Olahraga

Mengapa Harus Olahraga?

Bagi banyak orang memulai untuk olahraga adalah sesuatu yang begitu sulit dan umumnya  dengan alasan-alasan klasik seperti tak punya waktu, sibuk bekerja, malas, ingin beristirahat setelah seharian sibuk di kantor, dan seterusnya. Padahal aktivitas ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan jiwa dan raga. Jangan ragu menginvestasikan waktu Anda 1 hingga 2 jam saja dalam seminggu untuk melatih fisik Anda.

Mengapa-Harus-Olahraga
Mengapa-Harus-Olahraga

Mengapa orang harus olahraga?

Tak perlu ragu untuk segera memulai aktivitas ini karena menurut para professional dalam kebugaran, inilah alasannya mengapa sport penting bagi semua orang.

Mengurangi kecemasan

Apakah Anda kerap mengalami kecemasan atau anxiety akibat trauma tertentu atau tengah didera suatu masalah? Bila demikian Anda bisa memasukkan sport sebagai salah satu terapi penyembuhan. Penyebabnya karena kegiatan fisik dapat memulihkan pikiran seseorang karena mengurangi stress dan membuat yang bersangkutan dapat lebih berkonsentrasi.

 Menunjang tercapainya impian

Setiap  orang tentunya mempunyai cita-cita atau impian, misalnya ingin kaya, ingin keliling dunia, atau ingin merakit sendiri kendaraan pertama Anda. Seluruh keinginan tersebut akan sulit untuk direalisasikan bila tidak ditunjang oleh fondasi kebugaran atau kesehatan fisik yang optimal. Sport akan memberi kekuatan untuk tubuh Anda dan memberi pilihan yang lebih banyak untuk menjalani hidup sesuai keinginan. Bukankah tak sedikit orang yang tak mempunyai keistimewaan tersebut gara-gara masalah kesehatan.

Manfaat bagi tubuh

Satu alasan untuk  olahraga yang cukup kuat adalah karena aktivitas ini memberi manfaat bagi keseluruhan tubuh Anda. Sport akan membantu memperlancar kinerja organ-organ penting dalam tubuh sehingga mampu memberikan performa terbaiknya. Proses metabolism tubuh akan berjalan lebih lancar pada mereka dengan beban otot yang berat dan ini hanya dapat dicapai dengan olah tubuh.

Bila tak ingin mengalami masalah keropos  tulang atau osteoporosis di masa tua, luangkan waktu untuk beraktivitas fisik sehingga tulang Anda menjadi lebih kuat.  Rutin melakukan aktivitas fisik akan membantu Anda menghindari penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah akibat penggumpalan pada arteri. Mereka yang lebih rajin melakukan olah tubuh juga memiliki kekebalan yang lebih baik sehingga lebih mudah mengatasi infeksi virus atau bakteri jahat.

Membuat lebih bahagia

Saat sedang bad mood, lakukanlah aktivitas fisik, misalnya berjalan kaki di taman selama 30 menit, bersepeda keliling kompleks perumahan Anda, atau berenang.  Percayalah suasana hati Anda dijamin akan segera membaik setelahnya. Setelah keringat mengucur deras dari tubuh pasca berkegiatan fisik rasa bahagia akan muncul serta berbagai pikiran negatif akan berkurang. Secara ilmiah, sport akan membantu meningkatkan hormone endorphin yang menimbulkan perasaan bahagia.

Memperkuat mental

Tak hanya dapat menguatkan fisik serta membuat orang menjadi lebih sehat, sport faktanya juga berkontribusi dalam kekuatan mental seseorang. Melakukan aktivitas fisik ternyata dapat meningkatkan kekuatan mental yang bersangkutan. Ini karena mereka akan terdorong untuk menjadi lebih teguh serta gigih melakukan sesuatu serta melampaui batas kemampuan dalam aktivitas sportnya.

Sikap positif ini bisa terbawa dalam keseharian karena melalui latihan olahraga yang teratur orang bisa belajar mengenali dirinya dan mendorongnya menjadi pribadi yang lebih baik. Sport dapat membantu melatih disiplin, memunculkan ambisis untuk melampau batas kemampuan yang seringkali merupakan mental block, hingga melatih diri untuk mencapai target tertentu.

Dari berbagai manfaat di atas, tentunya Anda tak perlu ragu lagi untuk segera mulai olahraga, bukan?

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula
  • Mengenal-Metode-Hipnoterapi-Untuk-Menanamkan-Motivation

Comment here