Olahraga

Mengenal Olahraga untuk Anak ADHD

Pernahkan Anda mendengar istilah ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder? ADHD merupakan gangguan belajar yang mempengaruhi perkembangan seorang anak hingga begitu parah dan ini terjadi pada 3% higga 5% pelajar sekolah dasar di berbagai negara. Hingga saat ini para ahli terus mengupayakan bentuk-bentuk terapi untuk mengurangi dampak gangguan ini sehingga penderita tetap melewati usia tumbuh kembangnya sebagaimana anak-anak normal lainnya. Faktanya mengajak penderita ADHD untuk beraktivitas fisik atau olahraga diketahui mempunyai efek positif jangka panjang dan mengurangi dampak masalah ini.

Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD

Memilih olahraga untuk anak ADHD

Walaupun aktivitas fisik berdampak baik bagi mereka, namun orangtua atau terapis tak bisa sembarangan dalam memilih training bagi mereka. Inilah beberapa kriteria yang harus diperhatikan.

  • Sebaiknya aktivitas sport tak terlalu banyak memerlukan proses berpikir yang rumit.
  • Anak diupayakan dapat memahami aturan dalam sport dalam waktu singkat.
  • Aktivitas fisik di luar ruangan dan terbuka lebih disarankan untuk memberi ruang kepada mereka berekspresi.
  • Anak dengan ADHD berminat untuk melakukan latihan tersebut dengan pengawasan dari instruktur berpengalaman.

Beberapa jenis latihan berikut ini akan membantu anak ADHD untuk meningkatkan focus dan kepercayaan diri. Alasannya karena di sini anak belajar bahwa penentu kesuksesannya adalah dirinya sendiri dan bukan karena tergantung kepada orang lain. Setelah merasakan keberhasilan dalam training diharapkan anak akan mempunyai citra yang lebih positif terhadap dirinya.

Beladiri –  Semua jenis olahraga beladiri menuntut anak untuk mempunyai konsentrasi dan focus yang baik.

Training di luar ruangan – Mereka yang mempunyai gangguan hiperaktif sebaiknya disediakan ruang gerak yang luas untuk menyalurkan tenaganya. Beberapa aktivitas yang bisa dipilih adalah bersepeda, hiking, jogging, atau kegiatan di alam seperti kepramukaan.

Renang – Berenang adalah training yang memberikan tantangan bagi anak serta dapat melatih kekuatan fisknya serta memacu semangat untuk menjadi juara. Selain renang aquatic training juga bisa menjadi pilihan karena mempunyai efek menenangkan.

Olahraga untuk anak ADHD  berikutnya  yang dapat menjadi pilihan adalah sport dalam tim atau beregu. Manfaatnya bagi pengidap ADHD adalah melatih kepekaan sosialnya karena merasa dirinya adalah bagian dari tim yang besar. Selain itu training ini juga cocok untuk mengajarkan tanggungjawab bahwa dirinya mempunyai kontribusi dalam kesuksesan serta kegagalan tim.

Di sini mereka juga dapat berkenalan dengan siswa-siswa yang lain sehingga kemampuan interaksinya diharapkan dapat turut meningkat. Training secara beregu dengan seorang kapten atau leader akan memberi kesempatan anak untuk menghargai orang lain dan mengikuti arahan dari pimpinan.

Jenis olahraga tim yang dapat dipilih sesungguhnya cukup  beragam, Anda tinggal menyesuaikannya dengan minat anak, misalnya, sepakbola atau futsal, bola voli, basket, baseball, atau lari estafet. Semoga bermanfaat!

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comment here