Nutrition

Memenuhi Kebutuhan Nutrition Untuk Si Picky Eater

hello pasbaronliners…!!!

Setiap masa tumbuh kembang anak orang tua akan menemui berbagai kondisi yang berbeda-beda baik pada fisik atau psikisnya. Salah satunya adalah kebiasaan memilih-milih makanan alias picky eater saat si kecil sudah memasuki usia pra sekolah. Kondisi ini sebenarnya umum terjadi namun orang tua tetap harus waspada untuk menghindari mal nutrition atau kekurangan gizi yang dapat menyebabkan stunting (gagal pertumbuhan).

Bila tak segera diatasi picky eater akan merugikan kesehatan buah hati terutama di momen-momen penting kehidupannya, yaitu di masa tumbuh kembang. Kekurangan gizi bisa membuat anak kurang tinggi badan dibandingkan teman-teman sebayanya, dan yang lebih berbahaya lagi bisa mengalami keterlambatan dalam berpikir. Sesuai data WHO di tahun 2017, anak-anak Indonesia masih  banyak yang mengalami gizi buruk, yaitu menduduki peringkat ke-5 di dunia.

Memilih-milih makanan menurut para ahli adalah gejala yang berkaitan dengan perkembangan psikologis dan berujung pada perilaku makan yang demikian. Tanda-tanda anak adalah seorang picky eater adalah menolak mencoba menu baru, enggan mengonsumsi terutama buah dan sayur serta secara ekstrem membenci makanan tertentu. Si kecil bahkan bisa sampai menangis meraung-raung karena tak mau makan atau menutup mulutnya saat disuapi.

Nutrition-Untuk-Si-Picky-Eater
Nutrition-Untuk-Si-Picky-Eater

Bila nutrition untuk picky eater  tak terpenuhi pertumbuhan tubuh dapat terhenti diikuti perubahan perilaku, misalnya menjadi lemas dan kurang tertarik untuk melakukan berbagai aktivitas bermain, dan berat badannya berkurang. Sayangnya tak sedikit orang tua yang meremehkan kondisi ini karena mengira konsumsi lebih banyak susu dapat menjadi solusi. Faktanya susu hanyalah pelengkap karena akan tetap memerlukan nutrisi dari makanan alami.

Memenuhi kebutuhan gizi picky eater

Bila saat ini buah hati Anda tengah berada pada fase senang pilih-pilih makanan, berikut ini adalah beberapa solusinya.

Jangan memaksa

Enggan makan pada anak bisa dipicu oleh perilaku orang tua sendiri yang  kerap memaksa mereka makan, sehingga  memicu frustrasi dan kecemasan. Sebaiknya sediakan makanan untuk anak  dalam porsi kecil agar tidak kekenyangan dan bila si kecil masih merasa lapar biarkan dia untuk menambah sendiri sesuai keinginannya.

 Menetapkan jadwal makan

Cobalah menerapkan jadwal makan yang teratur untuk menghindarkan si kecil mengudap sepanjang hari. Akibatnya mereka akan kekenyangan dan enggan menyantap makanan yang lebih berat.

Menu baru

Para ibu biasanya menyediakan menu-menu baru untuk melengkapi nutrition bagi anak. Untuk itu orangtua atau pengasih sebaiknya tak terburu-buru. Umumnya anak akan menyentuh atau mencium aroma makanan tersebut baru mencicipinya.  Walaupun si kecil tampak tak berselera Anda jangan menyerah. Hal ini membutuhkan proses sebelum dia menjadi terbiasa. Menu baru juga dapat disajikan dengan hidangan kesukaannya untuk membangkitkan selera anak.

 Makan menjadi aktivitas yang seru

Makan seharusnya menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan. Cobalah menggunakan bahan-bahan makanan berwarna cerah, terutama sayur-sayuran. Anda bisa mempelajari penyajian makanan untuk si kecil dengan bentuk-bentuk yang lucu agar semakin menarik hati.

Memasak bersama

Cobalah  mengajak si kecil menyiapkan makanannya bersama-sama, mulai dari berbelanja, memasak, hingga menghidangkannya. Saat di supermarket arahkan anak pada rak buah dan sayuran dan minta si kecil membantu Anda memilihnya. Biasanya trik ini manjur karena anak cenderung ingin mencoba hidangan “hasil karyanya” sendiri. Untuk mendapatkan nutrition untuk picky eater sebaiknya jangan melintasi lorong-lorong snack atau kudapan manis yang justru menghilangkan selera makannya karena terlalu banyak ngemil.

Selamat mencoba!

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula
  • Mengenal-Metode-Hipnoterapi-Untuk-Menanamkan-Motivation

Comment here