Nutrition

Memenuhi Kebutuhan Nutrition Penderita Alergi

Mempunyai buah hati yang menderita alergi bawaan memang menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi orangtua. Larangan mengonsumsi beberapa jenis bahan tertentu memang berpotensi memicu kekurangan gizi atau mal-nutrition. Akibatnya tumbuh kembang anak bisa terganggu karena pada usia tersebut mereka membutuhkan asupan makanan sehat dan seimbang. Simak ulasan berikut untuk mengetahui solusinya.

Memenuhi-Kebutuhan-Nutrition-Penderita-Alergi
Memenuhi-Kebutuhan-Nutrition-Penderita-Alergi

Mendapatkan  nutrition untuk anak alergi dengan beberapa bahan pengganti

Inilah beberapa bahan makanan yang kerap menjadi sumber alergi dan bahan penggantinya:

Susu

Bahan inilah yang paling banyak menjadi allergen pada anak. Susu dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan bila buah hati Anda alergi, dapat diganti dengan sumber lain yang mengandung kalsium misalnya sayuran hijau. 1 cangkir sayuran hijau mempunyai nilai kalsium setara dengan 4 ons susu. Untuk si kecil yang masih berusia 1 tahun atau lebih Anda dapat memberikan susu kedelai, susu oat, susu kacang almond, hingga susu beras dengan nutrisi tambahan.

Telur

Telur adalah sumber protein tinggi dan aneka vitamin. Bila si kecil alergi, bahan pengganti alternatif yang dapat Anda berikan adalah kacang-kacangan, daging merah, dan daging unggas. Sementara untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan bahan-bahan lain Anda dapat memberikan asupan buah dan sayur-sayuran.

Kacang

Kacang-kacangan seperti yang kita ketahui adalah sumber nutrition berupa protein nabati, vitamin E da B6, magnesium, dan lain-lain. Jangan ambil resiko bila buah hati Anda memang dilarang mengonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan karena Anda dapat menggantinya dengan kelompok bahan makanan yang lain, misalnya protein hewani.

Kedelai

Kandungan vitamin B6, riboflavin, zat besi, dan fosfor pada kedelai sesungguhnya sangat dibutuhkan untuk memenuhi gizi anak di masa pertumbuhan. Sebagai pengganti Anda bisa memberikan asupan lain yang juga kaya protein mulai dari sayuran, buah-buahan, serta biji-bijian. Bila makanan pengganti tersebut diberikan pada jumlah yang cukup buah hati Anda tak akan mengalami kekurangan gizi.

Terigu

Terigu adalah salah satu bahan olahan dari gandum dan Anda dapat menggantikannya dengan asupan gandum-ganduman lainnya. Direkomendasikan memilih produk gandum dengan tambahan nutrisi dari brand yang terpercaya. Zat gizi yang bersumber dari bahan tersebut misalnya adalah folacin, zat besi, dan vitamin B.

Ikan

Sangat disayangkan bila buah hati Anda menderita alergi ikan karena merupakan sumber nutrition dan protein yang baik sekaligus rendah kolesterol. Kandungan gizi yang terdapat pada daging ikan adalah selenium, fosfor, zinc, zat besi, magnesium, vitamin E, A, B12, B6, niacin, dan lain-lain. Tapi Anda tak perlu khawatir dulu karena Anda juga bisa memperoleh nutrisi yang dibutuhkan pada sumber-sumber bahan makanan lain seperti kacang-kacangan,biji-bijian, daging,  dan seterusnya.

Mengajari si kecil mengonsumsi beragam makanan sejak dini akan membantu Anda memberikan asupan nutrition untuk anak alergi sehingga proses tumbuh kembangnya akan berjalan baik.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula
  • Mengenal-Metode-Hipnoterapi-Untuk-Menanamkan-Motivation
  • 6 Teknik Menjalankan Bisnis Properti Menguntungkan Untuk Pemula

Comment here