Berita

Membuat Berita Yang Viral untuk Pansos

Anda pernah mendengar kata pansos atau panjat sosial? Kata tersebut diambil dari bahasa Inggris social climber dimana seseorang berupaya meningkatkan citra serta posisi sosial mereka. Di era internet dan sosial media sebagaimana saat ini, pansos umumnya dilakukan dengan unggahan-unggahan pamer kekayaan dengan outfit branded from head to toe, mobil sport, hingga hunian mewah luar biasa. Konten-konten tersebut dibuat dengan tujuan agar menjadi berita yang viral. Selain pamer tak sedikit pula rancangan-rancangan peristiwa setingan yang membuat seseorang, biasanya selebritis, semakin mendapat perhatian dan popularitas.

Membuat-Berita-Yang-Viral-untuk-Pansos
Membuat-Berita-Yang-Viral-untuk-Pansos

Fenomena pansos dengan menyebarkan berita yang viral bisa memicu gangguan jiwa

Pansos ini cenderung dilakukan oleh orang-orang yang ingin cara instan untuk meningkatkan status sosial, tanpa perlu proses panjang dan memakan waktu.  Yang paling dirugikan dari upaya social climber ini adalah yang bersangkutan sendiri, mereka akan cenderung bergaya hidup mewah demi terlihat kaya walaupun tak sesuai dengan penghasilan.

Meski terlihat tak berbahaya, tapi gejala ini bisa dianggap serius bila seseorang menjadi terobsesi hingga berani melakukan segalanya untuk meraih keinginannya, misalnnya benda-benda yang mahal dan mewah. Tak sedikit yang sudah menjadi korban hingga rela melibatkan diri dalam tindak kriminal, prostitusi, dan penipuan demi mendapatkan uang untuk membiayai gaya hidupnya. Akibatnya, citra diri bisa rusak, kehilangan martabat, belum lagi menjadi sasaran perundungan pengguna internet.

Hingga saat ini kecenderungan untuk pansos belum dapat dikategorikan sebagai penyakit kejiwaan, melainkan fenomena. Tapi bila yang bersangkutan tak merasa bahwa gejala ini adalah sesuatu yang keliru dalam dirinya dan segera mengubah diri, maka lambat laut berimbas juga pada kejiwaan. Pada umumnya social climber mempunyai ciri-ciri yang hampir sama, yaitu:

  • Pelaku pansos sangat memperhatikan penampilannya dengan mendandani seluruh tubuh menggunakan outfit bermerk, bila perlu karya desainer internasional. Membeli barang-barang yang mahal sesungguhnya sah-sah saja asalkan tersedia dana yang mencukupi.
  • Mereka yang sengaja merancang dan menyebarkan berita yang viral untuk pansos tak akan bisa berhenti beraktivitas di media sosial karena di sinilah peluang mereka untuk membangun citra diri. Unggahan mereka pun tak akan jauh-jauh dari kemewahan dan kekayaan.
  • Tentu saja bila ingin status sosialnya menjadi lebih tinggi para pemanjat sosial akan berupaya masuk pada lingkaran pertemanan yang dianggap berstatus sosial tinggi.
  • Menjalin pertemanan dengan tujuan tertentu umumnya tak akan bertahan lama karena mustahil kedekatan personal bisa terjalin. Inilah sebabnya para social climber jarang dapat berempati kepada orang lain.
  • Upaya para pemanjat sosial dianggap berhasil bila yang bersangkutan dapat menjadi pusat perhatian. Bila sulit mendapatkan perhatian dengan kemampuan atau prestasi, mereka bahkan tak segan untuk membuat kontroversi hingga hal-hal negatif yang lain.

Selebritis dan berita yang viral untuk pansos

Selebritis yang terang-terangan sedang melakukan pansos demi popularitas adalah pasangan suami istri controversial Pablo Benua dan Rey Utami. Ini terungkap pasca vlog mereka yang mengulas tentang selebritis lainnya, yaitu Luna Maya, Reino Barack, dan Syahrini. Keduanya kompak menampik bila konten tersebut untuk membuka aib orang lain melainkan untuk meningkatkan traffic channel YouTube mereka.

Selain 3 selebritis tersebut, pasangan ini juga pernah mengunggah konten yang sempat membuat penulis indigo Risa Saraswati meradang, pasalnya dirinya dituduh merancang setingan tentang konten-konten supranatural yang selama ini memenuhi YouTube Risa. Pada unggahannya yang lain Pablo juga pernah menyentil cawapres nomor 02, Prabowo Subianto sebagai penderita gangguan jiwa.

Namun kali ini Pablo dan Rey tampaknya kena batunya setelah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pencemaran nama baik dan pelecehan seksual secara lisan yang melibatkan artis Fairuz A. Rafiq dan mantan suaminya, Galih Ginanjar. Bersama Galih mereka harus rela menjadi tahanan Polda Metro Jaya karena menyebarkan berita yang viral tentang kehidupan pribadi Galih dan Fairuz saat masih berstatus suami istri.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comment here