Training

Manfaat Training Memanah Bagi Anak

Olahraga panahan saat ini bisa dibilang sedang naik daun sehingga tersedia di berbagai sekolah sebagai aktivitas ekstrakurikuler. Bagi umat Islam panahan juga merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW karena mempunyai banyak manfaat bagi fisik dan mental. Latihan ini dapat membantu memperbaiki postur tubuh, memperkuat otot, dan menguatkan tulang. Orangtua juga mungkin lebih tenang buah hatinya mempelajari training memanah, dibandingkan olahraga lainnya seperti sepak bola misalnya karena dianggap lebih aman. Bagi Anda yang sedang mencarikan  buah hati kegiatan fisik yang positif, mungkin referensi berikut bisa membantu Anda.

Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak

Manfaat training panahan untuk anak

Siapa sangka ternyata banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh anak dari latihan ini, yaitu:

Menanamkan karakter disiplin – Dalam olahraga ini adalah beberapa gerakan yang harus dipelajari dengan disiplin untuk menghasilkan performa terbaik, contohnya sikap tubuh harus berdiri tegap. Untuk dapat mencapai sasaran dibutuhkan konsistensi serta kendali dan bila hal ini terus-menerus diulang atau repetisi lambat laun sikap mental tersebut akan terpatri dalam pikiran bawah sadarnya menjadi kebiasaan positif. Mempunyai sikap disiplin tentu saja akan memudahkan anak untuk meraih cita-citanya di masa depan.

Fokus –  Berlatih memanah, golf, bowling, dan sejenisnya akan membantu meningkatkan focus dengan mengusir hal-hal yang mengganggu pikirannya agar anak panahnya mencapai target dengan tepat. Kurang konsentrasi sedikit saja bisa mengacaukan upaya anak. Setelah itu mereka dapat belajar menganalisa kesalahan mereka untuk tampil lebih baik.

Melatih kesabaran – Bila buah hati Anda cenderung terburu-buru, ceroboh, dan selalu ingin semuanya dikerjakan dengan cepat, cobalah mendaftarkannya pada kelas training memanah. Di sini mereka bisa belajar menanamkan sikap sabar karena inilah yang dibutuhkan saat melepaskan anak panah kepada targetnya.

Meningkatkan kepercayaan diri – Anak yang mempunyai kepercayaan diri tinggi berpeluang lebih besar menjadi orang dewasa yang sukses. Panahan membantu menanamkan dan meningkatkan rasa percaya diri karena mereka dimungkinkan untuk memperhatikan kemajuan dirinya sehingga setiap perkembangan latihannya akan memunculkan kepuasan dalam diri.

Meningkatkan kemampuan bergaul – Memang benar bahwa memanah adalah olahrga tunggal, tapi setiap atlet selalu berdiri berdampingan dengan pemain lainnya. Di sinilah kemampuan bersosialisasi anak akan dilatih sehingga membuatnya tumbuh sebagai orang yang supel dan luwes.

Training panahan untuk anak berkebutuhan khusus

Ternyata berlatih panahan juga dapat menjadi salah satu terapi bagi anak berkebutuhan khusus, misalnya  penderita autism dan ADHD. Ini karena mereka dilatih untuk meningkatkan focus dan dampaknya akan sangat positif bagi terapi-terapi perilaku lainnya yang dijalani.

Menurut situs ADDitudeMag.com, bagi anak-anak penderita hiperaktif atau ADHD training ini adalah salah satu olahraga terbaik. Beberapa pusat pelatihan panahan bahkan mempunyai program bimbingan khusus untuk anak-anak berkebutuhan khusus dengan pendampingan dari ahlinya.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comment here