Kuliner

Kuliner Unik Dari Bahan Baku Yang Beracun

Dibandingkan makhluk hidup lainnya dapat dibilang manusia adalah makhluk yang paling pemakan segala. Bukan hanya hidangan-hidangan yang wajar dinikmati untuk menghilangkan rasa lapar, untuk memuaskan nafsu dan rasa penasarannya, orang bahkan mengolah bahan-bahan beracun untuk menjadi kuliner  yang dapat dikonsumsi tanpa perlu menanggung bahayanya. Tak sedikit hidangan-hidangan tersebut menjadi eksklusif karena umumnya harganya begitu mahal dan tak dapat dinikmati oleh semua kalangan. Berikut ulasannya.

Kuliner-Unik-Dari-Bahan-Baku-Yang-Beracun
Kuliner-Unik-Dari-Bahan-Baku-Yang-Beracun

Daftar kuliner unik yang diolah dari bahan berbahaya

Mengonsumsi makanan yang unik saat berwisata bagi banyak orang tak sekedar demi memuaskan rasa lapar, namun lebih untuk  mendapatkan sensasi liburan yang lebih seru atau pengalaman tak terlupakan. Inilah berbagai jenis hidangan ekstrem yang diolah dari bahan-bahan sangat beracun. Dibutuhkan koki dengan kemampuan khusus untuk memasak bahan-bahan ini agar tidak membahayakan orang yang mengonsumsinya.

Ikan fugu

Makan sashimi atau daging ikan mentah dari salmon atau tuna tentu sudah biasa, bagaimana dengan sashimi ikan fugu? Sepertinya hanya orang bernyali besar yang sanggup melakukannya karena beberapa bagian dalam ikan fugu mengandung racun yang sangat berbahaya. Bahkan racun alami pada beberapa organ dalam ikan ini dikatakan 1000 kali lipat lebih berbahaya dibandingkan sianida.

Untuk mencicipi hidangan ini Anda bisa mengunjungi beberapa restoran tradisional di Jepang atau tempat-tempat bersantap yang eksklusif di Singapura. Konon hanya koki berlisensi saja yang boleh mengolah ikan fugu. Kuliner  ekstrem ini umumnya dihidangkan dalam bentuk irisan tipis daging ikan mentah yang dikonsumsi dengan saus tertentu. Kandungan racunnya yang sangat berbahaya ini membuat pemerintah Amerika melarang peredaran ikan fugu ke negara tersebut.

Ackee

Ackee adalah nama buah khas Jamaika yang bentuknya unik. Pada kondisi matang sempurna buah ackee aman untuk disantap, karena yang beracun adalah buah yang masih muda. Cirinya kulit buah masih berwarna kuning atau hijau. Bila nekat mengonsumsi kuliner buah ackee muda akibatnya Anda bisa muntah-muntah, diare, hingga menyebabkan kematikan bila terlalu banyak memakannya. Ini karena buah ackee muda mengandung racun hypoglycin.

Sannakji

Kuliner yang satu ini benar-benar khusus bagi mereka yang bernyali besar. Sannakji adalah hidangan tradisional khas masyarakat Korea Selatan yang berupa gurita mentah dan dikonsumsi hidup-hidup. Tentu saja hewan ini akan memberontak saat dimasukkan ke dalam mulut untuk disantap dan inilah yang berbahaya karena dapat menyebabkan tersedak bila tak dikunyah hingga hancur. Pasalnya tentakel gurita berpotensi menempel serta menghalangi jalan napas yang tak jarang memicu kematian.  Makanan ini rata-rata membunuh 6 orang per tahun di Korea.

Absinthe

Inilah minuman keras yang paling berbahaya di dunia dengan kandungan alcohol mencapai 68% dan bila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan kerusakan organ penting manusia. Tak cukup hanya itu, absinthe juga diolah dengan campuran ulat pemakan kayu atau woodworm yang dikenal beracun karena dapat memproduksi senyawa tertentu yang bisa menyebabkan halusinasi dan efek memabukkan yang parah.

Hakarl

Kuliner yang satu ini sangat populer di Islandia dan dibuat dari fermentasi daging ikan hiu Greenland. Daging ikan ini sangat beracun karena secara alami ikan menyerap kotoran dan racun residu sisa metabolism tubuhnya kembali. Penyebabnya adalah hiu Greenland tak mempunyai saluran kemih. Proses fermentasinya sendiri memakan waktu hingga setengah tahun untuk menghilangkan racun tersebut. Tak heran bila semakin banyak anjuran di negara tersebut untuk membatasi konsumsi Hakarl.

 

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Daftar-Bisnis-Yang-Viral-Saat-Ini
  • Menanamkan-Motivation-Untuk-Meraih-Kesuksesan
  • Pegal-dan-Nyeri-Setelah-Fitness,-Wajar-Atau-Tidak
  • Bolehkan-Olahraga-Saat-Sakit

Comment here