Fitness

Jarang Fitness Buat Otot Jadi Lemak

Untuk menjaga tubuh tetap sehat salah satunya adalah dengan rajin berolahraga, walaupun bagi sebagian orang motivasi untuk olahraga adalah untuk membuat bentuk tubuh menjadi lebih ideal. Di daerah perkotaan pergi ke fitnessfitness center di akhir pekan atau setelah pulang kantor dapat dibilang sudah menjadi gaya hidup yang mungkin Anda pun rutin melakukannya. Meskipun demikian informasi tentang hal ini masih sering keliru dan parahnya dipercaya oleh banyak orang, contohnya anggapan bila berhenti olahraga maka otot yang sudah terbentuk akan menjadi lemak sehingga bentuk badan kembali seperti semula.

Jarang-Fitness-Buat-Otot-Jadi-Lemak
Jarang-Fitness-Buat-Otot-Jadi-Lemak

Mitos tentang fitness

Tak sedikit orang yang enggan melatih tubuhnya dengan ngegym karena mengira otot-ototnya akan kendor dan menjadi lemak saat berhenti olahraga. Hal ini tentu saja keliru  walaupun merupakan mitos yang paling populer tentang aktivitas ini. Antara lemak dan otot faktanya sama sekali tidak ada hubungannya dan mustahil berubah menjadi salah satunya. Yang benar adalah otot seseorang dapat menyusut bila berhenti berolahraga.

Bila seseorang makan dengan berlebihan namun tak berolahraga sama sekali, baik dengan peralatan fitness atau jenis olahraga lainnya, lemak segar akan terakumulasi sehingga tubuh menjadi lebih lebar dan terasa berat.  Saat berhenti beraktivitas di gym-gym ukuran otot akan kembali seperti semula sebagaimana saat belum mulai olahraga. Otot bisa semakin mengerut bila seseorang berhenti sama sekali dari kegiatan fisik. Contohnya orang yang harus bedrest dalam  waktu lama.

Kesimpulannya saat orang berhenti pergi ke gym atau olahraga jaringan lemak akan menjadi besar dan massa otot berkurang, namun bukan berubah  menjadi lemak. Sebagai ganti bila Anda jarang punya waktu ke pusat kebugaran, lakukan sendiri olahraga ringan di rumah atau berlatih kardio di halaman untuk meminimalkan bertambahnya lemak.

Secara fisiologi lemak dan otot adalah dua jaringan yang berbeda. Berlatih angkat beban di gym-gym akan membantu mengurangi sel-sel lemak yang menyelubungi serat otot. Untuk mendapatkan hasil seperti yang diinginkan dalam waktu lebih singkat padukan pula dengan menerapkan diet sehat secara konsisten.

Selain mitos tersebut ternyata masih banyak hal-hal lain yang kurang tepat tentang olahraga dan mungkin sudah bertahun-tahun banyak dipercaya masyarakat, seperti berikut ini:

Latihan paling bagus untuk otot perut adalah crunch

Padahal untuk mendapatkan perut rata dan sixpack para trainer professional menyarankan deadlift, chinup, dan squat. Selain itu Anda juga harus beristirahat dengan cukup, menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang, serta dapat mengelola stress dengan baik.

Keringat menjadi penanda kalau olahraga yang dilakukan sudah cukup keras

Kenyataannya keringat bukanlah indicator yang tepat untuk menilai aktivitas ngegym Anda. Yang paling penting adalah berkonsentrasi pada sesi latihan yang Anda lakukan. Tak sedikit atlet olimpiade yang saat berlatih justru tak berkeringat banyak. Alasannya karena mereka meluangkan waktu untuk istirahat di sela-sela waktu berlatih untuk mengembalikan system syaraf. Ini akan membuat para atlet tersebut mendapat hasil lebih optimal.

Cairan elektrolit wajib diminum saat olahraga

Banyak yang beranggapan demikian sehingga selalu membawa minuman isotonic selain air saat olahraga. Padahal untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi yang paling dibutuhkan adalah air mineral dengan jumlah yang mencukupi. Cairan elektrolit baru diperlukan saat berlatih kardio secara intens selama paling tidak 1 jam. Kabar kurang baiknya bila selama ini rajin mengonsumsi cairan elektrolit, proses pembakaran lemak justru bisa terhambat karena minuman tersebut mengandung gula tambahan.

Nah, siap ngegym hari ini?

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula
  • Mengenal-Metode-Hipnoterapi-Untuk-Menanamkan-Motivation

Comment here