Marketing

Fenomena Brandon Truaxe Dalam Strategi Marketing Bisnis

Fenomena-Brandon-Truaxe-Dalam-Strategi-Marketing-Bisnis
Fenomena-Brandon-Truaxe-Dalam-Strategi-Marketing-Bisnis

Marketing  membantu bisnis Anda populer. Ada banyak strategi pemasanan serta branding yang dapat Anda lakukan dan salah satunya adalah dengan menciptakan kontroversi. Walaupun beresiko tapi faktanya “merancang” suatu peristiwa yang sensasional cukup ampuh untuk membuat publik mengenal produk yang ditawarkan, sebagaimana Brandon Truaxe yang duduk sebagai CEO pada perusahaan kecantikan Deciem. Perusahaan swasta ini 72% adalah milik Truaxe, sementara 28% merupakan hak Estée Lauder, perusahaan legendary dalam industry kecantikan.

Kegilaan Truaxe strategi marketing atau gangguan jiwa?

Sang CEO sangat gemar membuat kehebohan pada akun Instagram resmi Deciem, seperti contohnya, pada tanggal 9 oktober 2018, dia mengunggah akan memberhentikan seluruh operasional perusahaan tanpa alasan. Ia juga menambahkan bahwa semua staf yang terlibat dalam perusahaan ini adalah para criminal yang melakukan kejahatan keuangan. Pria ini juga meracau bahwa banyak pihak membuatnya terpojok dan ia merasa telah difitnah sebagai pengedar narkoba hingga actor porno selama 13 tahun.

Banyak selebritis dan perusahaan besar yang ditandai dalam unggahan tersebut, mulai dari investor Estée Lauder, Steven Spielberg, Brad Pitt, hingga Presiden Trump. Perusahaan Zara, H&M, Hotel Hyatt, serta J.W Mariott pun turut ditandai dalam dugaan strategi  “marketing”-nya yang nyeleneh tersebut. akun Deciem mulai controversial sejak  Truaxe mengambil alih pengelolaan media social tersebut dengan alasan berniat membangun relasi yang lebih personal dengan para konsumen produknya.

Tapi sejak januari 2018, alih-alih memanfaatkan akun tersebut untuk hal-hal yang berhubungan dengan branding dan marketing, ia justru lebih banyak mencurahkan perasahaan serta masalah pribadinya.

Perusahaan yang dirintis di Toronto, Kanada sejak tahun 2013 ini memproduksi aneka produk kecantikan untuk kulit dan rambut. Bisnis tersebut tumbuh semakin besar hingga Deciem berhasil membuka cabangnya di beberapa kota di Kanada, Amerika  Serikat, Inggris, bahkan hingga merambah ke Korea Selatan serta Australia. Deciem dengan tagline-nya “perusahaan kecantikan yang tidak normal” mempunyai produk unggulan The Ordinary.

Selain banyak menciptakan drama pada akun Instagram resmi perusahaannya, Truaxe juga menyerang perusahaan kompetitornya, Drunken Elephant dengan mengatakan secara terbuka bahwa produk yang dikeluarkan perusahaan itu hanya cocok untuk konsumen yang mabuk. Selang beberapa waktu Truaxe meminta maaf kepada perusahaan tersebut. Namun kontroversi lain menyusul, antara lain menyatakan berhenti menjadi CEO, hingga melampiaskan kemarahannya dengan mengatakan ia akan membalas semua orang yang menghinanya.

Pendapat ahli tentang model marketing Delciem

Bila mengingat tagline perusahaan kecantikan tersebut memang bukan mustahil bila kegilaan yang dilakukan sang CEO adalah murni strategi pemasaran. Seorang pengamat dari Rotman School of Management University of Toronto berpendapat bahwa perusahaan memang merancang scenario nyeleneh tersebut demi pemasaran, atau bisa juga Truaxe memang benar-benar terganggu jiwanya. Dia menambahkan bahwa poin yang paling sulit dalam branding dan pemasaran adalah mendapatkan perhatian masyarakat dan paling tidak Brandon Truaxe sudah melampaui tahap tersebut.

Sayangnya para investor tidak menganggap apa yang dilakukan oleh Truaxe ini suatu keberhasilan, salah satunya Estée Lauder yang langsung melayangkan gugatannya kepada Truaxe ke pengadilan dan menuntut agar CEO itu pensiun. Tuntutan tersebut dikabulkan dan kursi CEO langsung dialihkan kepada Nicola Kilner. Hakim Michael Penny menyatakan bahwa perilaku yang ditampakkan Truaxe selama beberapa waktu terakhir ini bukanlah hal yang wajar dan menduga yang bersangkutan menderita gangguan kejiwaan. Meskipun begitu ada pula yang membela Truaxe karena dirinya benar-benar mencerminkan tagline Deciem sebagai perusahaan yang tidak normal.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula
  • Mengenal-Metode-Hipnoterapi-Untuk-Menanamkan-Motivation

Comments (2)

  1. […] pada promosi produk yang dapat dilakukan pada akun social media atau blog pribadi Anda. Nah, bisnis menjanjikan, bukan? Cara kerjanya sangat […]

  2. […] menyediakan harga murah dan mempublikasikan hal ini sebagai trik marketing  produk, pengusaha harus mempunyai control penuh pada produksi demi mengendalikan biaya. Contohnya […]

Comment here