Berita

Cara Orang Beriman Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Kita syukuri nikmat ini dengan mengucapkan

الحمد لله رب العالمين

dan bershalawat kita kepada nabi besar Muhammad SAW “Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad”

Bagaimana beliau bergembira dan ingin membagi kegembiraan itu, ketika akan datangnya Bulan Suci Ramadhan, dan Allag SWT mengabarkan kepada kita bagaimana orang-orang beriman itu bergembira dengan hal-hal yang akan menambah dan terus menambah keimanan mereka.

Bulan Suci Ramadhan
Bulan Suci Ramadhan

Maka adapun orang-orang yang beriman akan bertambah keimanan mereka, sedang mereka itu bergembira. Bergembira dengan hal-hal yang akan menambah dan mengokohkan keiman mereka. Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan. Allah SWT mewajibkan bagi kalian berpuasa pada bulan ramadhan itu. Allah swt membuka pentu-pintu langin dan allah swt menutup pintu neraka dan dimana syaitan-syaitan dibelengggu pada bulan ramadhan itu dan bagi Allah menyediakan di dalam bulan Ramadhan itu yakni suatu malam dimana lebih mulia daripada seribu bulan.

Orang Beriman Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Dan barang siapa kata Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang terhalang dengan kebaikan-kebaikan yang ada pada bulan Ramadhan, maka sesungguhnya ia adalah orang yang dijauhkan dari Rahmat Allah SWT.

Ibnu Rajab Rahimmahullahu Ta’ala mengomentari hadist ini mengatakan “sesungguhnya hadist ini adalah merupakan dasar dan perkara yang prinsip untuk kita saling membagi kegembiraan antara satu dengan yang lain dengan kedatangan bulan Ramadhan.

Bagaimana mungkin sebagai orang yang beriman tidak bergembira dengan kedatangan bulan Ramadhan? Dengan dibukanya pinyu-pintu surga.

Bagimana mungkin kita yang banyak melakukan dosa ini, tidak bergembira dengan kedatangan bulan Ramadhan dimana di dalamnya di tutup pintu-pintu neraka. Dan di dalamnya Allah SWT mengijabah segala permohonan maaf kita, taubat kita, istighfar kita.

Dan bagimana pula  tidak bergembiran bagi mereka yang diberikan akal oleh Allah SWT dimana kedatangan suatu waktu dimana di dalam waktu itu syaitan tidak diberikan keleluasaan untuk mengoda dan membuat kta menyimpang dari jalan-Nya. Berita gembira dan begitulah orang-orang terdahulu dan orang-orang sholeh dan orang mukmin menyingkapi kedatangan bulan Ramdhan.

Maka berusahalah kita saat ini sebelum masuk bulan ramadhan yang hanya tinggal menghitung hari untuk menghadirkan hati kita seolah0olah akan kedatangan seseorang yang betul kita cintai. Yang mana dia pergi menjauh dari kita selama 11 bulan dna waktu kedatangannya tinggal menghitung hari.

11  bulan dia pergi meninggalkan kita, dia adalah orang yang paling kita cintai dan dia itulajh bulan Ramadhan

Maka tentu bergembira dengan kedatanngannyabergembira dengan waktu perjanjian kita untuk bertemu dengannya. Dan ini adalah merupakan adab yang Allah SWT ajarkan kepada kita lewat Rasul-Nya Muhammad SAW ketika datang bulan Ramadhan.  Kita harus bergembira, kita menanti-nanti dengan penuh harap lagi cemas kapan hilal Ramadhan itu muncul. Rukyatul hilal itu kapan muncul dan tentu kita akan menantinya. Dan tentu kita akan memuliakan bulan Ramadhan itu.

Dan ini adalah bentuk ta’zim sya’airalallah bentuk pengagungan kita terhadap syariat-syariat Allah SWT. Karena diantara bentuk ketaqwaan hati yang ada di dalam diri kita adalah ketika kita mengta’zimkan, ketika kita mengagungkan syiar-syiar Allah dan diantara bentuk mengagungkan syariat Allah SWt yaitu dengan kedatangan bulan ramadhan kita sikapi dengan adabyang betul-wehbetul telah dicontohkan oleh nabi kita Muhammad SAW.

Sesungguhnya bulan ramadhan itu adalah Syahrusshabr wal ihsan bulan dimana di dalamnya kita berlatih untuk sabar, berlatih untuk berbuat ihsan dan inilah yang kemudian kita kaitkan engan keadaan kita hari ini. Kita ditimpa oleh suatu musibah yaitu segala sesuatu serba terbatas kita lakukan dengan adanya corona virus, mungkn kita terhalang untuk datang ke mesjid melaksanakan tarweh berjamaah, sholat secara berjamaah dan bahkan sholat idh berjamaah. Tapi ketika kita berbuat ihsan dalam artian bagaimana perbuatan kita ini kita lakukan secara sirriyah (sembunyi-sembunyi) lebih banyak dihadapan Allah SWT dan begitulah cara Allah menggiring kita dengan hikmat dari virus corona ini. Kita akan banyak melakukan ibadah-ibadah sirriyah.

Kemudian bulan ramadhan itu adalah Syahrurrahmah bulan dimana Allah SWT menyediakan ramhatnya untuk semua hamba-hamba-Nya.

Syahrul Gufran bulan dimana Allah SWT menyediakan ampunan bagi hamba-hambanya.

Syahruddu’ai wal Quran, dia adalah meruapakn bulan untuk kita banyak bermunajat, seluruh hajat kita baik yang sifatnya duniawiyah atau ukhrawiyah kita munajatkan kepada Allah SWT dan Allah berjanji untuk menerima do’a-do’a yang kita lantunkan pada bulan Ramadhan itu. Bahkan, Allah SWT menyediakan waktu mulai dari kita berpuasa menahan diri dipagi hari sampai menjelang kita berbuka puasa Allah senantiasa menanti do’a apa yang kita munajatkan, do’a apa yang kita panjatkan kepada-Nya. Allah SWT akan mengkabulkannya

Syahruttaubah Wa Syahrul Itqi Minanniiraan, dia adalah bulan taubat dan bulan pembebasan dari api neraka. Ada orang-orang yang ditetapkan oleh Allah SWT untuk masuk kedalam neraka, tapi setiap bulan Ramadhan itu datang maka Allah menyediakan pembebasan-pembebasan dan itu berlangsung (wafiidzaalika  kulli lailah) setiap malam Allah SWT membebaskan.

Maka dengan informasi ini semua ikhwatai iiman, ibaadallah bagaimana mungkin kita tidak bergembira dengan  kedatangan bulan Ramadhan. Qulubul Muttaqin “maka hati-hati  kta yang bertaqwa akan senantiasa terpanggil, bergembira dan tentu hati kita akan bersedih ketika Ramadhan itu berpisah dengan kita.

Semoga Allah SWT memberikan kepada kita Taufiqnya, bimbingannya dan terutama adalah kita bisa memasuki Bulan Suci Ramadhan ini walaupun dengan keadaan serba terbatas.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Usaha Menjajikan untuk Anak Milenial
  • Bulan Suci Ramadhan
  • Gerakan 3T dan Obat Sakit Maag Alami sebagai Upaya Mencegah Maag
  • Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Comment here