Kuliner

Fakta Mengenaskan Dibalik Kuliner Unik Foie Gras

Fakta-Mengenaskan-Dibalik-Kuliner-Unik-Foie-Gras
Fakta-Mengenaskan-Dibalik-Kuliner-Unik-Foie-Gras

Di restoran-restoran mahal dan eksklusif di Prancis, pelanggan dapat dengan mudah menemukan menu hati angsa yang disebut Foie Gras. Untuk menyantap kuliner unik  yang konon bercitarasa lezat ini pelanggan tentu harus merogoh kocek yang cukup dalam. Alasannya karena rumitnya proses yang harus dilalui mulai dari memelihara angsa untuk  mendapatkan hati yang penuh lemak hingga pengolahannya. Sayangnya ada kontroversi di balik hidangan yang bergengsi tersebut sebagaimana yang diulas berikut ini.

Mengenal kuliner unik Foie Gras

Foie Gras adalah hidangan tradisional negara Prancis yang dibuat dari bahan baku hati angsa yang dikenal bertekstur lembut tapi kenyal. Dagingnya terlihat cantik dengan perpaduan warna krem adan pink. Alasannya karena yang digunakan bukanlah hati angsa yang dipelihara sebagaimana umumnya melainkan digemukkan dengan metode tertentu sehingga hatinya membengkak hingga beberapa kali lipat lebih besar karena tertutup lemak. Lemak yang menyelimuti daging inilah yang membuat hidangan ini bercitarasa gurih.

Sayangnya untuk menciptakan bahan baku kuliner unik  ini angsa-angsa harus mengalami penderitaan yang menyakitkan karena mereka dipaksa untuk terus-menerus makan agar semakin gemuk. Bila tak ingin makan, peternak bahkan memasang pipa logam pada mulut angsa yang tersambung sampai perutnya. Pipa ini memudahkan untuk mencekokkan makanan sebanyak mungkin. Selain itu untuk mencegah angsa memboroskan energi agar seluruh makanan yang diberikan berubah menjadi lemak, hewan-hewan malang ini dikurung pada kandang yang sempit hingga mereka tak dapat bergerak.

Demi kuliner unik nan mahal ini sepanjang proses penggemukan angsa hidup menderita karena kakinya membengkak akibat terlalu lama berdiri serta tak bisa tidur karena terus dipaksa untuk menelan makanan. Angsa-angsa yang menderita ini pun mengalami stress dan kesakitan yang berkepanjangan sampai tiba waktunya disembelih untuk diambil hatinya.

Angsa-angsa yang tidak dapat bertahan karena terus dipaksa makan juga bisa mati, namun yang dapat bertahan sering mengalami kerusakan tulang di bagian sayap, kerusakan jaringan, hingga otot-otot tenggorokan. Selain itu umum ditemukan benjolan di bagian tenggorokan angsa akibat pemasangan pipa logam.

Bila hati angsa biasa beratnya hanya sekitar 100 hingga 200 gram, hati angsa yang dipelihara untuk dijadikan kuliner unik foie grass bisa mencapai 800 hingga 900 gram. Harganya pun menjadi sangat mahal, yaitu mencapai 2.5 juta rupiah per kilogramnya. Seporsi foie grass sendiri dihargai sekitar 500 ribu hingga 700 ribu rupiah. Bahan baku hati angsa yang dipenuhi lemak konon citarasanya akan semakin nikmat dan foie grass umum disajikan dengan biji-bijian tertentu.

Kontroversi kuliner unik foie gras

Proses pemeliharaan yang mengerikan karena dianggap menyiksa unggas tersebut memicu kontroversi atas hidangan ini. Semakin gencarnya gelombang protes dari para aktivitas pecinta hewan membuat beberapa negara di Eropa melarang peredarannya, mulai dari Jerman, Italia, Finlandia, Denmark, Republik Ceko, Inggris, Turki, Polandia, Norwegia, dan disusul negara-negara lainnya, seperti Australia, Argentina,  Brazil, serta Israel. Beberapa negara bagian di Amerika Serikat, termasuk California dan Chicago juga melarang disajikannya menu ini pada seluruh restoran di kawasan tersebut.

Untuk mengurangi kekejaman pada peternakan angsa tersebut, semakin banyak peternak yang tak lagi memelihara angsa, melainkan menggantinya dengan angsa hibrida (moulards), itik serati, atau Muscovy yang memang berukuran besar untuk keperluan bahan baku foie gras. Kuliner unik hati angsa berlemak ini selain disajikan tanpa pendamping apa pun tapi bisa juga ditambahkan roti baguette yang sudah dipotong-potong dengan daging foie gras diletakkan di atasnya.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Daftar-Bisnis-Yang-Viral-Saat-Ini
  • Menanamkan-Motivation-Untuk-Meraih-Kesuksesan
  • Pegal-dan-Nyeri-Setelah-Fitness,-Wajar-Atau-Tidak
  • Bolehkan-Olahraga-Saat-Sakit

Comments (1)

  1. […] Fakta Mengenaskan Dibalik Kuliner Unik Foie Gras July 2, 2019 […]

Comment here