Bisnis

Ide Bisnis Berjualan Pulsa Dengan Modal Ponsel

Berbeda dengan dahulu, saat ini kesempatan untuk memulai bisnis terbuka semakin luas. Jadi sebaiknya ubah pola pikir bila Anda mengira orang memerlukan modal yang besar untuk dapat berbisnis dan menghasilkan keuntungan. Ingatlah bahwa tak sedikit pengusaha dengan bisnis yang menggurita memulai usahanya dari nol hanya bermodalkan tenaga dan otak.

Ide Bisnis Berjualan Pulsa Dengan Modal Ponsel
Ide Bisnis Berjualan Pulsa Dengan Modal Ponsel

Salah satu ide bisnis modal kecil yang dapat Anda pertimbangkan adalah berjualan pulsa. Hanya dibutuhkan beberapa ratus rupiah serta ponsel untuk memulai usaha ini. Bila target awal Anda adalah orang-orang di sekitar, misalnya tetangga, teman kantor, atau sanak saudara, Anda bahkan tak perlu menyewa tempat untuk membuka kios atau toko.

Siapa pun dapat memulai bisnis ini, mulai dari mahasiswa, pelajar, ibu rumah tangga, karyawan, dan sebagainya bila Anda ingin meraup penghasilan tambahan. Penasaran bagaimana cara kerjanya? Berikut ulasannya.

Cara berjualan pulsa hanya dengan ponsel

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan smartphone sekaligus simcard alias kartu sim. Bisnis ini bahkan dapat dimulai dengan ponsel lawas, tanpa perlu membeli ponsel pintar yang mahal. Anda juga harus mempersiapkan dana untuk melakukan deposit awal pembelian pulsa. Tentukan sendiri besaran modal sesuai ketersediaan dana. Beberapa distributor bahkan menyediakan layanan paket reseller pulsa dengan modal 100 ribuan saja.

Setelah itu Anda tinggal mendaftar pada distributor di sekitar domisili Anda. Cermatlah dalam memilih mitra distributor, pastikan bahwa mitra yang bersangkutan merupakan agen resmi yang terpercaya serta professional. Setelah mendaftar Anda akan mendapatkan deposit pulsa senilai modal yang diserahkan dan Anda bisa langsung memulai menjual pulsa tersebut

Perhatikan cara kerja distributor atau agen pulsa incaran Anda, sebaiknya pilihlah mitra yang mempunyai fasilitas lengkap pada bisnisnya serta mampu mengupayakan transaksi lancar. Ini untuk menghindari keluhan dari pelanggan jika pulsa yang dibelinya lama sampai. Jangan menjadikan harga pulsa grosir sebagai satu-satunya prioritas, tetapi perhatikan pula layanan yang disediakan

Tak sedikit agen pulsa yang menyediakan pulsa grosiran berharga murah namun dengan layanan yang memuaskan. Ini karena persaingan pada tingkat agen pun cukup ketat sehingga mereka pun berlomba-lomba untuk berburu reseller. Lagi pula selisih harga antara agen pulsa yang satu dengan lainnya cukup minim, yaitu berkisar 25 rupiah hingga 50 rupiah saja.

Selain menyediakan pulsa sebaiknya pilihlah mitra distributor yang juga menyediakan layanan token listrik seingga Anda akan lebih mudah bila ingin mengembangkan bisnis ke bidang yang lain. Beberapa agen pulsa bahkan menyediakan fitur layanan web report sehingga Anda lebih mudah memonitor riwayat transaksi. Ini akan memudahkan Anda mengatur membuat catatan keuangan dan perencanaan bisnis.

Tips sukses berjualan pulsa online

Agar bisnis kecil Anda segera menunjukkan hasil yang signifikan berikut ini panduan yang dapat Anda ikuti.

  1. Ambil keuntungan kecil saja – Untuk memenangkan persaingan dengan penjual pulsa lainnya, jangan mengambil keuntungan yang terlalu tinggi. Perlu disadari bahwa berjualan pulsa adalah bisnis yang karakternya perputaran modalnya luar biasa cepat. Bila membandrol harga terlalu tinggi usaha Anda akan sepi pembeli karena kalah bersaing dengan bisnis lainnya yang mematok harga murah.

Anda bisa saja menetapkan harga tinggi bila memang berdomisili di daerah terpencil dan sangat sedikit jumlah penjual pulsa. Rajin-rajinlah survey pasar untuk mendapatkan informasi kisaran harga pulsa di pasaran, terutama di daerah Anda. Dengan begitu pelanggan akan loyal dan tak mudah berpindah ke pengusaha lainnya.

  1. Hindari kebiasaan memberi bon – Karena harganya murah, pelanggan, apalagi yang akrab dengan Anda cenderung menunda pembayaran alias bon. Bila Anda termasuk tipe orang yang sering merasa sungkan dan tidak enak, hal ini bisa menjadi masalah. Jangan meremehkan kebiasaan memberi hutang karena inilah umumnya penyebab bisnis Anda jalan di tempat atau malah gulung tikar.

Alasannya adalah Anda menjadi kesulitan memutar modal. Bila deposit pada ponsel sudah habis dan sebagian modal belum terkumpul, tentu Anda akan sulit mengisi deposit secara maksimal atau malah lebih besar. Akan lebih buruk lagi bila hutang yang sedikit tersebut terus menumpuk menjadi besar dan Anda menjadi korban hit and run alias pelanggan menghilang serta sulit dihubungi.

  1. Layanan terbaik – Bisnis berjualan pulsa dapat dibilang sangat gampang dilakukan sehingga competitor Anda juga lumayan banyak. Selain menetapkan harga yang terjangkau pastikan layanan yang Anda sediakan adalah yang terbaik, termasuk ramah dan senyum. Mungkin kedengarannya sepele tetapi tidak orang yang tak ingin dihargai dan inilah nilai yang akan membuat customer Anda semakin setia.

Selain itu respon yang cepat adalah syarat utama apalagi bila kebutuhan pulsa yang ingin dibeli itu mendesak. Mudahkanlah pembeli untuk mendapat layanan agar yang bersangkutan merasa nyaman bertransaksi dengan Anda.

  1. Promosi – Untuk mendapatkan pelanggan bagi Anda yang baru merintis bisnis adalah dengan memberitahukannya kepada target-target market bahwa Anda sekarang berjualan pulsa. Manfaatkanlah grup-grup WA milik Anda, misalnya grup keluarga, alumni sekolah, kompleks perumahan, kantor, dan sebagainya. Dengan begitu mereka yang membutuhkan pulsa dapat segera menghubungi Anda.

Peluang usaha berjualan pulsa

Dapat dibilang hampir semua orang memiliki ponsel saat ini, bahkan tak sedikit yang memiliki lebih dari sebuah. Sebagian besar masih menggunakan simcard pra bayar sehingga peluang bisnis pengisian pulsa pra bayar masih begitu luas. Ini bahkan setelah dikurangi oleh mereka yang menggunakan layanan pembelian pulsa secara online.

Kebutuhan pulsa juga semakin meningkat karena semakin banyak orang yang menggunakan smartphone dengan sambungan internet. Setelah pelanggan semakin banyak Anda juga dapat menyediakan produk simcard berbagai operator. Nomor-nomor simcard cantik dan gampang diingat umumnya juga dibandrol lebih mahal karena sering digunakan untuk nomor bisnis, seperti online shop.

Setelah memiliki cukup banyak pelanggan, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengembangkan bisnis lebih luas, yaitu dengan menjadi agen pulsa. Apalagi bila Anda berdomisili di daerah yang belum ada distributor pulsa. Dengan begitu Anda tak perlu pusing dengan persaingan antar pengusaha sebagaimana di kawasan perkotaan.

Selain menyediakan layanan pulsa berbagai provider, lakukan diversifikasi bisnis dengan menambah layanan dengan berjualan pulsa listrik. Setelah layanan listrik pra bayar dirilis, tampaknya semakin banyak masyarakat yang memilih system tersebut karena dirasa lebih nyaman karena orang tak perlu mengantri untuk membayar listrik bulanan. Diluncurkannya system token listrik tersebut diharapkan membuat masyarakat semakin mandiri dan sadar akan keperluan listriknya sendiri.

Walaupun komisinya tak terlalu besar tetapi Anda tetap mendapat keuntungan lumayan bila konsumen yang datang cukup banyak untuk membeli token listrik. Sama seperti menjadi mitra operator pulsa, Anda juga harus mendaftar untuk menjadi mitra operator listrik.

Nah, semoga informasi ini bisa menjadi referensi bisnis yang bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Masak Ikan Vegan Lapis Nori Sambel Mangga
  • cara menguruskan badan dengan cepat
  • Diet yang Sehat pada Penderita PCOS
  • sholat idul adha

Comment here