Berita

Kiprah Agus Gumiwang: dipecat Golkar, Jadi Menteri Sosial

Agus Gumiwang

Kader partai Golkar yang sore ini resmi dilantik menjadi Menteri Sosial menggantikan Idrus Marham, Agus Gumiwang, siap menjalankan fungsinya menjadi menteri sosial. Pasca mundurnya Idrus Marham Jumat (24/5), ia resmi dilantik oleh presiden menjadi menteri sosial.

Agus Gumiwang
Agus Gumiwang

Agus Gumilang Pernah Menduduki Jabatan-Jabatan Penting

Pelantikan Agus sendiri digelar di Istana Merdeka, pada hari Jumat (24/5) tepatnya jam 15.30 WIB. Pelantikan ini merujuk pada Keputusan Presiden Nomor 148p Tahun 2018 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Kerja 2014-2019. Presiden Joko Widodo sendiri lah yang memandu pengucapan sumpah jabatan menteri sosial yang sekarang ini sudah secara resmi diemban oleh Agus Gumiwang.

Sebelumnya, Agus sudah menduduki serangkaian jabatan yang sangat strategis pada kepengurusan DPP Partai Golkar. Salah satunya adalah ia sebagai sekretaris fraksi partai dengan lambing Pohon Beringin di parlemen.

Pada masa kepengurusan Ketum Parta Golkar Airlangga Hartato, Agus juga dipercaya menjabat sebagai Ketua Koordinator Bidang Pengembangan Perempuan, Pemuda dan Inovasi Sosial.

Agus yang merupakan putra politikus senior, Ginandjar Kartasasmita ini pun juga pernah ditunjuk sebagai Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta menggantikan pemegang jabatan yang sebelumnya, yaitu Fayakhun Andriadi, ditetapkan secara resmi oleh KPK tentang korupsi Bakamla.

Selain itu juga, Agus sudah pernah menjadi salah satu kandidat pengganti Ketua DPR, Setya Novanto yang sekarang mendekam di balik jeruji besi karena kasus mega proyek E-KTP. Akan tetapi pada akhirnya, Agus mesti merelakan posisinya pada Bambang Soesatyo yang pada akhirnya ditunjuk oleh Partai Golkar menjadi Ketua DPR.

Sempat dipecat Golkar

Agus pun adalah salah satu dari 3 orang kader Partai Golkar yang dipecat bersama dengan Nusron Wahid dan juga Poempida Hidayatullah pada Ajang Musyawarah Nasional IX Partai Golkar yang diselenggarakan di Bali, pada tahun 2014.

Pemecatan tersebut ditandatangani Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie atau yang kerap disapa dengan Ical dan juga Sekjen Partai Golkar sendiri, yakni Idrus Marham. Status keanggotaan Agus sendiri pasalnya dikembalikan lewat Musyawarah Nasional Luar Biasa atau Munaslub Golkar pada tahun 2016 kemarin. Ketika itu, Setya Novanto ditunjuk sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar yang baru menggantikan Aburizal Bakrie.

Sekarang Agus mengembang tanggung jawab yang baru setelah mantan Menteri Sosial yang juga menggantikan Khofifah, menteri sosial sebelumnya mundur pada ajang Pilgub 2018 di Jatim, Idrus Marham. Idrus disinyalir terlibat kasus suap PLTU Riau-1 dan secara hormat mengundurkan diri dari jabatannya. Ia menilai bahwa ini adalah bentuk pertanggungjawabannya pada Presiden Jokowi yang dinilai sebagai pemimpin yang bersih dari korupsi dan berkomitmen tinggi menghapus korupsi. Ia akan fokus menjalani kasusnya yang masih ditunggu kabar resminya dari KPK.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • BOLA MIE BROKOLI
  • Lidah Kucing
  • Kabupaten Layak Anak Pasaman Barat
  • Cristiano Ronaldo dan Jose Mourinho

Comment here