Berita

Gubernur Sumatera Barat Perkenalkan 4 Metode Sekolah di Masa Pandemi Covid-19

Sekolah-sekolah yang terdapat di 4 kota dan kabupaten wilayah Sumatera Barat telah buka dan menjalankan sistem tatap muka dalam pembelajarannya sejak kemarin Senin, 13 Juli 2020. Irwan Prayitno yang merupakan gubernur Sumatera Barat telah memberikan metode sekolah di masa pandemi Covid-19 dan beliau menjelaskan bahwa 4 wilayah di Sumatera Barat yang telah membuka sekolahnya itu dikategorikan dalam zona hijau Covid-19.

metode sekolah di masa pandemi
metode sekolah di masa pandemi

Metode Sekolah di Masa Pandemi Covid-19 Diperkenalkan Oleh Gubernur Sumbar Untuk Wilayah Zona Hijau

Empat wilayah Sumatera Barat yang dimaksud itu adalah Pasaman Barat, Kabupaten Pesisir Selatan, Sawahlunto da Kota Pariaman. Beliau mengatakan jika sebenarnya terdapat 6 wilayah yang dianggap sebagai zona hijau. Dua daerah lainnya adalah Kabupaten Lima Puluh Kota dan juga Kota Payakumbuh. Akan tetapi, kedua daerah yang saling bersebelahan ini masih menunda pembukaan sekolah untuk tempat pendidikan seperti biasa. Humas Pemprov Sumatera Barat merilis berita bahwa mereka tetap memberikan kesempatan untuk wali kota dan bupati dalam menentukan kebijakan.

Tahun ajaran baru resmi dibuka dan digelar secara virtual langsung dari ruangan kerja milik Gubernur hari Senin kemarin dan Irwan juga menjelaskan bahwa metode sekolah di masa pandemi akan terbagi menjadi empat bagian yaitu proses tatap muka, kemudian proses tatap maya, kemudian campuran atau gabungan tatap muka dan tatap maya serta yang terakhir adalah sistem PJJ atau pembelajaran jarak jauh luar jaring atau luring. Menurut beliau, mereka yang tinggal di wilayah zona hijau boleh melakukan sistem pembelajaran tatap muka.

Mereka boleh langsung bertatapan muka dengan menggunakan skenario pembelajaran di era new normal dan boleh juga memberlakukan gabungan tatap muka dan maya sekaligus. Sementara itu, metode tatap maya tetap akan diberlakukan untuk wilayah yang masih berada dalam zona kuning dan juga zona oranye. Kemudian untuk wilayah yang tidak ada sinyal atau koneksi internet sama sekali bahkan mereka yang tidak punya ponsel bisa menggunakan sistem PJJ luring untuk proses belajar mengajar.

PJJ Luring ini adalah metode dimana siswa datang mengambil tugas di sekolah namun mereka kerjakan di rumah dan setelah selesai, mereka antarkan kembali ke sekolah. Gubernur melanjutkan bahwa kesehatan tetap menjadi prioritas di masa pandemi Covid-19 dalam menjalankan pendidikan demi kesehatan dan juga keselamatan para siswa, guru termasuk dengan keluarga dan juga seluruh masyarakat. Beliau berharap jika keempat metode ini dapat dijalankan tanpa harus meninggalkan pendidikan dan bisa memenuhi target KD atau Kompetensi Dasar termasuk KKM atau Kriteria Ketuntasan Minimal meskipun tidak bertatap muka langsung.

Gubernur menambahkan bahwa sistem online atau daring masih akan tetap berlaku di tahun ajaran baru ini karena cukup banyak daerah di Sumatera Barat yang masih berzona kuning dan oranye. Sistem ini akan menuntut para guru dan siswanya untuk tidak gagap teknologi. Tujuannya adalah membuat seluruh murid dan guru untuk akrab dengan IT dan murid pun juga perlu mengubah sikap mereka dari yang sebelumnya mendengarkan guru langsung di kelas menjadi mendengarkan secara online. Inilah tatanan new normal termasuk metode sekolah di masa pandemi yang akan berlaku sampai virus ini mereda.

 

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Gerakan 3T dan Obat Sakit Maag Alami sebagai Upaya Mencegah Maag
  • Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit
  • Obat Sakit Maag Terbaik dan Mengapa Maag Tak Boleh Diremehkan
  • Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan dan Aktifitas Sehari-hari

Comment here