Motivation

Menumbuhkan Self Motivation Dengan Self-Hyposis

Untuk mencapai hal yang luar biasa dalam hidup seperti mewujudkan impian untuk menjadi pengusaha, memenangkan kompetisi olahraga, hingga menemukan belahan jiwa manusia memerlukan motivasi yang kuat. Motivasi tersebut lalu akan mendorong yang bersangkutan untuk mengerahkan segala kemampuan dirinya untuk mencapai tujuan dengan upaya terbaik. Motivation atau motivasi bisa timbul dari luar atau karena faktor orang lain dan bisa juga dari diri sendiri. Sebenarnya yang terakhir inilah yang paling penting karena tanpa siapa pun di samping Anda, diri Anda dapat tetap termotivasi dan mempunyai energi untuk menggapai keinginan walaupun harus mengalami kegagalan berulang-ulang.

Menumbuhkan-Self-Motivation-Dengan-Self-Hyposis
Menumbuhkan-Self-Motivation-Dengan-Self-Hyposis

Mengenal self-hypnosis untuk self motivation

Ada banyak cara untuk membuat diri kita tetap termotivasi, mulai dari membaca buku, bergabung dalam komunitas yang beranggotakan orang-orang dengan visi yang sama, atau sekedar mengingat-ingat alasan mengapa harus melakukan upaya tertentu dengan sekuat tenaga untuk mewujudkan mimpi.

Selain cara tersebut ternyata Anda juga dapat menerapkan metode self-hypnosis atau penerapan hypnosis kepada diri sendiri sebagai pensugesti.

Self-hypnosis diharapkan mampu memunculkan visualisasi untuk menumbuhkan motivasi diri demi meningkatkan performa ikhtiar Anda. Sebenarnya selain terkait motivasi diri self-hypnosis juga mempunyai beragam manfaat seperti mengurangi ketegangan mental karena stress hingga mengatasi trauma dan phobia tertentu.

Untuk melakukan metode ini yang bersangkutan bahkan tak membutuhkan kemampuan khusus dan Anda juga tak perlu khawatir karena hal ini sama sekali tidak berbahaya. Jangan membayangkan hypnosis adalah sesuatu yang negatif atau manipulative dan kerap menjadi alat untuk melakukan tindak criminal. Hypnosis faktanya adalah sesuatu yang alami dan tak jarang terjadi pada Anda dalam keseharian.

Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa hypnosis adalah kondisi saat Anda berkonsentrasi penuh pada suatu hal. Contohnya saat tengah focus menonton televisi dengan tayangan acara kesukaan atau sedang mendengarkan music karya musisi idola sebenarnya Anda sudah masuk dalam kondisi hypnosis dan teralihkan dari keadaan di luar itu. Pada saat itu Anda mungkin tidak mendengarkan nada panggil dari ponsel atau ada tamu yang membunyikan bel.

Untuk melakukan hypnosis yang bersangkutan hanya perlu merasa santai, tenang, namun tetap berkonsentrasi. Bila sudah terbiasa melakukannya Anda bisa memanfaatkan metode ini untuk meningkatkan kepercayaan diri, membangun citra yang lebih positif, serta hal-hal positif lainnya untuk pengembangan diri.

Cara kerja self-hypnosis untuk self motivation

Secara ilmiah dapat dijelaskan bahwa pikiran kita dibagi menjadi dua bidang, yaitu conscious mind atau pikira sadar, dan subconscious mind atau bawah sadar. Pikiran sadar bekerja dengan sepengetahuan kita dan sebaliknya pikiran bawah sadar bekerja tanpa diketahui. Hal ini contohnya kita tak pernah mengetahui jantung tengah bekerja memompa darah dan oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh dan kinerja organ-organ penting tubuh lainnya. Sementara pikiran sadar bekerja karena kita “memerintahkannya”, contohnya mengambil benda-benda yang dibutuhkan sehingga tangan terjulur untuk meraihnya.

Para ahli mengatakan bahwa pikiran sadar hanya memegang peranan sebesar 12% dalam tindakan yang kita lakukan, dan pikiran bawah sadar yang mendominasinya  hingga 88%. Contohnya orang sulit menghilangkan kebiasaan yang telah dilakukan selama bertahun-tahun karena sudah terpola dan tertancap di pikiran bawah sadarnya. Pengetahuan tersebut seharusnya dapat digunakan untuk mengembangkan diri, salah satunya adalah menanamkan  motivation baik dengan mensugesti diri dengan hal-hal positif ke dalam pikiran bawah sadar. Caranya adalah melakukan self-hypnosis. Tutorial untuk itu dapat Anda temukan dengan mudah di internet.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comment here