Bisnis

Ide Bisnis Online Shop dengan Modal Ponsel Android

Perkembangan teknologi yang semakin pesat terutama dalam bidang computer dan internet memudahkan kita untuk melakukan apa pun di dunia maya, termasuk berbisnis. Siapa sangka ponsel Android di tangan ternyata dapat menjadi sumber penghasilan kedua bila gaji sebagai karyawan dirasa masih kurang.

Bisnis online secara umum dapat dilakukan oleh siapa pun, kapan, dan dimana pun, selain itu hasil yang diperoleh juga tak kalah dengan pegawai kantoran. Anda pasti pernah mendengar atau melihat di berbagai media lahirnya milioner-milioner muda baru dari bisnis online. Anda tertarik? Simak ulasan berikut.

bisnis online shop
bisnis online shop

Memulai bisnis online shop dengan ponsel

Perlu diketahui bahwa setiap hari jumlah akun media social semakin bertambah dan kecenderungan orang untuk berbelanja via internet pun kian besar. Inilah sebabnya bisnis online, termasuk online shop masih sangat berprospek cerah untuk ditekuni. Simak panduan berikut ini bagi Anda yang berniat untuk mendulang penghasilan dari internet dengan bisnis online shop.

  1. Preorder

Memilih system pre order bisa menjadi langkah awal bagi Anda yang baru merintis bisnis online shop. Kelebihan system ini adalah Anda tak butuh modal besar untuk memulainya dengan bermitra bersama supplier atau produsen.

Contohnya Anda berminat membuka bisnis pakaian online. Tak perlu meminjam modal untuk stok pakaian, tetapi cukup sediakan perangkat seperti PC atau laptop, dan bila tak memungkinkan smartphone juga dapat digunakan.

Peran Anda di sini adalah sebagai penghubung antara konsumen dan penjual. Anda bertugas mempromosikan produk pakaian secara online melalui katalog digital. Tentukan batasan waktu pemesanan sehingga pelanggan dapat menyetorkan uang, boleh DP atau langsung lunas sehingga Anda bisa menyetor kepada pemilik produk tentunya dengan mengambil laba untuk Anda sendiri.

Untuk menghindari konsumen yang kabur atau hit and run, atur pula tanggal pelunasan yang nyaman untuk kedua belah pihak. Yang penting untuk diperhatikan dalam menjalankan bisnis demikian ini adalah mewaspadai jangan sampai menjadi korban penipuan baik dari pelanggan atau pun distributor abal-abal.

  1. Dropshipper atau reseller

Menjadi dropshipper relative lebih aman dibandingkan system preorder, asalkan Anda memilih mitra distributor atau produsen yang terpercaya dan professional. Caranya hampir mirip dengan system preorder dimana Anda tak perlu menyediakan modal yang besar. Peran Anda di sini pun sama, yaitu mempromosikan produk kepada konsumen di dunia maya misalnya melalui website, media social, atau market place.

Bila ada pelanggan yang berminat untuk membeli produk yang Anda tawarkan, Anda tinggal menerima transfer dari yang bersangkutan dan meneruskan order tersebut kepada distributor atau produsen. Berikutnya distributor akan mengemas dan mengirimkan produk dimaksud kepada pelanggan atas nama Anda atau online shop Anda. Menarik, bukan? Jadi di sini Anda seolah-olah pemilik produk tersebut.

Bisnis dropshipper juga cocok untuk Anda yang enggan mengurus hal-hal seperti membungkus-bungkus barang, mengirimkannya ke pelanggan, dan sebagainya. Meski demikian Anda adalah orang pertama yang akan terkena complain jika barang yang tiba tidak sesuai keinginan pelanggan. Karena itu memilih mitra produsen atau distributor terpercaya sangat disarankan.

  1. Hand Carry

Bisnis online yang satu ini cocok bagi Anda yang hobby traveling baik ke seluruh Indonesia atau luar negeri. Anda bisa merintis online shop yang berkonsentrasi pada layanan jasa titip atau hand carry. Seperti yang kita ketahui setiap daerah di tanah air memiliki oleh-oleh khas yang mungkin sulit ditemukan di tempat yang lain.

Jika Anda berniat traveling ke daerah tertentu, Anda bisa mempublikasikan layanan jasa titip bagi siapa pun yang ingin membeli oleh-oleh khas di daerah tersebut. Buat daftar harga produk oleh-oleh tentunya lebih mahal dari harga asli sebagai laba Anda.

Selanjutnya Anda tinggal berbelanja produk yang diinginkan konsumen. System bisnis ini hampir mirip seperti pre order sehingga Anda tak boleh lupa menentukan batas waktu transfer dana untuk pelanggan yang ingin memesan. Bisnis ini memang menghasilkan keuntungan yang lumayan, tetapi ada beberapa kekurangannya.

Biasanya pesanan yang diinginkan pelanggan bermacam-macam sehingga Anda harus pergi ke tempat yang berlainan di kota tujuan wisata. Tentunya ini membuat acara traveling sedikit kurang nyaman dan dapat menghabiskan tenaga.

  1. Penerjemah

Membuka layanan jasa penerjeman online tentunya khusus bagi Anda yang mempunyai latar belakang pendidikan bahasa asing. Bila memiliki sertifikat penerjemah atau penerjemah tersumpah Anda bisa meraup lebih banyak pendapatan dari klien.

Ini karena Anda diperbolehkan menerjemahkan dokumen-dokumen resmi seperti akte kelahiran, ijazah, surat kontrak perusahaan, dan sejenisnya yang umumnya bertarif cukup tinggi. Selain modal kemampuan berbahasa asing aktif, Anda juga membutuhkan PC atau laptop dan sambungan internet yang lancar.

Promosikan layanan jasa Anda dengan menyertakan portofolio atau hasil terjemahan sehingga calon pelanggan memiliki gambaran akan tingkat kemampuan penerjemahan Anda. Cantumkan nomor WA, Line, atau Telegram untuk menghubungi Anda dan pastikan Anda merespon dengan cepat DM dari pelanggan. Perlu diketahui bahwa persaingan dalam bisnis layanan jasa ini sudah demikian ketat sehingga Anda harus tampil terdepan baik dalam promosi atau pun hasil terjemahan.

Cara memulai bisnis online shop dari nol

Agar bisnis Anda meraih kesuksesan, beberapa panduan berikut mungkin bisa menjadi referensi.

  1. Mencari inspirasi

Semakin banyak orang yang berbisnis online karena bisnis ini cukup praktis dilakukan siapa pun tanpa perlu menunggui toko, stok barang, atau menyediakan modal besar sebagaimana bisnis-bisnis konvensional lainnya. Karena itu competitor yang harus Anda hadapi akan cukup banyak. Inilah sebabnya Anda perlu mencari ide bisnis yang unik dan belum terlalu banyak pesaingnya.

Karena itu Anda perlu melakukan riset kecil, misalnya dengan brainstorming bersama orang-orang terdekat untuk mengetahui produk apa yang sebenarnya dibutuhkan, memiliki pasar yang luas, dan sedang trendy.

  1. Mencari supplier

Setelah mendapatkan ide produk berikutnya adalah mencari distributor atau produsen yang terpercaya dimana Anda bisa turut menjual produk tersebut. Bermitra dengan produsen sangat disarankan karena merupakan tangan pertama dimana Anda bisa mendapat harga grosir serendah mungkin.

Ingatlah bahwa semakin banyak modus penipuan berkedok bisnis online, karena itu Anda benar-benar harus teliti dalam memilih mitra. Selain terpercaya, mitra bisnis Anda seharusnya juga dapat menyediakan layanan optimal bagi resellernya, misalnya terbuka tentang stok barang, menyediakan marketing kit yang efektif, misalnya katalog online, dan cepat merespon DM.

  1. System penjualan

Sebagaimana yang telah diulas sebelumnya bisnis online menyediakan beragam system penjualan dan Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan karakter. Bila Anda adalah orang yang enggan berurusan dengan hal-hal yang ribet seperti pengemasan dan pengiriman barang, pilihlah system bisnis online sebagai dropshiper. Sementara bila Anda tak keberatan menyediakan layanan menyeluruh bagi konsumen, system preorder bisa menjadi pilihan.

  1. Sarana promosi

Untuk memastikan promosi produk dagangan Anda gunakan seluruh sarana yang tersedia, misalnya website, media social, dan market place. Dengan begitu peluang Anda untuk mendapat order dari konsumen dengan beragam latar belakang akan semakin besar.

Semoga bermanfaat!

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Gerakan 3T dan Obat Sakit Maag Alami sebagai Upaya Mencegah Maag
  • Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit
  • Obat Sakit Maag Terbaik dan Mengapa Maag Tak Boleh Diremehkan
  • Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan dan Aktifitas Sehari-hari

Comment here