Info

Manfaat Kulit Buah Naga Merah yang Jarang Diketahui

Buah naga belum lama beredar di pasar Indonesia, namun kini manfaat kulit buah naga merah sudah mulai terkenal, sama seperti reputasi daging buahnya. Kulit buah naga yang dulu hanya dibuang kini semakin banyak dimanfaatkan, mulai dari untuk produk kecantikan, teh kesehatan, suplemen, hingga pewarna alami. Jika Anda penggemar buah naga, Anda juga bisa memanfaatkan kulit buah naga untuk menjaga kesehatan dengan berbagai cara.

Manfaat Kulit Buah Naga Merah yang Jarang Diketahui
Manfaat Kulit Buah Naga Merah yang Jarang Diketahui

Khasiat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan

Anda mungkin belum banyak mengetahui khasiat kulit buah naga, namun berbagai penelitian yang telah dilakukan di Indonesia, Malaysia, Cina, Amerika Serikat dan Meksiko telah mengungkap khasiat kulit buah naga untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut beberapa manfaat kulit buah naga merah untuk kesehatan serta obat:

  • Kulit buah naga sebagai minuman sehat. Kulit buah naga kini mulai banyak dijadikan teh dengan banyak manfaat, mulai dari melancarkan peredaran darah dan melembabkan kulit, hingga menurunkan kolesterol dan menetralkan gula darah. Teh kulit buah naga bisa dibuat sendiri dengan cara mencuci dan mengiris kulit buah ini tipis-tipis, lalu dijemur di bawah sinar matahari selama 1-2 hari sebelum diseduh.
  • Kulit buah naga sebagai suplemen. Ekstrak kulit buah naga kini mulai banyak dijual dengan khasiat yang sama seperti produk tehnya.
  • Kulit buah naga sebagai pewarna alami. Pigmen merah alami dari kulit buah ini kini menjadi salah satu bahan pewarna makanan alami, yang jelas lebih aman dari pewarna sintetis.
  • Kulit buah naga sebagai bahan produk kecantikan. Manfaat kulit buah naga merah kini telah dikenal di negara-negara barat sebagai bahan produk kecantikan, seperti sabun dan sabun wajah. Kulit buah naga merah memiliki khasiat melembabkan dan mencerahkan kulit, serta mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Kulit buah naga merah sejauh ini masih memiliki banyak potensi yang belum dijelajahi, tapi Anda bisa memanfaatkannya dengan memesan teh, suplemen atau produk kecantikan dari kulit buah naga, yang kini sudah banyak beredar di berbagai toko online.

Kulit Buah Naga untuk Melacak Kandungan Pengawet

Khawatir dengan adanya boraks dan formalin di dalam makanan? Kulit buah naga merah ternyata bisa menjadi pendeteksi alami keberadaan boraks dan formalin di dalam makanan. Caranya mudah: potong-potong kulit buah naga dan rendam dalam air campuran perasan jeruk nipis sampai airnya berwarna merah. Kemudian, siapkan makanan yang hendak diuji. Masukkan sehelai tisu bersih ke dalam air rendaman kulit buah, lalu tempelkan tisu di permukaan makanan. Jika permukaan tisu perlahan berubah putih, berarti tidak ada boraks. Jika ada, tisu akan tetap berwarna merah.

Dengan berbagai manfaat kulit buah naga merah, tidak heran jika buah tropis ini menjadi primadona bagi penggemar makanan kesehatan.

Sorry! The Author has not filled his profile.
×
Sorry! The Author has not filled his profile.
Latest Posts
  • CAR BRI Meningkat, BRI Coba Perkuat Cadangan
  • Gubernur Sumbar Kirim Surat Resmi Tolak UU Cipta Kerja Pada DPR RI
  • Tak Lama Lagi Kamera Ponsel Pintar Dapat Mendeteksi Diabetes
  • Para Seniman di Padang Ekspresikan Kegelisahan Pandemi Covid-19 Melalui Mural

Comment here