Bisnis

Kerja Sampingan Mahasiswa Untung Besar

Kerja-Sampingan-Mahasiswa
Kerja-Sampingan-Mahasiswa

Seperti yang kita ketahui persaingan di dunia kerja sudah semakin sengit sehingga saat masih berstatus mahasiswa tak ada salahnya Anda sudah mencoba mencari alternatif untuk mendapatkan penghasilan. Saat ini tersedia berbagai alternatif kerja sampingan mahasiswa yang dapat ditekuni di sela-sela waktu menuntut ilmu di universitas. Asal bersedia bekerja keras, tekun, dan konsisten bukan mustahil bisnis kecil-kecilan yang Anda rintis bisa menjadi usaha beromzet besar. Nah, berikut ulasannya.

Tips memilih kerja sampingan mahasiswa

Agar bisnis yang Anda jalankan meraih kesuksesan tanpa mengganggu waktu belajar Anda, inilah beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Modal

Apa pun bisnis yang Anda pilih sebaiknya yang tidak memerlukan modal yang besar, karena tentu akan cukup berat bagi mereka yang belum mempunyai penghasilan sendiri. Sisi positif lain dari memilih bisnis bermodal minim adalah Anda tak perlu menanggung kerugian yang besar bila bisnis tersebut karena suatu hal gagal. Intinya hindari resiko besar yang kesulitan Anda tanggung nantinya.

Target

Dalam memilih kerja sampingan untuk mahasiswa sebainya memang yang tanpa target atau tutup point dalam jangka waktu tertentu. Walaupun motivasi Anda untuk mendapatkan keuntungan tapi harus diingat bahwa peran Anda yang sesungguhnya adalah untuk belajar di  kampus. Lagi pula keterbatasan waktu umumnya menjadi penghalang Anda untuk mencapai target seperti yang dikehendaki.

 Sesuai jurusan

Akan lebih baik bila pekerjaan sampingan yang Anda pilih linear dengan jurusan  studi. Misalnya bagi Anda yang kuliah di jurusan sastra asing bisa menjalankan bisnis penerjemahan dokumen, mahasiswa tata boga akan sangat cocok menjalankan bisnis kuliner dengan fasilitas pesan antar, sementara untuk mereka yang kuliah di jurusan tat arias bisa membuka jasa MUA paruh waktu dengan tarif terjangkau.

Sebagai bagian dari kalangan akademik yang pastinya melek teknologi, alternatif yang juga dapat dilakukan adalah mencoba  kerja sampingan mahasiswa online. Beberapa referensinya untuk Anda adalah.

  • Toko online – Anda bisa menjalankan toko online sebagai reseller atau dropshiper. Bila tabungan Anda tidak cukup banyak untuk membeli produk dan menjualnya kembali, bisnis dropship layak untuk dicoba. Di sini Anda bertugas sebagai tenaga pemasar yang menjual produk milik orang lain melalui online shop Anda. Asyiknya bila konsumen tertarik dan memesan, produk tersebut akan dikirimkan oleh supplier atas nama toko online Anda seolah-olah Andalah si pemilik produk.
  • Blogger – Kerja sampingan buat mahasiswa ini cocok bagi Anda yang suka menulis atau membuat konten-konten yang menarik untuk mendatangkan pengunjung ke blog Anda. Tapi pekerjaan ini tidak dapat menghasilkan profit dalam waktu singkat secara instan.  Dibutuhkan ketekunan dan konsistensi dalam mengisi blog Anda dengan konten-konten yang berguna dan menarik perhatian pengguna internet.

Begitu traffic atau kunjungan ke blog Anda sudah cukup banyak dan dapat bertahan dalam waktu panjang Anda bisa menjadikannya sumber penghasilan dengan mendaftarkannya  sebagai sarana beriklan dengan Google Adsense. Selain itu Anda juga bisa menjadi affiliate marketer yang mendapat penghasilan dari komisi bila konsumen membeli produk berdasarkan rekomendasi iklan dari blog Anda.

  • You Tuber – Platform berbagai video You Tube juga berpotensi menjadi sumber penghasilan bila Anda cukup kreatif mengunggah konten-konten yang menarik. Tak sedikit orang Indonesia yang berhasil mendulang jutaan hingga ratusan juta rupiah dari iklan yang dimuat pada akun YouTube mereka. Sama seperti menjadi blogger, untuk menjadi Youtuber professional juga memerlukan proses yang cukup panjang. Tertarik mencoba kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa ini?

Semoga informasi tentang kerja sampingan mahasiswa ini bisa menginspirasi Anda.

 

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comment here