Nutrition

Memenuhi Kebutuhan Nutrition Para Vegetarian

Walaupun bukan pelaku atau belum pernah mencobanya sama sekali tentunya Anda pernah mendengar pola makan vegetarian. Secara umum orang menganggapnya sebagai pola makan yang menghindari daging, walaupun faktanya vegetarian terbagi menjadi beberapa kategori. Orang-orang yang menjalankan pola makan ini mempunyai alasannya masing-masing mulai dari demi kesehatan hingga alasan spiritual. Bagi Anda yang berniat mencoba  menjadi vegan, ketahui terlebih dahulu cara  mendapatkan nutrition yang lengkap walaupun tanpa daging agar tidak kekurangan gizi.

Memenuhi-Kebutuhan-Nutrition-Para-Vegetarian
Memenuhi-Kebutuhan-Nutrition-Para-Vegetarian

Pola makan sehat vegetarian nutrition

Untuk mendapatkan asupan nutrisi seimbang agar tubuh Anda tetap sehat, inilah beberapa bahan makanan yang seharusnya termasuk dalam menu harian Anda tanpa menyertakan unsur hewani.

Protein

Manfaat protein adalah menjaga kesehatan otot, tulang, kulit, serta organ penting lainnya. Selain susu dan produk turunannya, Anda bisa mendapatkan protein nabati dari biji-bijian utuh, kacang-kacangan, serta produk kedelai. Tahu, tempe, kedelai rebus, atau susu kedelai bisa menjadi pilihan yang baik.

Kalsium

Kalsium dibutuhkan tubuh untuk membentuk gigi serta tulang terutama di masa pertumbuhan. Bagi para vegetarian Anda bisa memperoleh sumber kalsium dari bahan makanan yang dibuat dari olahan kedelai, oat, beras, biji wijen, buah-buahan kering, dan kacang-kacangan. Beberapa produk oat diolah dengan tambahan zat kalsium atau telah difortifikasi.

Vitamin D

Tubuh memang dapat memproduksi sendiri vitamin D dengan asupan sereal serta susu kedelai  dan tambahan sinar matahari. Pilihan lainnya adalah mengonsumsi suplemen vitamin D, tapi berkonsultasilah dulu dengan dokter Anda untuk mendapatkan rekomendasi produk tanpa bahan hewani serta cara mengonsumsinya yang tepat.

Iodine

Nutrition ini adalah unsur yang terdapat dalam hormone tiroid dan bermanfaat untuk membantu mengendalikan metabolism tubuh, menunjang kinerja organ penting, juga membantu pertumbuhan tubuh anak. Para vegan dapat mengonsumsi sayuran seperti kembang kol, bok choy, brokoli, kubis, dan kentang manis untuk mendapatkan asupan iodine.

Vitamin B12

Zat gizi ini paling banyak terdapat pada daging-dagingan dan cukup sulit ditemukan pada bahan makanan lainnya. Sebagai alternatifnya Anda bisa mencoba produk-produks sereal dengan bahan tambahan vitamin B12 atau mengonsumsi suplemen. Vitamin B12 bermanfaat untuk menjaga system peredaran darah dan syaraf tetap sehat.

Zat besi

Tubuh membutuhkan zat besi untuk  memproduksi sel-sel darah merah. Vegetarian nutrition yang berhubungan dengan zat besi bisa diperoleh dari sayuran hijau, kacang-kacangan, sereal dengan tambahan zat besi, produk olahan dari gandumg utuh misalnya tepung dan roti, serta biji-bijian.

Asam lemak omega-3

Pastikan tubuh Anda mendapatkan cukup asupan omega-3  untuk membuat jantung tetap sehat. Ikan dan telur adalah bahan makanan yang kaya akan omega-3, para vegetarian dapat mengganti bahan makanan tersebut dengan minyak-minyak nabati seperti minyak kanola dan kedelai, serta kacang kedelai.

Zinc

Asupan zat gizi yang satu ini diperlukan untuk pembelahan sel serta pencernaan makanan yang mengandung protein. Masalahnya  zinc yang bersumber dari bahan makanan nabati lebih sulit dicerna dibandingkan dari makanan hewani. Bahan makanan non hewani yang mempunyai kandungan zinc adalah kacang-kacangan dan biji-bijian.

Setelah mengetahui nutrition yang dibutuhkan dari makanan-makanan non hewani sekarang Anda bisa mencoba sedikit demi sedikit untuk menjadi vegetarian. Jangan terburu-buru dalam berpantang daging namun sebaliknya, konsumsilah lebih banyak sayuran serta hidangan nabati lainnya dalam menu makanan Anda.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comment here