Berita

Para Seniman di Padang Ekspresikan Kegelisahan Pandemi Covid-19 Melalui Mural

Virus Corona masih belum berakhir dan banyak orang yang kehilangan sumber mata pencahariannya akibat hal ini. Hal ini pun juga memancing para seniman hingga akhirnya mereka pun membuat sebuah mural yang mengekspresikan bentuk kegelisahannya melalui tulisan dan gambar yang terletak di dinding jalan kota Padang, Sumatera Barat. Pandemi Covid-19 menjadi salah satu tema utama di dalam lukisan mural raksasa yang dibuat oleh seniman.

Para Seniman di Padang Ekspresikan Kegelisahan Pandemi Covid-19 Melalui Mural
Para Seniman di Padang Ekspresikan Kegelisahan Pandemi Covid-19 Melalui Mural

9 Seniman di Padang Lukis Mural Mengenai Pandemi Covid-19

Kini mural seniman tersebut dapat dilihat di dinding sebuah bangunan yang letaknya di Jalan Merpati, wilayah Nanggalo, Padang, Sumatera Barat. Mural itu dibuat oleh 9 orang seniman. Salah satu seniman yang membuat mural itu bernama Teguh Eko Saputra mengatakan pendapatnya. Dia mengatakan bahwa terdapat 9 orang seniman yang sedang berpartisipasi di dalam aktivitas ini dan mereka pun mencoba untuk membuat karya ekspresi diri mereka melalui grafiti atau mural di dinding.

Sejak Sabtu tanggal 3 Oktober yang lalu, proses lukisan mural tersebut dimulai dan baru kemarin hari Senin tanggal 5 Oktober pukul 18.00 WIB, karya mural indah tersebut selesai dan bisa dilihat oleh khalayak umum. Teguh juga mengatakan bahwa dalam karya itu, masing-masing seniman bebas untuk memilih apa yang mau dibuat dengan menggunakan tema pandemi Covid-19. Tulisan dan gambar tersebut semuanya dilakukan pada sisi dinding yang serupa sehingga hasil akhirnya berupa satu kesatuan yang indah.

Gambar yang dihasilkan dari mural ini adalah tentang masyarakat itu karena terdapat manusia dan juga masker yang identik dengan pola hidup saat ini ditambah dengan gerobak dan sebagainya menggunakan warna yang beragam dan saling digabungkan. Dari penggabungan karya itulah, terlihat gambaran dari situasi Covid-19 saat ini yang mempengaruhi kondisi ekonomi hingga sosial masyarakat sekarang. Para seniman pun turut merasakan dampak tersebut dan akhirnya mereka tergerak untuk membuat mural tersebut.

Teguh mengatakan jika mural ini terdapat makna PSBB selama masa pandemi Covid-19 maupun hal lain yang ada kaitannya dengan aktivitas selama pandemi, ide karya maupun pola pikir yang coba mereka ekspresikan ke dalam bentuk mural.

Sorry! The Author has not filled his profile.
×
Sorry! The Author has not filled his profile.
Latest Posts
  • CAR BRI Meningkat, BRI Coba Perkuat Cadangan
  • Gubernur Sumbar Kirim Surat Resmi Tolak UU Cipta Kerja Pada DPR RI
  • Tak Lama Lagi Kamera Ponsel Pintar Dapat Mendeteksi Diabetes
  • Para Seniman di Padang Ekspresikan Kegelisahan Pandemi Covid-19 Melalui Mural

Comment here