Nutrition

Menurunkan Berat Badan Tanpa Kekurangan Nutrition

Rasanya hampir semua orang, pria atau pun wanita menginginkan tubuh yang ideal demi kesempurnaan penampilan. Apalagi trend mode yang selalu berganti setiap musimnya kerap hanya menyediakan outfit bagi mereka yang berbadan langsing. Selain itu alasan kesehatan juga bisa mendorong seseorang untuk diet menurunkan berat badan. Nah, apa pun alasannya saat sedang menjalani diet yang demikian ini Anda harus memastikan tidak mengalami mal nutrition ataukekurangan gizi.

Menurunkan-Berat-Badan-Tanpa-Kekurangan-Nutrition
Menurunkan-Berat-Badan-Tanpa-Kekurangan-Nutrition

Inilah nutrition yang sering terlupakan saat diet

Sebelum menjalankan diet seharusnya Anda melakukan konsultasi dulu dengan ahli gizi untuk mendapatkan metode yang tepat. Dengan begitu pola makan Anda akan diatur sedemikian rupa sehingga berat badan yang diinginkan dapat dicapai tanpa mengalami kekurangan gizi. Inilah  beberapa nutrisi yang sering diabaikan saat sedang diet.

Protein dan zinc – Bahan makanan yang mengandung protein sering dilupakan saat sedang diet karena dianggap berkontribusi meningkatkan berat badan. Padahal mengonsumsi hidangan dengan kandungan protein tinggi dan zinc justru akan membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Bila enggan mengonsumsi daging merah, hidangan laut, kacang-kacangan, terutama kacang polong dapat menjadi pilihan.

Vitamin C – Anda bisa mendapatkan sumber vitamin C dari cranberry dan aneka buah berry lainnya, paprika, jeruk, dan jambu biji. Kekurangan vitamin C faktanya menyulitkan Anda mengurangi berat badan karena vitamin C menunjang metabolism lemak.

Vitamin yang larut dalam lemak – Jangan  lupakan asam lemak dan vitamin A,D,E, dan K karena berperan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah serta menunjang penurunan berat badan. Bahan makanan yang direkomendasikan adalah apukat, ikan makarel, salmon, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. Asam lemak juga berfungsi untuk mengeliminasi kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

Vitamin B6 – Diet nutrition yang juga harus Anda sertakan adalah vitamin B6 yang mengontrol produksi hormone serotonin yang mambantu mengendalikan mood Anda. Sumber nutrisi ini diperoleh dari oat dan kacang. Selain itu vitamin B6 juga membantu mengubah makanan menjadi tenaga.

Kalsium – Saat sedang diet untuk menurunkan berat badan dapat dipahami bahwa Anda menghindari minum susu serta produk susu lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium sayuran kale dan tahu atau tempe dapat menjadi alternatif.

Magnesium – Anda membutuhkan nutrition yaitu magnesium saat diet karena bisa membantu Anda mengatasi kembung karena perubahan pola makan serta menjaga kesehatan pencernakan, dan membangun otot. Konsumsi lebih banyak sayuran hijau yang segar, yoghurt, olahan kedelai, kacang-kacangan dan ikan.

Memastikan kebutuhan diet nutrition terpenuhi akan menghindarkan  Anda dari gejala-gejala yang kerap ditemui pada orang yang menjalankan diet untuk mengatasi obesitas, yaitu anemia. Penyebabnya adalah kekurangan folat, vitamin B12, dan zat besi. Selain itu pastikan Anda mencapai berat tubuh ideal sesuai rekomendasi, jangan sampai terlalu kurus untuk mencegah masalah kesuburan.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula
  • Mengenal-Metode-Hipnoterapi-Untuk-Menanamkan-Motivation
  • 6 Teknik Menjalankan Bisnis Properti Menguntungkan Untuk Pemula

Comment here