Bisnis

Daftar Bisnis Online Paling Besar di Tanah Air

Daftar-Bisnis-Online-Paling-Besar-di-Tanah-Air
Daftar-Bisnis-Online-Paling-Besar-di-Tanah-Air

Minat masyarat untuk merintis bisnis semakin besar saja terutama di kalangan anak muda. Sesuai dengan gaya hidup pada era teknologi dan internet sebagaimana saat ini, usaha yang banyak digeluti oleh kaum milenial ini adalah yang berkaitan dengan dunia maya atau online. Selama beberapa tahun terakhir ini semakin banyak start up atau perusahaan rintisan yang dimotori oleh pengusaha-pengusaha muda, seperti beberapa yang berkembang semakin besar berikut ini.

Daftar bisnis online yang terbesar di Indonesia

Inilah startup-startup yang mengandalkan aktivitas operasi sehari-seharinya secara online dan terbukti sanggup meraih  penghasilan hingga miliaran rupiah.

Tokopedia – Perusahaan ini didirikan oleh William Tanuwijaya yang dilahirkan di Pematang Siantar, Sumatra Utara tanggal 18 november 1981. Merantau ke Jakarta untuk melanjutkan studi S1-nya di BINUS, William harus membiayai sendiri kuliahnya dengan bekerja serabutan. Ide mendirikan Tokopedia muncul saat dirinya sempat menjadi karyawan di perusahaan pengembangan perangkat lunak computer. Dirinya terinspirasi oleh forum jual beli online Kafegaul dan berniat mendirikan startup yang berhubungan dengan aktivitas transaksi di dunia maya.

Bersama Leontinus Alpha Edison, William mempunyai misi untuk membuat platform transaksi online yang mempertemukan penjual serta pembeli secara gratis dari seluruh penjuru tanah air. Rintangan pertama yang harus dihadapi dua anak muda ini adalah mencari investor untuk membiayai pengembangan ide mereka hingga akhirnya Tokopedia berdiri secara resmi tahun 2009. Kerja keras keduanya tak sia-sia hingga Tokopedia menjadi market place paling dikenal dan menyabet penghargaan sebagai e-commerce terbaik versi Bubu Awards.

KasKus – Bisnis online kedua yang tergolong paling besar di tanah air adalah KasKus, didirikan oleh Andrew Darwis. Netizen yang terdaftar sebagai member pada komunitas online terpopuler ini hingga mencapai 3 juta orang. Pendiri startup ini sekarang menjabat sebagai Chief Technology Officer di PT Darta Media Indonesia, atau KasKus. Hal ini memang sinkron dengan latar belakang pendidikan Andrew yaitu di bidang web programming.

KasKus sejatinya berdiri dari tugas kampusnya untuk membuat program hingga akhirnya muncullah ide mendirikan komunitas online tersebut. Berawal dengan modal 3 Dollar untuk membangun program tersebut, hingga kini KasKus mampu meraup miliaran rupiah per bulan, sementara Andrew sendiri berhasil mengantongi lebih dari ½ miliar per bulan.

Bukalapak (BL) – Achmad Zaky yang mendirikan startup ini adalah alumni ITB jurusan Teknik Informatika. Sempat mengalami kesulitan untuk merekrut seller dalam platform jual beli yang dibangunnya karena takut ditipu, Zaky dengan gencar melakukan edukasi untuk meyakinkan para pemilik bisnis online ini. Setelah 3 tahun Bukalapak baru mengalami kemajuan berarti dengan anggota lebih dari 150 ribu seller dan produk yang beragam mulai dari makanan, fashion, elektronik, gadget, dan sebagainya. Visi perusahaan ini adalah dapat mendirikan komunitas pasar di Indonesia yang paling kuat secara online.

Traveloka – Siapa sangka pendiri Traveloka, Ferry Unardi sudah berada dalam kondisi yang mapan sebelum mendirikan Traveloka. Bayangkan saja, dirinya saat itu telah bekerja di perusahaan Microsoft, Seattle, Amerika Serikat sebagai software engineer. Bisnis online dalam bidang reservasi pesawat, Traveloka, mulai dirintisnya seusai menyelesaikan pendidikan jenjang master di Harvard University. Hal ini bermula dari kesulitan yang dihadapinya saat membooking pesawat dari Amerika ke Padang.

Inilah yang memberinya ide untuk membangun startup reservasi pesawat dengan cara yang praktis, modern, dan fleksibel. Bermula dari startup kecil yang harus mati-matian menjalin kemitraan dengan banyak maskapai, Traveloka saat ini  sukses menjadi perusahaan dengan lebih dari 100 karyawan  serta laman situs yang diakses sebanyak puluhan juta kali.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula
  • Mengenal-Metode-Hipnoterapi-Untuk-Menanamkan-Motivation

Comments (1)

  1. […] disangka, bisnis  demikian ini juga ada di tanah air, tepatnya di kota Yogyakarta, dimana Irfan, pendiri layanan […]

Comment here