupakan Dunia Nyata

 Pernahkah anda melihat seseorang yang lebih asyik bermain dengan gadget canggihnya saat ia berkumpul di tengah-tengah rekan-rekan, teman kuliah, kantor atau keluarga? Nah, jangan biarkan pesona dunia maya menyihir anda sehingga melupakan dunia maya. Tenggelam dalam keasyikan berselancar di dunia maya bisa membuat seseorang mengabaikan yang ada di sekitarnya. Untuk itulah, penggunaan internet harus diatur. Bila sedang berkumpul di tengah komunitas, alangkah baiknya anda menjauhkan internet dari jangkauan anda kecuali bila sedang membutuhkannya.

 

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comment here