Bisnis

Macam-Macam Usaha Sampingan Mudah & Modal Sedikit

macam-macam-usaha-sampingan
macam-macam-usaha-sampingan

Usaha seringkali dikaitkan dengan wirausaha atau bisnis.Bisnis atau usaha merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan perputaran modal sehingga diharapkan dapat menghasilkan keuntungan sebanyak-banyaknya.Dalam dunia usaha pasti tidak lepas dari yang namanya modal, namun yang perlu kita tahu bahwa usaha tak selalu membutuhkan modal yang besar bahkan ada juga usaha yang tanpa modal. Macam-macam usaha sampingan dengan modal sedikit sebenarnya gampang dikerjakan.

Biasanya orang yang rela mengeluarkan modal sedikit adalah seseorang atau kelompok orang sebagai pekerja sedemikian sehingga usaha yang digeluti bukanlah usaha utama, melainkan usaha sampingan.Oleh karena itu, banyak orang yang rela mencari informasi tentang usaha sampingan yang meliputi: macam-macam usaha sampingan di rumah, macam-macam usaha sampinganuntuk karyawan, macam-macam usaha sampingan dengan modal kecil, macam-macam jenis usaha sampingan, dan lain sebagainya.

Macam-Macam Usaha Sampingan dengan Sedikit Modal

Usaha sampingan adalah usaha yang ditekuni seseorang atau kelompok dibawah usaha pokok atau pekerjaan utama.Tidak dapat dipungkiri bahwa usaha sampingan pun bisa menghasilkan keuntungan yang besar dan bisa lebih besar dari penghasilkan pokok. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai macam-macam usaha sampingan dengan sedikit modal.

  1. Jualan Pulsa dan Token Listrik

Sampai hari ini jualan pulsa adalah salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati. Banyak orang meraup keuntungan dengan bisnis ini. Modal berkisar satu juta dengan keuntungan bisa mencapai 20%..

  1. Buka Toko Sembako

Modal yang perlu disiapkan usaha toko sembako sekitar 10 juta rupiah.Modal digunakan untuk membeli dagangan dan peralatan pendukung.Target jelas para tetangga.Cukup bersikap ramah dan jalinlah komunikasi yang baik dengan tetangga maka banyak tetangga datang ke toko Anda.

  1. Usaha Laundry Kiloan

Sekarang ini usaha laundry sudah banyak dilirik oleh para pengusahan UKM.Hal ini dilantarkan banyak orang yang menginginkan serba cepat dan praktis.Mereka yang malas mencuci dan menyetrika memilih untuk menggunakan tempat laundry.Untuk masalah modal yaitu berkisar 15 juta rupiah.

  1. Menjual Aneka Macam Kue

Menjual aneka macam kue bisa dengan menitipkannya ke beberapa toko terdekat atau menawarkannya lewat media sosial.Modal untuk memulai usaha ini berkisar satu sampai dua juta rupiah.Jika Anda rasa kue laris dijual mulai berfikir membuka toko kecil-kecilan.Sewalah jasa karyawan untuk membantu.

  1. Jasa Cuci Motor

Faktor yang membuat usaha ini cukup memberikan banyak keuntungan adalah banyaknya orang yang malas untuk cuci motor sendiri.Apalagi jika sudah masuk musim hujan. Untuk urusan modal, Anda bisa mengawalinya dengan modal 10 juta rupiah untuk membeli peralatan cuci motor, sewa tempat dan biaya operasional. Untuk gaji karyawan gunakan saja metode bagi hasil misalnya 65% untuk Anda dan 35% untuk karyawan.

  1. Penulis Lepas

Menjadi penulis lepas bisa dikatakan usaha sampingan yang termudah karena tidak butuh modal banyak.Sekarang banyak situs-situs besar yang berani membayar sebuah artikel, jika memang berkualitas dengan dibayar 3-4 juta rupiah per bulan dengan menulis artikel di situs ternama.Agar tulisan Anda diterima oleh situs-situs, belajarlah sedikit dasar-dasar tentang SEO yang mana sangat berguna menaikikan sebuah blog.Selain itu juga jangan berbuat curang dengan mengirimkan tulisan hasil copy-paste karena dipastikan ditolak oleh mereka.

  1. Jasa Desain Grafis

Macam-macam usaha sampingan selanjutnya yaitu jasa desain grafis bisa dijadikan usaha sampingan yang menjanjikan.Faktor penting agar menjadi desainer professional adalah selalu mengasah kemampuan dan memiliki banyak portofolio.Apabila Anda kurang berkenan menjualnya secara offline, maka manfaatkanlah pasar desainer online lokal dan luar negeri.Bahkan situs-situs desain grafis sering mengadakan kompetisi membuat logo dengan hadiah ratusan dollar.Untuk urusan modal, Anda tidak membutuhkan banyak modal.Yang terpenting ada koneksi internet dan computer atau laptop yang mendukung.

Demikian telah dipaparkan secara singkat macam-macam usaha sampingan. Yang perlu kita catat bahwa dalam usaha itu mudah sekaligus  bisa dilakukan oleh siapapun dengan sedikit modal. Asal kita telaten alhasil usaha sampingan yang kita geluti pasti menghasilkan keuntungan bagi kita sebagai pelaku dan juga bagi pembeli tentunya.Cobalah untuk memulai usaha sesuai dengan kemampuan dan minat Anda.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Daftar-Bisnis-Yang-Viral-Saat-Ini
  • Menanamkan-Motivation-Untuk-Meraih-Kesuksesan
  • Pegal-dan-Nyeri-Setelah-Fitness,-Wajar-Atau-Tidak
  • Bolehkan-Olahraga-Saat-Sakit

Comment here