Fitness

Fitness Untuk Para Manula

Pada saat telah memasuki usia lanjut kondisi fisik seseorang umumnya akan menurun termasuk jantung dan paru-paru dan ini semakin diperparah bila yang bersangkutan jarang berolahraga. Para lansia berusia 70 tahunan biasanya lebih suka bersantai memanjakan diri dengan menonton televisi atau membaca serta kurang bergerak. Bila dibiarkan kesehatan tubuh bisa terancam apalagi bila dalam keseharian menerapkan pola makan yang kurang sehat. Untuk mengatasinya Anda bisa mencoba fitness tapi tentu saja disesuaikan dengan usia serta keadaan fisik.

Fitness-Untuk-Para-Manula
Fitness-Untuk-Para-Manula

Kelas fitness bagi lansia

Faktanya usia memang bukanlah penghalang untuk mengikuti kelas-kelas di gym, termasuk bagi para lansia. Pada usia senja olahraga justru akan membantu Anda menjalani kehidupan dengan lebih berkualitas. Rajin beraktivitas fisik, misalnya ngegym dapat membantu mengatasi masalah keropos tulang, mencegah serangan stroke dan jantung, mengontrol kadar kolesterol, serta tekanan darah. Kondisi tubuh yang semakin lemah karena usia juga dapat dikuatkan lagi dengan latihan otot sehingga aktivitas sehari-hari  dapat dilakukan lebih nyaman karena tubuh Anda lebih kokoh dan fleksibel.

Bagi nenek atau kakek yang sudah bertahun-tahun tidak lagi melakukan aktivitas fisik, memulai kembali berolahraga memang cukup sulit. Tapi jangan menyerah karena kelas-kelas fitness di pusat kebugaran  akan membantu Anda. Umumnya instruktur akan meminta Anda mengembalikan fleksibilitas tubuh, keseimbangan, kekuatan, serta daya tahan secara perlahan-lahan. Strategi lain yang dapat Anda coba sebelum mendaftar di gym adalah berjalan kaki selama 10 hingga 15 menit setiap hari selama sepekan.

Setelah merasa tubuh Anda menjadi lebih kuat dan bugar artinya Anda siap untuk olahraga yang lebih menantang, misalnya angkat beban atau aerobic. Akan lebih baik bila berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk mengetahui apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh tubuh lansia dan program latihan yang paling cocok bagi Anda.

Kelas-kelas fitnes yang direkomendasikan bagi lansia

Para lansia dapat melakukan olahraga yang meningkatkan denyut jantung. Beberapa latihan yang dapat Anda coba adalah bersepeda statis,  berjalan kaki dengan treadmill, atau berenang. Bila dilakukan secara konsisten hanya dalam waktu 1½ bulan Anda akan merasa lebih bugar dan sehat. Bila ingin olahraga yang lebih seru pilihlah kelas-kelas dansa bersama pasangan.

Mereka yang telah berusia 65 tahun ke atas juga bisa mencoba angkat beban ringan, misalnya dengan dumbbell seberat ½ sampai 1 kg. Gerakan-gerakan yang disarankan adalah chest press, tricep extencion, dan bicep curl. Selain itu Anda juga bisa melakukan squat, lunge, atau push up di dinding dengan menahan berat tubuh Anda sendiri.

Agar pola latihan fitness Anda tepat sebaiknya memilih pusat-pusat kebugaran yang menyediakan instruktur-instruktur atau personal trainer yang professional dan ahli.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula
  • Mengenal-Metode-Hipnoterapi-Untuk-Menanamkan-Motivation

Comment here