Olahraga

Catur Olahraga atau Bukan?

Apakah Anda mengenal yang namanya catur? Atau justru mahir sekali memainkannya? Mengenai olahraga catur memang pernah menjadi perdebatan karena pemain tak terlalu banyak bergerak. Sementara pada pihak pendukung catur berargumen bahwa permainan ini tetap memerlukan ketangguha fisik apalagi pada sesi-sesi permainan yang panjang, misalnya hingga berdurasi 6 jam. Demi bisa focus dalam permainan para atletnya juga harus menjaga kebugaran fisik. Tapi faktanya catur memang dapat dikategorikan sebagai sport. Mengapa demikia? Berikut alasannya!

Catur-Olahraga-atau-Bukan
Catur-Olahraga-atau-Bukan

Alasan olahraga catur dapat dikategorikan sebagai sport

Beberapa point berikut adalah alasannya mengapa catur dapat dikategorikan sebagai cabang sport.

Latihan otak

Aktivitas yang satu ini memang sering dikatakan sebagai latihan untuk otak dan terbukti mampu meningkatkan kemampuan otak. Dibandingkan anggota tubuh yang lain dalam permainan ini otaklah yang berperan paling besar dan ini membutuhkan energi yang cukup besar apalagi saat pemain sedang berkonsentrasi tinggi dan memusatkan pikiran.

Sport yang berkaitan dengan strategi

Dalam catur pemain dituntut untuk menerapkan strategi yang tepat untuk menjadi pemenang. Bukan hanya melancarkan serangan saja tapi juga mengamati aktivitas lawan serta menjaga pertahanan diri.

Yang lebih menguatkan lagi bahwa permainan ini dapat dianggap sport adalah hasil beberapa studi yang pernah dilakukan. Ingatlah bahwa berkeringat bukanlah indicator keberhasilan aktivitas olah fisik. Saat bermain catur dengan konsentrasi tinggi selama 60 menit tubuh bisa merasa sangat lelah walaupun otak yang mengeluarkan lebih banyak energi. Catur juga membawa dampak positif bagi mental pemain.

Hasil riset tentang catur menemukan fakta  bahwa bermain catur selama 60 menit mampu membakar hingga 90 kalori. Ini karena otak bekerja secara kompleks selama permainan. Bila diibaratkan dengan aktivitas fisik, olahraga  ini sama dengan mendayung sejauh 1 km dengan santai.

Mengenal sejarah catur

Setelah Anda yakin bahwa catur termasuk sport sekarang tak ada salahnya mengenal sejarah permainan ini. Catur ternyata sudah dimainan orang di India sejak abad ke-6 di masa raja-raja Gupta dan pada waktu itu masih disebut caturanga. Permainan ini kemudian menyebar ke Eropa selatan dan yang menetapkan standar aturan catur internasionnnal adalah negara Spanyol dan Italia. Di tanah air sendiri aktivitas ini disebut catur yang ternyata diambil dari bahasa Sansekerta dengan terjemahan empat sudut.

Olahraga catur dimainkan oleh 2 orang dengan masing-masing mempunyai 1 bagian yaitu bidak putih dan hitam. Tiap pemain mempunyai 16 bidak catur yang memiliki nama masing-masing, yaitu 8 pion, 2 menteri, 2 kuda, 2 benteng, dan 1 raja. Setiap bidak ini mempunyai pola pergerakan  yang spesifik.

Walaupun terlihat rumit tapi olahraga ini sesungguhnya mudah dipelajari. Seorang pemula perlu untuk mengenali tiap-tiap bidak tersebut sekaligus karakter dan pola langkahnya.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comment here