Wisata

Obyek Wisata Alam Ini Hancur Karena Ulah Turis

Obyek-Wisata-Alam-Ini-Hancur-Karena-Ulah-Turis
Obyek-Wisata-Alam-Ini-Hancur-Karena-Ulah-Turis

Sector pariwisata memang merupakan asset bagi setiap negara, apalagi untuk kawasan-kawasan yang menyimpan keindahan, fenomena alam yang luar biasa, situs budaya, dan sejenisnya. Banyaknya turis yang berkunjung di hari liburan memang membawa dampak positif peningkatan pemasukan negara pada sector tersebut, tapi sayangnya masalah yang harus mereka hadapi juga demikian pelik.  Pasalnya tak sedikit obyek wisata  di seluruh dunia yang rusak karena perilaku turis, salah satunya vandalisme.

Daftar destinasi wisata yang rusak karena perilaku turis

Sangat disayangkan tempat-tempat atau kota paling indah di dunia ini mengalami kerusakan karena terlalu banyak pengunjung ditambah perilaku buruk beberapa turis yang senang merusak saat tengah traveling.

Big Major Cay Island, Bahama

Keistimewaan obyek pariwisata di pulau ini adalah banyak terdapat babi-babi lucu yang suka berenang di sekitar pantai. Sayangnya seiring bertambahnya jumlah turis, jumlah babi-babi liar beraneka jenis ini semakin berkurang. Banyaknya kematian satwa yang menjadi icon tempat liburan ini dikarenakan banyak pengunjung yang memberi mereka makan termasuk mencekoki mereka dengan minuman beralkohol. Tak sedikit yang berusaha menunggangi hewan bertubuh kecil tersebut hingga kesakitan. Melihat kondisi tersebut pihak berwenang akhirnya menerbitkan peraturan khusus bagi para turis.

Venesia, Italy

Setiap musim liburan jumlah kunjungan di kota romantis itu semakin meningkat dan lama-kelamaan hal ini menyumbangkan kerusakan pada lokasi-lokasi wisata  yang terkenal. Selain itu masyarakat lokal juga semakin tidak nyaman dengan polusi yang semakin parah dari kapal pesiar serta jumlah kunjungan yang terlalu padat. Parahnya, bangunan bersejarah yang telah telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai World Heritage juga turut terkena dampaknya. Pemerintah mengambil tindakan dengan pembatasan jumlah kamar yang bisa dibooking saat liburan, larangan meninggalkan prasasti cinta dengan gembok, serta harus berbusana lengkap di ruang terbuka.

Dubrovnik, Kroasia

Obyek wisata yang  populer karena menjadi lokasi syuting Game Of Thrones ini meningkatkan jumlah kunjungan ke kota Dubrovnik. Kerusakan internal pun terjadi di sana-sini sampai pihak berwenang harus turun tangan dengan menetapkan jumlah kunjungan maksimum dari 8 ribu wisatawan menjadi 4 ribu saja.

Cozumel, Meksiko

Dahulu pulau cantik di perairan Karibia ini dikenal dengan pemandangan alam bawah lautnya yang menakjubkan. Sayangnya keindahan pulau ini semakin lama semakin pupus karena kerusakan lingkungan akibat ulah turis. Kerusakan tersebut terutama pada kehidupan bawah laut yaitu rusaknya barisan terumbu karang akibat hantaman kapal pesiar, polusi yang terjadi karena kepadatan arus lalu-lintas, sampai para penyelam yang tak mematuhi peraturan saat menjelajahi perairan.

Machu Picchu, Peru

Penyebab kerusakan situs kuno yang tak bisa direkonstruksi lagi pada obyek wisata berupa desa kuno suku Inca ini adalah jumlah kunjungan turis yang melebihi batas maksimum. Dalam sehari desa kuno ini seharusnya hanya boleh dikunjungi oleh 2500 orang, namun arus kedatangan turis terlalu besar. Pemerintah di tahun 2018 memberlakukan beberapa regulasi baru yang terkait dengan jalur kunjungan serta jumlah turis.

Amsterdam, Belanda

Kota yang terletak di negara Kincir Angin ini mempunyai situs-situs bersejarah Eropa yang semakin lama semakin hancur akibat ulah para turis yang tak bertanggungjawab dan turut menjaga lingkungan. Pihak terkait menyalahkan keberadaan situs penyewaan kamar untuk liburan yang praktis dan murah, sebagai pihak yang turut membawa pengaruh negatif pada obyek wisata di kota tersebut.

Kerusakan alam akibat ulah manusia juga pernah terjadi di Indonesia, tepatnya di perairan Raja Ampat, di mana lebih dari 1.8 hektar kawasan terumbu karangnya hancur terkena hantaman kapal pesiar Inggris.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula
  • Mengenal-Metode-Hipnoterapi-Untuk-Menanamkan-Motivation

Comments (1)

  1. […] Obyek Wisata Alam Ini Hancur Karena Ulah Turis June 25, 2019 […]

Comment here