Motivation

Motivation: yang Dibutuhkan Untuk Terus Maju

Apakah Anda pernah menjadi begitu bersemangat setelah membaca atau mendengar kalimat atau pernyataan berupa motivation? Sebenarnya bukan hanya orang-orang tertentu saja yang membutuhkan motivasi namun semua orang perlu mendapat suntikan semangat untuk meraih cita-citanya. Motivasi dibutuhkan terutama saat yang bersangkutan sedang kurang percaya diri atau justru hampir menyerah dalam proses perjuangannya.

Motivation-yang-Dibutuhkan-Untuk-Terus-Maju
Motivation-yang-Dibutuhkan-Untuk-Terus-Maju

Apa itu motivasi diri

Secara singkat yang dimaksud dengan motivasi adalah dorongan yang bisa timbul baik dari dalam diri sendiri atau dari luar sehingga seseorang menjadi semakin bersemangat. Semangat ini akan mendorong individu untuk memaksimalkan usahanya dalam merealisasikan cita-cita atau impian sesuai harapan. Semangat ini dapat juga diartikan sebagai rangsangan atau sumber tenaga, ibarat baterei yang ditanamkan pada alat-alat elekronik.

Barang elektronik tidak akan bisa berfungsi tanpa sumber tenaga tersebut, sama seperti manusia yang dalam proses belajarnya juga membutuhkan tenaga untuk bangkit kembali setelah terjatuh, untuk memperbaiki keadaan dirinya, dan mengusahakan hal-hal yang dilakukannya berjalan dengan lancar. Membuat manusia dapat melakukan hal yang benar dibutuhkan stimulus yang tepat. Rangsangan yang  salah akan mendorong yang bersangkutan untuk melakukan hal yang juga salah.

Saat sedang putus  asa dan terpuruk seseorang umumnya akan menarik diri dari lingkungan, menjadi lebih pendiam, atau bila rasa kecewa yang terpendam dalam dirinya tak tertahankan, dia dapat melampiaskannya secara agresif kepada orang lain, umumnya malah orang-orang terdekat. Untuk mengatasinya dia perlu menjadi pribadi yang lebih baik dan ini dapat dicapai dengan proses belajar dan untuk bersedia menempuh proses tersebut yang bersangkutan memerlukan motivasi diri yang kuat.

Energi untuk bergerak menuju ke arah yang lebih baik itu  dapat berupa dorongan dari dalam diri sendiri atau internal dan dari orang lain atau eksternal. Bila terus-menerus ditumbuhkan, energi ini bisa menjadi   kekuatan yang semakin dasyat yang memperbesar hasrat, minat, harapan, cita-cita, serta kebutuhan untuk menjadi pemenang atau meraih keberhasilan.

Mengapa motivation dibutuhkan?

Sebagaimana yang telah disinggung, motivasi dibutuhkan saat seseorang menghadapi suatu hambatan dalam perjalanan meraih kesuksesannya. Motivasi atau penyemangat akan memberi dorongan sehingga seseorang kembali percaya diri sekaligus meyakini bahwa potensi dirinya layak untuk mendapatkan keberhasilan. Salah satu bentuk motivasi dari luar adalah reward dari guru akan kesuksesan siswanya mendapatkan nilai yang memuaskan, misalnya dengan nilai yang baik, cinderamata, atau sekedar pujian.

Menumbuhkan motivasi dapat dilakukan dengan adanya keinginan untuk membahagiakan orang-orang yang dicintai. Contohnya motivasi yang mendorong seseorang merintis bisnis karena bercita-cita mendapatkan kebebasan financial, dimana dia dapat memanjakan orang-orang terdekatnya, misalnya orang tua tanpa perlu memikirkan uang yang harus dikeluarkan untuk itu. Dengan begitu si calon pengusaha ini mampu untuk bangkit kembali walaupun mengalami kegagalan berkali-kali.

Motivasi  juga berguna untuk membentuk  mindset menjadi lebih positif. Tak sedikit orang yang tumbuh dengan penilaian yang keliru terhadap dirinya sendiri sehingga menciptakan batasan akan potensinya. Contohnya seorang anak yang sering dimarahi dengan kata-kata “bodoh” maka dia akan menjadi orang dewasa yang tak mampu mengembangkan potensinya secara optimal karena tidak percaya bahwa dirinya juga cerdas sama seperti orang lain.

Pada kondisi demikian yang bersangkutan harus diberi motivation atau dorongan agar pikirannya menggambarkan citra dirinya dengan lebih baik dan positif. Tak sedikit orang yang takjub dengan kemampuannya yang selama ini kurang disadari setelah berhasil dalam suatu proses belajar. Bahkan pada kondisi seseorang sudah dikatakan sukses sekali pun, dia tetap membutuhkan motivasi untuk meningkatkan level kualitas dan kesuksesannya.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula
  • Mengenal-Metode-Hipnoterapi-Untuk-Menanamkan-Motivation

Comment here