Fitness

Panduan Fitness Bagi Pemula

Ngegym tampaknya sudah menjadi kebiasaan semakin banyak orang terutama di daerah perkotaan, mulai dari karyawan, mahasiswa, hingga pelajar. Pria dan wanita semakin sering terlihat di pusat-pusat kebugaran untuk fitness baik di  pagi hari hingga malam hari tergantung waktu luang masing-masing. Gym-gym pun semakin banyak didirikan bahkan di pusat-pusat perbelanjaaan besar.

Alasannya umumnya karena ingin mengambil manfaat dari kegiatan tersebut, atau demi kesehatan. Selain itu ada pula yang motivasinya untuk singgah ke pusat-pusat kebugaran adalah untuk mengikuti trend, untuk menguruskan badan, membentuk tubuh menjadi ideal, hingga sebagai ajang tebar pesona kepada lawan jenis.

Apa pun motivitasinya yang paling penting kegiatan ini harus dilakukan dengan benar agar tidak malah merugikan Anda. Bagi para pemula yang ingin olahraga di gym, inilah beberapa panduan yang bisa Anda ikuti.

Panduan-Fitness-Bagi-Pemula
Panduan-Fitness-Bagi-Pemula

Panduan fitness untuk pemula di pusat kebugaran

Jangan ragu untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang aktivitas olah tubuh di pusat kebugaran ini sebelum memulainya.  Beberapa panduan di bawah ini mungkin bisa menjadi referensi Anda.

Cermat memilih tempat untuk ngegym

Bagi Anda yang baru coba-coba mendatangi pusat kebugaran sebaiknya pilihlah yang lokasinya tak jauh dari rumah atau kantor. Alasannya agar tak perlu menempuh perjalanan yang terlalu jauh apalagi bila harus melewati jalanan yang rawan macet.  Dengan begitu rasa malas dapat diminimalkan. Jangan sampai kartu member yang sudah dibayar mahal-mahal tak dipergunakan dengan optimal.

Fasilitas lengkap di pusat kebugaran

Fasilitas yang akan mendukung Anda untuk be aktivitas juga harus lengkap, misalnya perangkat untuk berlatih kardio, angkat beban, serta kelas-kelas lain sebagai selingan seperti yoga, senam, dan lain-lain. Cermati fasilitas yang disediakan pusat kebugaran incaran Anda dengan harga yang ditawarkan dan bandingkan dengan gym-gym lainnya.

Referensi

Perluas wawasan tentang  fitness dengan banyak referensi atau bila perlu bawalah teman yang sudah biasa melakukan aktivitas tersebut bila Anda belum bersedia menggunakan jasa trainer. Jangan berhenti belajar dari berbagai sumber untuk mengetahui gambaran tentang porsi latihan yang benar, gerakan yang disarankan, hingga nutrisi yang sebaiknya menjadi asupan. Mengetahui apa yang harus dilakukan akan membantu mengantisipasi terjadi cedera, kelelahan, atau dampak buruk lainnya.

Dapat memperkirakan kemampuan diri

Para pemula umumnya penasaran sehingga langsung mencoba berbagai alat di gym . ini adalah tindakan yang ceroboh karena beresiko cedera. Sebenarnya pendampingan professional trainer sangat dibutuhkan bila Anda ingin mencoba berlatih dengan peralatan yang berat. Selain itu sadari pula bila Anda adalah pemula dalam aktivitas ini dan tubuh perlu menyesuaikan diri.

Jangan putus asa 

Setelah selesai latihan Anda mungkin akan merasa kelelahan atau merasa nyeri di sekujur tubuh. Hal ini bisa berarti Anda sudah overtraining atau terlalu berlebihan dalam berlatih, dan bisa juga karena tubuh sedang dalam proses adaptasi. Jangan mudah putus asa. Bila yang terjadi adalah berlatih terlalu berlebihan, pada jadwal latihan Anda yang berikutnya usahakan mengikuti kebutuhan tubuh Anda.

Untuk membuat tubuh lebih cepat beradaptasi, upayakan pergi olahraga ke gym secara teratur setiap 1 atau 2 kali seminggu, namun jangan terlalu lama pada sesi latihan tersebut. Membentuk tubuh dengan aktivitas ini bukanlah hal yang instan tapi membutuhkan proses. Mendapatkan bentuk tubuh yang ideal sebenarnya adalah bonus karena yang paling penting adalah manfaat sehat yang diperoleh.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comment here