Info

Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan Bayi

Buah naga sangat kaya manfaat jika dikonsumsi secara teratur, dan manfaat buah naga merah untuk bayi terbukti sama besarnya dengan manfaat untuk orang dewasa. Buah naga merah mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan bayi, namun tampilan buah yang banyak bijinya ini memang masih mengundang tanda tanya orangtua: apakah buah naga aman untuk bayi? Jawabannya: ya, asalkan orangtua memberikannya dengan hati-hati.

Manfaat buah naga merah untuk bayi
Manfaat buah naga merah untuk bayi

Mengapa Buah Naga Merah Bermanfaat untuk Bayi?

Buah naga memiliki bermacam-macam jenis, mulai dari buah naga putih yang dianggap paling manis, hingga buah naga kuning, merah dan ungu. Akan tetapi, dibandingkan buah naga putih, buah naga merah dianggap sebagai yang mengandung lebih banyak nutrisi. Manfaat buah naga merah untuk bayi mencakup beberapa hal terkait kandungan nutrisinya, misalnya:

  • Sumber vitamin. Buah naga merah mengandung beragam vitamin yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan bayi, misalnya vitamin B1, B3, B12, dan C.
  • Menguatkan tulang bayi. Buah naga merah mengandung banyak kalsium dan fosfor yang penting bagi proses pembentukan tulang. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga juga membantu mengaktifkan kerja kalsium dengan lebih baik.
  • Sumber serat dan air. Buah naga mengandung banyak air dan serat, sehingga membantu melancarkan pencernaan bayi.
  • Sumber antioksidan alami. Buah naga merah mengandung karotin, likopen, dan berbagai vitamin yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Karotin juga merupakan zat yang penting untuk menjaga kesehatan mata.

Dengan manfaat sebanyak ini, tak heran jika buah naga merah bisa dijadikan makanan bayi, selain buah yang umum seperti pisang atau pepaya.

Cara Memberi Buah Naga Merah pada Bayi

Walaupun manfaat buah naga merah untuk bayi sangat melimpah, banyak orangtua yang masih ragu memberikan buah naga pada bayi. Hal ini bisa jadi karena tampilan buah naga yang banyak bijinya. Buah naga merah juga bisa membuat tinja berwarna kemerahan, terutama bagi mereka yang belum terbiasa makan buah ini. Akan tetapi, buah naga merah mudah dimakan oleh bayi, dan biji-bijinya tak akan membuat tersedak. Selain itu, tinja kemerahan akan berubah normal lagi ketika tubuh sudah terbiasa dengan buah ini.

Buah naga merah dapat diberikan pada bayi berusia di atas 6 hingga 8 bulan. Anda bisa memberikannya begitu saja, misalnya dengan sendok (setelah dilumatkan). Jika bayi sudah mulai bisa mengunyah dan makan makanan yang agak padat, Anda bisa memberikan ½ buah ini setelah dikupas untuk dikunyah bayi. Buah ini juga bisa diperas dan airnya diberikan menggunakan sendok, atau dicampur ke bubur. Manfaat buah naga merah untuk bayi sangat banyak, sehingga Anda bisa memberikan buah ini sebagai salah satu makanan bergizi untuk si buah hati.

Sorry! The Author has not filled his profile.
×
Sorry! The Author has not filled his profile.
Latest Posts
  • CAR BRI Meningkat, BRI Coba Perkuat Cadangan
  • Gubernur Sumbar Kirim Surat Resmi Tolak UU Cipta Kerja Pada DPR RI
  • Tak Lama Lagi Kamera Ponsel Pintar Dapat Mendeteksi Diabetes
  • Para Seniman di Padang Ekspresikan Kegelisahan Pandemi Covid-19 Melalui Mural

Comment here