Kuliner

Ide Resep Makanan Unik Untuk Usaha

Biaya hidup sehari-hari yang kian meningkat memberikan 2 pilihan bagi Anda, yaitu mengurangi kebutuhan atau menambah penghasilan bila memang gaji yang didapat setiap bulan dirasa kurang mencukupi. Bila pilihan Anda adalah yang kedua salah satu caranya adalah merintis bisnis kuliner karena bisnis yang berhubungan dengan makanan atau minumanlah yang berpotensi memberikan keuntungan besar. Bila Anda belum siap berbisnis kuliner “besar” seperti membuka warung makan atau menerima catering, bagaimana bila memulainya dengan snack. Beberapa resep makanan unik berikut mungkin bisa menginspirasi.

Koi fish jelly
Koi fish jelly

Resep makanan unik, lezat, dan instagramable

Peningkatan pengguna platform media social Instagram ternyata juga membawa dampak pada gaya hidup masyarakat, contohnya memunculkan kebutuhan untuk mengunggah foto-foto yang unik dan keren, termasuk foto makanan. Nah, beberapa resep snack berikut tak hanya bercitarasa lezat tapi juga mempunyai tampilan yang cantik.

Koi fish jelly

Bahan-bahan:

12 gr agar-agar

700 ml air

2 lembar daun suji/pandan

160 gr gula pasir

Pewarna makanan sesuai selera

Kismis secukupnya

Cara membuat

Pertama, agar-agar, air, dan gula dimasak sebagaimana biasanya dan terakhir tambahkan daun pandan serta pewarna makanan. Setelah mendidih masukkan agar-agar ke dalam cetakan yang berbentuk ikan dengan menambahkan kismis untuk matanya. Diamkan sampai agar-agar membeku dan keluarkan dari cetakannya.

Popsicle buah

Bahan-bahan:

Buah-buahan berwarna menyolok (semangka, strawberry, anggur, dan lain-lain)

Air

Susu

Gula

Cara membuat:

  • Pertama, untuk membuat resep makanan unik untuk bisnis ini buah-buahan dicuci sampai bersih kemudian salah satu dipilih untuk diblender sebagai varian rasa bersama air, gula, dan susu.
  • Buah-buahan yang tersisa dipotong kecil-kecil berbentuk dadu.
  • Campurkan potongan-potongan buah ke dalam jus dan diaduk sampai rata.
  • Masukkan adonan ke dalam cetakan popsicle dan masukkan ke dalam freezer. Tunggu sampai mengeras dan siap disajikan.

Keripik buah

Bahan-bahan:

Berbagai jenis buah yang dapat diolah menjadi keripik seperti apel, nangka, salak, dan sebagainya. bahan-bahan tambahan, seperti gula, garam, dan bumbu-bumbu.

Cara membuat:

Untuk memulai produksi keripik buah memang dibutuhkan alat-alat khusus mulai dari slicer, oven pengering, alat penggoreng, serta spinner untuk meniriskan minyak dari keripik yang sudah matang. Meskipun dibutuhkan modal yang besar tapi bisnis keripik buah berpeluang besar karena cukup unik.

Ide hidangan unik lainnya yang bisa Anda coba adalah membuat bekal makan untuk dibawa ke sekolah namun dengan kreasi yang menarik, misalnya bento karakter. Bentuk-bentuk yang lucu akan membuat selera makan anak terbit terutama bagi mereka yang memilih-milih makanan atau picky eater. Tutorial membuat kreasi hidangan seperti ini dapat Anda temukan dengan mudah pada platform YouTube.

Persaingan dalam bisnis kuliner yang ketat mewajibkan Anda untuk menyediakan resep makanan unik dan inovatif, misalnya snack-snack dengan ukuran yang diluar kebiasaan, bisa dalam ukuran besar atau justru kecil. Makanan-makanan yang dihidangkan dengan ukuran over-size atau under-size tentu membangkitkan rasa penasaran dan yang pasti bisa mengisi Instagram konsumen Anda. Contohnya adalah pizza dengan garis tengah mencapai ½ meter, roti jhon dengan kepanjangan 1 meter, es krim yang disajikan dengan wadah seukuran ember kecil dan dapat dimakan sampai 5 orang, martabak mini seukuran kue donat, donat-donat mungil yang dihidangkan seperti sate lengkap dengan lidinya, dan seterusnya.

Dari inspirasi resep makanan unik di atas Anda juga bisa mengkreasikan ide Anda sendiri untuk mendapatkan produk yang original dan belum pernah ada sebelumnya.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comment here