Motivation

Menanamkan Motivasi Belajar Kepada Anak Agar Gemar

Hello pasbaronliners…….

Beban pelajaran serta tuntutan nilai akademik di sekolah yang semakin berat di masa sekarang ini tentu membuat para orangtua merasa cemas bila kemauan buah hatinya untuk belajar rendah. Mereka pun bingung bagaimana cara menanamkan motivasi belajar  agar buah hatinya mau . Yang dimaksud motivasi sesungguhnya adalah dorongan yang membuat seseorang bersedia untuk mencapai tujuan tertentu walaupun harus bersusah-payah. Untuk menanamkan kemauan belajar seharusnya  anak-anak mendapatkan pemahaman bahwa belajar itu perlu untuk mencapai tujuan tertentu.

Menanamkan-Motivation-Kepada-Anak-Agar-Gemar-Belajar
Menanamkan-Motivation-Kepada-Anak-Agar-Gemar-Belajar

Tugas orangtua yang berniat untuk menanamkan motivasi belajar pada anak tentu harus mampu menyampaikan pemahaman tersebut dengan benar. Bila alasan yang Anda berikan tidak tepat, motivasi itu hanya bertahan sebentar saja. Orangtua pada umumnya meminta anak rajin belajar agar mendapat nilai bagus dan bila mereka gagal meraihnya anak akan mendapat hukuman.

Percayalah cara ini tidak efektif karena anak-anak, terutama yang masih berusia dini akan kehilangan rasa amannya. Yang dibutuhkan oleh buah hati Anda adalah kasih sayang dari orangtua tanpa pamrih, termasuk tanpa kewajiban untuk mendapat nilai sempurna.

Bila rasa nyaman  dan aman di rumah lenyap dan anak-anak merasa  tak dapat membuat orangtuanya senang, tuntutan untuk berprestasi dapat memicu stress dan frustrasi.  Mereka yang dulunya mempunyai motivasi untuk belajar justru bisa lenyap sama sekali. Tak mempunyai keinginan untuk belajar akan semakin menyulitkan mereka pada kelas-kelas yang lebih tinggi karena materi pelajaran yang diberikan akan jadi semakin sulit dan berat.

Cara tepat menanamkan motivasi belajar pada anak agar giat belajar

Sebaiknya orangtua memberi pemahaman bahwa belajar bukanlah untuk nilai melainkan merupakan suatu proses untuk memperluas wawasan, meningkatkan kepandaian, dan dapat menjadi orang yang lebih baik. Upaya memotivasi anak agarmenjadi pembelajar seumur hidup seharusnya dilakukan secara berkesinambungan. Selain itu anak juga perlu diberi pengertian bahwa proses belajar tidak berhenti di bangku sekolah saja, melainkan dimana pun orang selalu dapat mengambil pelajaran dari lingkungan sekitar dan pengalamannya.

Untuk menumbuhkan minat belajar pada anak inilah beberapa upaya yang dapat Anda coba:

  1. Pastikan buah hati Anda berada dalam lingkungan yang sehat, bebas, aman, dan nyaman sehingga si kecil dapat menjalani momen tumbuh kembang tanpa trauma. Perasaan dicintai, diterima, serta didukung dari anggota keluarga yang lain juga sangat penting bagi perkembangan anak.
  2. Ajari buah hati Anda untuk melakukan evaluasi dan refleksi diri dengan memahami kekurangan dan kelebihan serta bagaimana orangtua dapat mendukungya.
  3. Orangtua juga perlu melakukan refleksi diri, jangan-jangan keinginan anak untuk masa depannya tidak sama dengan Anda, dan tanpa sadar orangtua selama ini telah jalan hidup buah hatinya tanpa melibatkan mereka atau tanpa menanyakan apa keinginannya.
  4. Walaupun sudah berusaha keras hasil yang didapatkan kadang belum memuaskan. Anak masih belum memiliki self motivation untuk belajar sebagaimana harapan Anda seharusnya tak membuat Anda jadi merasa bersalah. Yang perlu dilakukan hanyalah terus-menerus berusaha karena Anda pasti mendapatkan solusi terbaik.
  5. Setiap manusia itu unik dengan kelemahan serta keunggulannya masing-masing. Orangtua juga harus menerima hal ini terkait buah hati mereka. Tidak pintar sains atau matematika bukan berarti anak-anak Anda kurang cerdas karena mereka tentu mempunyai kelebihan di bidang lain. Yang perlu dilakukan hanyalah menemukan bakat tersebut dan mengembangkannya seoptimal mungkin.
  6. Untuk memunculkan motivasi belajar pada anak jangan lupa untuk memberinya penghargaan. Tak selalu harus dalam bentuk benda, pelukan atau pujian sudah cukup bagi si kecil agar mereka tak terbiasa berbuat sesuatu untuk mengharapkan reward material. Selamat mencoba!

 Semoga bermanfaat…!!!

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula
  • Mengenal-Metode-Hipnoterapi-Untuk-Menanamkan-Motivation

Comment here