Motivation

Menumbuhkan Self Motivation Itu Mudah

Hidup di dunia ini pasti penuh dengan batu-batu sandungan yang kadang kecil tapi tak jarang juga besar. Jatuh dan terpuruk kerap menghancurkan gairah seseorang untuk meraih impian atau cita-citanya sehingga orang sejatinya memerlukan energi positif atau motivation yang dapat bersumber dari dalam atau dari luar dirinya untuk bangkit kembali. Motivasi akan membuat seseorang mempunyai gairah yang menggebu-gebu untuk meraih cita-cita atau mencapai tujuannya.

Menumbuhkan-Self-Motivation-Itu-Mudah
Menumbuhkan-Self-Motivation-Itu-Mudah

Mendapatkan motivasi untuk sukses dari diri-sendiri

Agar menjadi pribadi yang unggul yang bersangkutan harus dapat memotivasi dirinya sendiri. Dengan begitu semangat Anda akan terus-menerus menyala tanpa peduli seberapa besarnya tantangan yang harus dihadapi. Mampu memotivasi diri-sendiri juga membuat kita tak tergantung dengan orang lain karena toh kesuksesan bukanlah disebabkan oleh orang lain melainkan dibangun oleh tangan sendiri. Inilah beberapa metode efektif yang dapat Anda coba.

Alasan mengapa Anda melakukan ini

Tetapkan alasan yang kuat mengapa Anda melakukan perjuangan ini, misalnya menempuh pendidikan hingga keluar negeri dan harus berpisah sementara dengan keluarga, perjuangan merintis bisnis dari nol, atau berlatih music selama berjam-jam karena ingin menjadikannya sebagai sumber penghasilan. Dengan alasan yang kuat setiap kali terpuruk atau hampir menyerah, untuk menyalakan kembali semangat ingatlah alasan kuat yang memotivasi Anda untuk berjuang.

Impian yang besar

Mengapa orang harus mempunyai mimpi yang besar? Alasannya karena akan sulit mempunyai motivasi untuk sukses bila Anda tak memiliki keinginan untuk direalisasikan di masa depan. Tapi tentu saja impian tanpa rancangan kerja yang realistis untuk mewujudkannya hanya akan jadi cita-cita kosong semata. Walaupun merupakan mimpi yang besar dan menantang, namun hal itu bukanlah sesuatu yang mustahil dan dapat direalisasikan dengan kerja keras. Berikutnya adalah mulai menyusun siasat untuk mewujudkannya sedikit demi sedikit.

Keinginan yang kuat

Mempunyai kemauan besar akan membuat Anda benar-benar diliputi gairah dan motivation untuk mewujudkan mimpi. Contoh paling dekat untuk hal ini adalah dalam pertandingan olahraga dimana pemenang adalah dia yang paling besar keinginannya untuk berada di puncak. Untuk mempunyai kemauan kuat, cita-cita serta impian Anda berperan besar di sini. Tak dapat dipungkiri bahwa hal ini memang kadang pupus saat terjadi kegagalan, bila demikian yang perlu dilakukan adalah menghubungkannya lagi antara cita-cita Anda dan alasan untuk mencapainya. Hanya dengan begitu Anda akan terinspirasi.

Berkompetisi dengan diri-sendiri

Tenaga Anda akan habis bila terus-menerus membandingkan diri dengan kualitas orang lain. Ingatlah bahwa setiap orang itu unik dan mempunyai potensi masing-masing. Setiap orang mempunyai waktu sukses yang berbeda-beda karena harus menempuh perjalanan yang juga berbeda. Competitor Anda sesungguhnya adalah diri-sendiri dan cara mengalahkannya adalah dengan memastikan bahwa kualitas diri Anda sebagai manusia lebih baik dibandingkan hari kemarin.

Terus melangkah maju

Memang perasaan jenuh dalam menghadapi kegagalan dan rintangan dalam proses menuju kesuksesan kerap membuat orang ingin berhenti. Nah, di sinilah perbedaan antara pemenang dan pecundang, karena pemenang memiliki keberanian untuk melangkah maju. Caranya sesungguhnya tidak sulit. Saat sedang menghadapi rintangan berkonsentrasilah untuk tetap membuat kemajuan walaupun itu hanya sebuah langkah kecil. Tak  perlu terburu-buru karena yang harus Anda lakukan hanyalah terus bergerak maju.

Melepaskan masa lalu

Walaupun bagi beberapa orang mungkin sulit, tapi cara paling efektif untuk menumbuhkan self motivation adalah tidak membiarkan masa lalu membayangi langkah Anda. Tak masalah Anda dulu pernah gagal, tapi yang penting jangan biarkan pengalaman buruk itu membebani diri Anda.

 

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comment here