Nutrition

Nutrition: Alami VS Suplemen

Untuk membuat tubuh sehat dan mampu menjalankan aktivitas dengan baik asupan makanan harian seharusnya mengandung nutrition agar organ tubuh sanggup memberikan performa terbaiknya. Namun kadang sulit mendapatkan seluruh zat gizi yang diperlukan tubuh hanya dari makanan alami sehingga orang mengonsumsi nutrisi. Makanan alami memberikan nutrisi bagi tubuh bersamaan dengan beragam komponen gizi yang lain, sementara suplemen hanya menyediakan nutrisi tertentu sesuai dengan jenisnya yang spesifik.

Nutrition-Alami-VS-Suplemen
Nutrition-Alami-VS-Suplemen

Perbedaan nutrisi dari makanan alami dan nutrisi dari suplemen

Suplemen diproduksi dengan kandungan satu atau beberapa komposisi gizi, namun perlu diingat bahwa suplemen sintetis bukanlah bahan makanan dan tak dapat menggantikan makanan. Inilah perbedaan antara keduanya:

Makanan

Kelebihan nutrisi dari makanan adalah mempunyai kombinasi serta fungsi yang lebih beragam dan baik bila dibandingkan suplemen. Alasannya karena dalam bahan makanan terkandung aneka nutrisi ditambah berbagai zat lainnya seperti phytochemicals atau zat kimia pada tumbuhan,  antioksidan, dan serat yang berkontribusi untuk menjaga kesehatan.

Tak hanya menunjang pertumbuhan pada anak-anak, nutrisi pada makanan utuh juga meminimalkan serangan penyakit, supply energi, dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Bila dibandingkan dengan nutrisi dari suplemen, misalnya kalsium, tubuh akan  lebih gampang menyerap kalsium yang bersumber dari makanan.

Tapi sayangnya makanan saja seringkali kurang memberikan asupan nutrition yang benar-benar diperlukan tubuh. Contohnya pada kondisi tertentu, misalnya saat sedang sakit anemia atau pada wanita hamil tentu membutuhkan zat besi yang lebih banyak dan hal ini sulit dipenuhi bila hanya mengandalkan makanan yang mengandung zat besi.

Suplemen

Suplemen diciptakan demi memenuhi kebutuhan asupan nutrisi yang kurang dapat dipenuhi hanya dari makanan. Suplemen dengan kandungan nutrisi tertentu dapat sangat membantu memenuhi kebutuhan seseorang yang mengalami kondisi kesehatan spesifik. Contohnya pemberian suplemen protein bagi anak yang kekurangan berat badan atau membantu anak yang pertumbuhannya lambat.

Mengonsumsi nutrisi dari suplemen tidak boleh dilakukan sembarangan melainkan harus dengan pengawasan dokter atau ahli gizi. Ini karena seseorang yang sebenarnya tak membutuhkan nutrisi tertentu namun mengonsumsi suplemen justru bisa berdampak buruk bagi kesehatannya. Memasukkan nutrisi secara berlebihan ke dalam tubuh bisa memicu efek toksin atau racun.

Perlu Anda ketahui bahwa terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin D dapat memperberat kerja ginjal dan mengonsumsi minyak ikan secara berlebihan juga dapat memicu stroke atau perdarahan. Mengapa perlu berkonsultasi kepada ahlinya sebelum mengonsumsi suplemen adalah pada beberapa produk suplemen bisa menimbulkan efek samping pada kasus-kasus tertentu, misalnya saat dikonsumsi dengan obat-obatan spesifik, dikonsumsi oleh anak-anak atau ibu hamil, atau dikonsumsi oleh orang yang mengidap suatu penyakit tertentu.

Sebelum mulai mengonsumsi suplemen, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Bila memungkinkan cobalah memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan makanan alami sesuai patokan makanan sehat dan seimbang.
  2. Mungkin ada beberapa nutrisi yang terlewatkan dari menu harian dan upayakan untuk memenuhinya.
  3. Daripada mengonsumsi suplemen yang mengandung nutrisi tertentu, sebaiknya konsumsi multivitamin. Produk yang disarankan adalah yang mengandung kebutuhan nutrisi harian.
  4. Bagi mereka yang merasa memiliki pola makan yang buruk dan minim nutrisi, cobalah memenuhinya dengan makanan alami dengan mengubah pola makan Anda menjadi lebih sehat.
  5. Ketahui batasan dosis dalam mengonsumsi nutrisi dari suplemen untuk menghindari efek samping.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula
  • Mengenal-Metode-Hipnoterapi-Untuk-Menanamkan-Motivation

Comment here