Berita

Hati-Hati! Aplikasi iPhone Ini Bisa Saja Membocorkan Data Lokasi Anda

aplikasi-iPhone
aplikasi-iPhone

Sekelompok peneliti baru-baru ini menemukan sebuah fakta mengejutkan, sekaligus meresahkan, tentang apa yang dilakukan aplikasi iPhone anda. Seperti dirilis Techcrunch beberapa hari lalu, puluhan aplikasi ternyata mengirimkan data lokasi pengguna ke sejumlah perusahaan monetisasi secara diam-diam. Data jutaan pengguna ponsel pun sampai ke tangan perusahaan monetisasi pihak ketiga melalui aplikasi tersebut.

Mungkin anda bertanya, “Bagaimana cara kerjanya?” Aplikasi iPhone tersebut baru bisa digunakan jika data lokasi pengguna sudah bisa diakses. Di antaranya adalah aplikasi cuaca, aplikasi lalu-lintas, atau aplikasi fitness.  Seperti ditulis Zack Whittaker pada artikel tersebut, terkadang aplikasi tersebut mengirimkan lokasi dengan cukup akurat.

Mengapa Aplikasi iPhone Mengirimkan Data Lokasi Anda?

Berdasarkan laporan para peneliti di GuardianApp Project, mereka menemukan 24 aplikasi iPhone yang mengumpulkan data lokasi, mulai dari lokasi Bluetooth hingga nama jaringan Wi-Fi. Data ini bisa digunakan untuk mengetahui di mana seseorang dan tempat-tempat yang mereka kunjungi. Selain itu, perusahaan monetisasi juga mengumpulkan data dari accelerometer, nama jaringan selulerm hingga status bateri ponsel.

Nah, sebagai imbalannya, perusahaan monetisasi ini membayar para pengembang aplikasi untuk mengumpulkan data dan mengembangkan database-nya. Bahkan, mereka bisa menayangkan iklan yang relevan berdasarkan riwayat lokasi keberadaan anda.

Sejumlah perusahaan monetisasi menyangkal kalau mereka mengumpulkan data personal. Namun, titik koordinat yang dihasilkan melalui aplikasi-aplikasi iPhone tersebut tentunya bisa mengarah ke lokasi seseorang, rumah, atau tempat kerja, bukan?

Aplikasi iPhone Yang Mengirimkan Data Lokasi Anda

Penasaran ingin tahu aplikasi iPhone apa saja yang mungkin membocorkan lokasi anda? Ini dia beberapa di antaranya, menurut laporan para peneliti di website Techcrunch:

ASKfm

Aplikasi ini memiliki 1.400 rating di Apple App Store dan puluhan juta pengguna. ASKfm merupakan aplikasi Tanya-Jawab untuk remaja (di mana identitas pengguna dirahasiakan).  Namun, sebelum digunakan, aplikasi ini meminta akses lokasi pengguna dan tidak akan diberitahu kepada siapapun. Namun ternyata, aplikasi ini justru mengirimkan data lokasi pengguna ke dua perusahaan, yakni Huq dan AreaMetrics.

Homes.Com

Aplikasi ini juga meminta anda mengaktifkan fitur lokasi agar anda bisa “menemukan rumah terdekat.” Namun ternyata, data lokasi pengguna berupa titik koordinat juga dikirimkan ke AreaMetrics. Namun, pihak pengembang aplikasi mengatakan bahwa mereka menggunakan AreaMetrics tahun lalu dan kode yang digunakan tidak aktif lagi.

Perfect365

Aplikasi kecantikan ini digunakan lebih dari 100 juta orang. Sama seperti yang lain, Perfect365 juga meminta informasi lokasi agar anda bisa menyesuaikan pengalaman menggunakan aplikasi menurut lokasi. Memang, di Privacy Policy disebutkan bahwa data lokasi pengguna akan digunakan untuk iklan. Aplikasi ini sempat ditarik sebentar di awal tahun ini setelah pemberitaan di BuzzFeed News. Namun, tidak lama kemudian, sudah kembali ke App Store.

Selain 3 aplikasi iPhone di atas, sejumlah aplikasi lain masuk dalam daftar. Di antaranya adalah NOAA Weather Radar, Sense360, Cuebiq, dan sebagainya. Jadi, sebagai pengguna gadget, anda harus hati-hati menggunakan aplikasi yang meminta akses lokasi anda.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comment here