Training

Mengenal Aquatic Training

Apakah Anda termasuk orang yang enggan berolahraga karena malas berkeringat? Bila demikian Anda harus mencoba akuarobik yang merupakan salah satu cabang dari aquatic training. Alih-alih melakukan gerakan senam dengan lincah di hall-hall pusat kebugaran, akuarobik justru dilakukan di kolam renang. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa gerakan  erobik atau aquarobik sesungguhnya sama namun dilakukan pada media yang berbeda.

Mengenal-Aquatic-Training
Mengenal-Aquatic-Training

Apa itu training dalam air

Olahraga akuarobik juga diklaim lebih ringan dibandingkan erobik biasa, alasannya karena tak perlu terlalu mengandalkan kekuatan kaki mengingat hampir semua gerakannya bertumpu di kaki, sementara air akan membantu mengurangi massa tubuh. Inilah sebabnya pula olahraga dalam air ini disarankan bagi mereka yang pada proses recovery setelah mengalami cedera.

Kelas-kelas akuarobik dibagi menjadi dua kategori, yaitu berlatih di kolam dangkal dan kolam dalam. Bila latihan dilakukan di kolam dangkal, kaki Anda masih bisa menapak pada lantai kolam, sementara untuk latihan di kolam dalam, peserta harus memakai pelampung khusus yang dipasangkan pada bagian pinggang agar tak perlu bersusah payah membuat tubuhnya terapung.

Bagi mereka yang berlatih aquatic training dalam rangka menyembuhkan cedera yang bersangkutan akan dibawa ke kolam dangkal dahulu untuk menyesuaikan diri bau kemudian diarahkan ke kolam yang dalam. Mereka yang cedera lebih disarankan untuk berlatih di kolam yang dalam karena memungkinkan untuk belajar menggerakkan kaki dengan gerakan mengayuh pedal sepeda.

Aquatic training juga cocok bagi lansia bahkan hingga usia 80 tahunan karena tak perlu mengeluarkan tenaga terlalu besar untuk olahraga ini. Beberapa lansia yang rutin melakukan latihan ini mengklaim menjadi lebih bugar dan dapat menjadi solusi dari masalah persendian hingga syaraf terjepit.

Olahraga yang cocok bagi yang ingin langsing

Walaupun tidak berkeringat jangan mengira bahwa olahraga ini kurang membakar kalori. Anda bisa mencoba gerakan memantul, melompat, berjalan, mengayuh, hingga lari cepat di dalam air untuk percaya bahwa latihan ini cukup melelahkan. Indikatornya adalah kepala Anda akan terasa panas dan ini artinya tenaga yang dikeluarkan untuk olahraga ini sudah sangat besar.

Walaupun banyak gerakan yang melatih kekuatan kaki, tapi bukan berarti akuarobik hanya diperuntukkan bagi anggota tubuh bagian bawah. Bila sudah mampu beradaptasi Anda bisa berlatih menggunakan peralatan seperti noddle dan dumbbell untuk membuat otot punggung, dada, dan lengan menjadi lebih berotot dan terbentuk indah.

Satu lagi yang menyenangkan dalam latihan ini selain tidak berkeringat adalah dapat bersosialisasi dengan banyak orang dengan berbincang-bincang sembari melakukan gerakan senam, mengayuh, atau melatih keseimbangan. Olahraga aquatic ini sesungguhnya sudah demikian populer di mancanegara dan baru diperkenalkan di tanah air sejak beberapa tahun terakhir. Meskipun begitu olahraga yang satu ini mendapat sambutan yang cukup hangat.

Aquatic training untuk para atlet

Bergerak di dalam air juga merupakan paket latihan yang sangat berguna bagi atlet terutama untuk melatih daya tahan mereka agar mampu menampilkan performa terbaik di arena. Model latihan yang berkonsentrasi pada tujuan ini adalah squat jump dalam air, long jump, dan lari. Ada pula treatmen khusus untuk menguatkan mulai dari pangkal kaki hingga otot-otot paha. Untuk atlet yang baru mengalami cedera, sebagai bagian dari metode pemulihan mereka disarankan melakukan jogging ringan dan jumping jack. Air akan membantu memperingan bobot pemain sehingga mengurangi tekanan pada bagian yang cedera.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula
  • Mengenal-Metode-Hipnoterapi-Untuk-Menanamkan-Motivation

Comment here