Bisnis

Kiat Memulai Usaha Agar Sukses

Kiat-Memulai-Usaha-Agar-Sukses
Kiat-Memulai-Usaha-Agar-Sukses

Tertarik untuk mendapatkan gaji kedua? Bila demikian berarti Anda harus mulai berbisnis. Walaupun nantinya akan memberikan buah yang manis berupa kebebasan financial dan waktu, tapi harus disadari bahwa saat merintis usaha Anda harus siap bersakit-sakit dahulu. Di awal memulai usaha Anda mungkin harus merelakan waktu istirahat untuk mengelola bisnis yang baru, menahan diri untuk tidak membeli barang yang kurang diperlukan, serta mengurangi waktu untuk dihabiskan bersama orang-orang tercinta. Nah, inilah kiat memulai usaha agar kesuksesan yang Anda idamkan bisa segera tercapai.

Kiat memulai usaha yang cepat sukses

Inilah beberapa langkah yang bisa Anda terapkan agar bisnis yang dirintis bisa segera mendapatkan hasil yang memuaskan.

Analisa

Jangan terburu-buru dalam membuka bisnis, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan analisa paling tidak untuk memastikan bahwa jenis usaha yang Anda rintis memang benar-benar Anda sukai.  Setelah itu buatlah perencanaan dengan detail, termasuk rincian keuangan, hingga strategi pemasaran. Rencana tersebut akan memudahkan Anda untuk mengetahui apa yang harus dilakukan.

Modal

Salah satu kiat memulai usaha baru  tentunya menyiapkan modal yang tidak harus berasal dari kantong sendiri sepenuhnya. Selain hasil tabungan, Anda juga bisa mencari suntikan dana dari investor, meminjam modal dari lembaga keuangan konvensional atau dengan system peer to peer lending, atau menerapkan model bisnis rekanan. Sebagai pebisnis pemula Anda bisa berkonsentrasi pada penjualan terlebih dahulu misalnya dengan menjadi reseller.

Legalitas

Bila Anda menjual produk sendiri pastikan struktur hukum bagi bisnis Anda, termasuk mengajukan hak paten dan nama untuk bisnis Anda kepada Ditjen KHI untuk  mendapatkan merk dagang resmi. Dokumen lain yang berkaitan dengan bisnis yang harus diurus adalah akta pendirian perusahaan.

Relasi

Kelangsungan bisnis Anda berlandaskan pada networking dan salah satu kiat memulai usaha sendiri adalah memperluas relasi Anda. Dengan relasi yang luas Anda akan mendapatkan informasi supplier dengan harga terendah, investor yang berpotensi untuk diajak bekerjasama, hingga pasar yang bisa menjadi target Anda. Untuk memperluas networking bergabunglah dengan komunitas-komunitas bisnis yang paling terjangkau dengan Anda.

Kreativitas

Seorang pebisnis dituntut untuk bisa berpikir kreatif demi menawarkan produk yang inovatif, unik, serta yang paling penting dibutuhkan. Contohnya keberadaan bisnis ojek online yang bisa menjadi jawaban atas kesulitan masyarakat akan transportasi publik yang memadai.

Membuat diri sendiri terorganisir

Anda tidak bisa menjadi pebisnis sukses bila tidak pandai menggunakan waktu yang ada untuk melakukan hal yang produktif. Jadi mulai sekarang buatlah diri Anda menjadi lebih terorganisir apalagi bila bisnis tersebut adalah aktivitas sampingan di luar  jam kerja sebagai pegawai.

Salah satu model usaha yang menjanjikan peluang untuk mendapatkan keuntungan besar adalah kuliner karena berkaitan dengan kebutuhan manusia. Kiat memulai usaha kuliner agar sukses adalah dapat menciptakan produk makanan yang selama ini belum terdapat di pasaran. Dengan begitu konsumen akan penasaran untuk mencoba produk yang lain daripada yang lain.

Bila saat ini Anda belum mempunyai gambaran produk kuliner yang inovatif, Anda bisa memulai bisnis dengan membeli waralaba. Dengan demikian peluang untuk berhasil akan lebih besar  karena selain membeli sebuah brand yang sudah dikenal dan populer Anda juga sekaligus memboyong konsumen ke gerai Anda karena merek tersebut sudah lekat di hati masyarakat.

Nah, selamat mencoba kiat memulai usaha ini.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Daftar-Bisnis-Yang-Viral-Saat-Ini
  • Menanamkan-Motivation-Untuk-Meraih-Kesuksesan
  • Pegal-dan-Nyeri-Setelah-Fitness,-Wajar-Atau-Tidak
  • Bolehkan-Olahraga-Saat-Sakit

Comment here