Olahraga

Memilih Olahraga Sesuai Usia Anak

Anak yang sehat pastinya adalah yang aktif dan senang bergerak, karena itu olahraga  tentu menjadi hal yang menyenangkan bagi mereka. Orangtua seharusnya tak membuang kesempatan pada untuk memperkenalkan serta mengajarkan aktivitas tersebut sedini mungkin. Manfaatnya tentu saja akan membantu menjaga kesehatan tubuh si kecil sekaligus memberi peluang untuk menjadi lebih percaya diri karena mereka akan mempunyai  keterampilan yang  tak dipunyai teman-teman sebayanya yang lain.

Memilih-Olahraga-Sesuai-Usia-Anak
Memilih-Olahraga-Sesuai-Usia-Anak

Memilih olahraga untuk anak

Lalu apakah jenis olah tubuh yang cocok untuk anak-anak? Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal orang tua memang seharusnya cermat memilih jenis sport yang paling sesuai dengan usianya. Berikut referensinya bagi Anda.

Usia 6 – 9 tahun

Pada usia demikian ini anak masih sulit memahami perintah yang terlalu sulit. Jadi olahraga yang cocok adalah yang perintahnya jelas dan singkat agar tak membuat mereka kebingungan. Yang penting adalah berkonsentrasi untuk melatih gerakan serta teknik yang  tepat. Untuk usia 6 – 9 tahun olah tubuh yang cocok adalah lari, sepak bola atau futsal, gymnastic, renang, dan bela diri.

Usia 10 – 12 tahun

Di sini anak mulai dapat berpikir tentang strategi-strategi dalam permainan fisik sehingga lebih siap untuk berlatih sport yang rumit. Selain itu permainan dalam tim juga dapat membantu mereka untuk berinteraksi serta sebagai ajang belajar mengembangkan toleransi terhadap orang lain. Jenis olahraga untuk anak yang cocok bagi mereka adalah bulu tangkis, baseball, softball, bola voli, dan basket.

Olah tubuh yang berhubungan dengan permainan akan membantu proses anak menuju kedewasaan serta kematangan. Ini karena  permainan tersebut rawan terjadi kontak fisik, misalnya tak sengaja tertabrak, menendang kaki teman setim atau lawan, hingga cedera ringan. Di sinilah anak belajar menjadi dewasa dan mengontrol emosinya sekaligus memahami orang lain.

Mereka yang sejak usia dini telah mempelajari cara memosisikan egonya dengan benar akan tumbuh menjadi orang dewasa yang lebih sukses dalam sosialisasinya. Dengan begitu yang bersangkutan juga diharapkan lebih berhasil dalam menjalin relasi yang akan berdampak positif bagi masa depannya kelak.

Manfaat olahraga bagi anak-anak

Bila memungkinkan orang tua juga dapat mengombinasikan jenis sport untuk anak agar keterampilan yang dimilikinya semakin beragam. Terlalu focus pada satu jenis sport mungkin membuat anak bosan, tapi bila ini sudah menjadi hobbynya tentu tidak menjadi masalah. Yang paling penting adalah anak menikmati olah tubuh tersebut.  Pada usia-usia yang lebih besar, misalnya saat duduk di bangku SMP atau SMA pilihan sport bagi anak bisa semakin beragam sesuai minat mereka.

Bagi yang masih ragu untuk mendaftarkan buah hatinya pada kelas-kelas sport, ketahuilah lebih dulu manfaat aktivitas ini untuk anak-anak.

  1. Rutin melakukan sport akan menghindarkan anak dari kelebihan berat badan atau obesitas.
  2. Anak akan lebih bugar dan sehat bila rajin beraktivitas fisik sehingga seluruh aktivitasnya dapat berjalan lancar.
  3. Organ penting yang dilatih saat melakukan sport adalah paru-paru dan jantung sehingga akan menjadi lebih kuat dan mampu bekerja semakin efektif.
  4. Olah tubuh penting untuk menunjang pertumbuhan anak terutama dengan mengoptimalkan pembentukan tulang dan ototnya.
  5. Aktivitas olahraga untuk anak akan membantu meningkatkan keseimbangan tubuh serta koordinasi geraknya.
  6. Kurang beraktivitas fisik dapat memicu masalah metabolic sehingga sejak usia dini seharusnya anak sudah dibiasakan untuk berolahraga.
  7. Aktif bergerak dan melatih fisik juga akan membantu anak membentuk postur tubuh yang baik.

Semoga bermanfaat!

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula
  • Mengenal-Metode-Hipnoterapi-Untuk-Menanamkan-Motivation

Comment here