Fitness

Fitness Bukan Hanya Untuk Membentuk Otot

Apa yang terlintas pada benak Anda bila mendengar kata  fitness? Bagi banyak orang aktivitas olahraga ini identik dengan olahraga yang khusus untuk membentuk otot, six pack pada perut, dan membuat tubuh semakin kekar sebagaimana para body builders. Bagi mereka yang tak ingin tubuhnya kekar ala Deddy Corbuzier tentu akan enggan berolahraga di pusat-pusat kebugaran. Padahal aktivitas ini sejatinya mempunyai arti yang lebih luas dan tak melulu berhubungan dengan membentuk otot saja.

Fitness-Bukan-Hanya-Untuk-Membentuk-Otot
Fitness-Bukan-Hanya-Untuk-Membentuk-Otot

Besarnya fitness, fitness untuk kesehatan

Fitness sendiri makna sederhananya adalah kebugaran sehingga aktivitas ini secara luas dilakukan untuk mendapatkan kebugaran tubuh, alih-alih sekedar tubuh berotot sebagaimana yang sering dikira orang. Dengan begitu Anda tak perlu ragu mencoba olahraga di gym ini karena dari riset yang pernah dilakukan manfaatnya begitu besar bagi kesehatan. Simak informasinya!

Membakar lemak

Dengan menjadi member pada suatu pusat kebugaran Anda tak hanya belajar teknik-teknik olah tubuh untuk membentuk badan ideal tapi juga memperoleh manfaat kebugarannya. Selain itu pada beberapa pusat kebugaran para anggota juga diajarkan untuk menerapkan pola makan yang lebih sehat. Tak heran bila aktivitas ini kerap direkomendasikan bagi mereka yang menderita obesitas atau berat badan berlebihan dengan berbagai alasan. Dengan melakukan sesi latihan yang menerapkan metode-metode yang tepat lemak pada tubuh akan berkurang secara aman dan efektif.

Memperkuat jantung

Ngegym tak hanya bermanfaat untuk membakar lemak, tapi juga menyehatkan jantung Anda, sementara mendapat tubuh yang indah adalah bonusnya. Alasannya, olahraga ini mempraktekkan banyak metode kardiovaskular. Dengan begitu jantung akan memompa darah ke seluruh tubuh dengan lebih baik dan sel juga jaringan yang terdapat di sekitar organ ini akan terlatih sehingga lebih kuat. Resiko mengalami gangguan dan serangan jantung akan lebih minim dengan latihan berkala tersebut.

Menghilangkan stress

Selain mempunyai manfaat fitness untuk kesehatan fisik, ngegym juga memberi kontribusi bagi kesehatan psikis. Dari riset yang pernah dilakukan oleh para professional, diketahui bahwa lebih dari 30% orang yang memilih ngegym beralasan untuk mengurangi stress mereka. Gerakan-gerakan dalam aktivitas di gym yang bersemangat faktanya mampu membuat orang menjadi lebih bersemangat dan bahagia. Sementara alasan ilmiah untuk hal ini adalah peningkatan hormone endorphin saat olahraga dapat memicu perasaan bahagia dan santai. Sebenarnya tidak hanya pada ngegym saja tapi aktivitas olahraga secara umum.

Detoksifikasi

Mengapa orang terlihat lebih bugar dan sehat setelah melakukan fitness secara teratur? Jawabannya adalah dapat menunjang proses detoksifikasi dengan lebih optimal. Saat sedang ngegym kita akan mengeluarkan banyak keringat, dan racun-racun dalam tubuh akan turut digelontor keluar. Untuk menghindari dehidrasi minumlah air putih dalam jumlah yang disarankan.

Sebelum memulai sesi latihan Anda, para pemula sebaiknya berkonsultasi dulu dengan ahli kesehatan. Berikutnya mulai lebih banyak beraktivitas fisik untuk memudahkan tubuh beradaptasi dari kondisi semula yang jarang atau tak pernah olahraga sama sekali. Cara melakukannya sangat mudah, yaitu:

  • Menghindari escalator atau lift dan memilih tangga.
  • Pilih jalan kaki atau bersepeda bila ingin pergi ke suatu tempat dengan jarak dekat.
  • Sesudah makan siang di kantor Anda bisa memanfaatkan beberapa menit waktu makan siang di kantor dengan berjalan-jalan santai.
  • Di akhir pekan cobalah  untuk jalan cepat atau berlari kecil mengelilingi taman kompleks.

Siap mencoba sesi fitness untuk kesehatan Anda.

 

 

 

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comment here