Bisnis

Jenis Usaha Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga

Jenis-Usaha-Modal-Kecil-untuk-Ibu-Rumah-Tangga
Jenis-Usaha-Modal-Kecil-untuk-Ibu-Rumah-Tangga

Beberapa wanita yang memutuskan untuk meninggalkan kariernya yang gemilang dan menjadi ibu rumah tangga seutuhnya demi menemani buah hati dalam proses tumbuh kembangnya.  Sayangnya hal ini juga berarti berkurangnya penghasilan keluarga yang akan berimbas pada kesejahteraan dan kualitas hidup. Tapi Anda tak perlu khawatir karena tinggal di rumah pun memungkinkan untuk tetap berbisnis dengan ide jenis usaha modal kecil berikut ini.

Berbagai jenis usaha modal kecil yang bisa dikerjakan di rumah

Peluang untuk merintis bisnis sendiri di zaman sekarang ini semakin terbuka lebar sehingga Anda tak perlu khawatir atau kurang percaya diri karena tak dapat menyediakan modal yang besar. Apalagi dengan dilakukan di rumah sendiri Anda tak memerlukan tambahan modal besar untuk menyewa tempat. Modal awal yang dibutuhkan dalam merintis bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga adalah tekad dan kemauan yang keras serta kepandaian untuk membagi waktu dengan tugas-tugas di rumah. Berikut ulasannya.

Membuka jasa kursus

Bila Anda merasa cukup mampu dalam bidang akademik cobalah jenis usaha modal kecil untung besar dengan membuka les mulai dari tingkat SD hingga SMA. Model bisnis ini selama Anda dapat menyediakan layanan yang memuaskan dan terbukti berhasil meningkatkan prestasi siswa di sekolah pasti akan laris. Sulap salah satu ruangan di rumah yang tidak terpakai dan kondisikan menjadi ruang belajar yang nyaman lengkap dengan meja kursi dan papan tulis. Promosikan bisnis Anda pada lingkungan sekitar atau manfaatkan social media untuk mendapatkan siswa.

Kuliner

Untuk yang mempunyai kemampuan memasak, Anda bisa membuka jasa catering yang menyediakan hidangan untuk berbagai acara. Pilihan lainnya adalah menyediakan menu sarapan seperti nasi kuning, nasi campur, pecel, gado-gado, lontong sayur, atau bubur ayam. Dengan begitu warung Anda cukup dibuka pada pagi hari dan tutup di siang hari. Masih banyak waktu tersisa untuk buah hati, bukan?

Pembayaran online

Pilihan bisnis pembayaran online cocok untuk Anda yang tinggal di kompleks padat penduduk dengan sebagian besar masyarakatnya adalah pekerja. Artinya mereka membutuhkan kepraktisan dalam membayar tagihan bulanan seperti listri, air, telepon, hingga membayar angsuran dan membeli pulsa. Jenis usaha rumahan dengan modal kecil ini dapat dikerjakan hanya dengan seperangkat PC atau gadget.

Selain 3 ide di atas, beberapa bisnis rumahan lain yang bisa Anda coba adalah membuka toko online, laundry, isi ulang air minum, toko kelontong, jasa penjahitan, jasa potong rambut dan make up, dan lain-lain.

Beberapa hal yang penting untuk Anda perhatikan dalam berbisnis rumahan di samping peran Anda sebagai ibu rumah tangga adalah:

  • Harus pandai mengatur waktu agar pekerjaan utama di dalam rumah tidak terbengkalai selama Anda mengurus bisnis kecil tersebut.
  • Dalam memilih jenis usaha yang menguntungkan dengan modal kecil sebaiknya yang tidak mengharuskan Anda untuk stok barang, menyewa tempat, atau membeli peralatan berharga mahal.
  • Bila buah hati sudah cukup besar ajak mereka untuk bekerjasama misalnya dengan membantu pekerjaan di dalam rumah yang ringan-ringan sesuai usia mereka. Selain memberi Anda waktu lebih banyak untuk mengelola bisnis, hal ini juga akan membantu mereka untuk mandiri dan menanamkan disiplin sejak dini.
  • Perhatikan catatan keuangan demi keberlangsungan usaha Anda. Buatlah pembukuan sederhana dengan memilah-milah pos pemasukan, pengeluaran, modal, serta pinjaman. Dengan begitu Anda akan lebih mudah memonitor lalu lintas keuangan pada bisnis rumahan Anda.

Jadi jenis usaha modal kecil yang mana yang ingin Anda tekuni?

 

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comment here